Tips Belanja Online Murah Pada Marketplace dan E-Commerce


Biasanya, situs-situs jual beli online gencar melakukan promosi dengan berbagai macam cara. Bisa dengan mengadakan diskon, promo menarik, hingga mengadakan program affiliasi dari kode referral.

Meski begitu, para pembeli online harus berhati-hati dengan tawaran tersebut. Sebagai pembeli, anda harus cermat dalam memilih dan membelanjakan uang anda, agar biaya dikeluarkan tidak sia-sia.

Janganlah anda tergoda oleh tawaran diskon, sehingga anda tidak memperhatikan masalah keamanan transaksi. Selain itu, berhati-hatilah terhadap modus penipuan online.

Anda mesti memperhatikan barang yang dijual, sehingga anda dapat lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Jangan tergoda barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan.

Tips dan Trik Belanja Secara Online

Oleh karena itu, kali ini, akan diberikan tips belanja online murah pada marketplace dan e-commerce. Mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Pilih Situs Jual Beli Online yang Aman

Saat ini, telah banyak tersedia situs-situs jual beli online di internet. Anda lebih selektif lagi mencari tempat untuk berbelanja. Jika anda berbelanja pada marketplace, perhatikan dengan baik produk yang dijual. Berhati-hatilah terhadap barang yang tidak sesuai dengan yang ditampilkan.

Jika anda berbelanja pada e-commerce, sebaiknya akses situs yang telah memiliki sertifikat SSL. Hal ini bisa anda lihat pada kolom url situs tersebut. Pilih saja situs yang terdapat tulisan https pada awal url. Hal ini bertujuan untuk memperketat keamanan saat melakukan transaksi.

2. Ulasan Produk

Tetap perhatikan produk yang dijual, meskipun situs tersebut telah terverifikasi. Anda dapat melihat ulasan produk yang dijual. Biasanya, pembeli sebelumnya ada yang memberikan ulasan dari produk serta memberikan rating.

Dengan melihat ulasan tersebut, anda jelas mengetahui kualitas produk, sehingga pada tahap akhir anda putuskan sendiri, apakah jadi membeli barang tersebut atau tidak.

3. Potongan Harga

Jangan langsung tergiur dengan potongan harga yang diberikan. Lihat juga dari sisi penjual. Jika mereka memberikan potongan yang terlampau tinggi, perhatikan dulu kualitas barangnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan cek pada harga asli dan harga setelah diskon yang tertera di bawah gambar produk. Anda sempatkan bertanya perihal potongan harga sebelum melakukan pembelian produk.

4. Cermat Memilih Tanggal Pembelian

Marketplace tentu tidak selalu melakukan promo diskon. Untuk itu, carilah jadwal tertentu, dimana biasanya mereka mengadakan potongan harga barang.

Anda dapat mengecek jadwal-jadwal tertentu tersebut, seperti tanggal merah, weekend, serta tanggal cantik seperti 11.11, dan 12,12, dimana marketplace memanfaatkan momen tersebut untuk menarik pembeli.

Biasanya, tanggal cantik tersebut sering diadakan oleh marketplace Shopee dan Lazada. Anda bisa berkunjung pada tanggal tersebut untuk mencari barang incaran anda.

5. Bandingkan Harga

Sebagai pelanggan setia, anda mungkin cendrung tetap stay pada satu marketplace atau ecommerce. Mungkin, hal tersebut karena anda memiliki sifat yang tidak ingin ribet untuk pergi ke website lain.

Akan tetapi, sebaiknya anda lebih cermat untuk mencari barang sejenis dan berkualitas sama, namun memiliki harga yang berbeda. Terlebih lagi, jika jarak harga dari satu produk dengan produk lainnya sangat jauh signifikan.

Tujuannya, agar anda dapat menghemat uang. Jadi, alangkah baiknya, anda lakukan perbandingan harga barang sejenis yang dijual oleh beberapa toko.

Ini membuat anda dapat mencari barang dengan harga paling murah. Anda bisa menyeleksi marketplace maupun ecommerce, serta mengkomparasikannya untuk mendapatkan harga-harga yang termurah.

Sebab, salah satu tips belanja online murah ialah dengan cara anda menyaring toko satu dengan yang lain, untuk memperoleh informasi soal toko mana yang menjual produk dengan harga terjangkau.

6. Belilah Produk yang Memang dibutuhkan

Tips belanja online murah yang lain ialah dengan membeli barang atau produk yang memang benar-benar anda butuhkan. Agar, anda tidak menyesal nantinya. Sebab, kalau tidak anda hanya akan menghabiskan uang sia-sia.

Kalau anda dapat mengerem pengeluaran anda, dan tidak tergoda oleh serangan promo dan diskon, maka anda dapat menyelamatkan uang anda dan menginvestasikannya untuk keperluan hari tua.

7. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Platform e-commerce biasanya menyediakan fitur metode pembayaran dengan berbagai cara untuk memudahkan transaksi yang diinginkan konsumen.

Beberapa ecommerce telah melakukan mitra kerja sama dengan bank-bank besar di Indonesia, untuk dapat memberikan diskonan, serta cicilan dengan bunga yang rendah.

Selain itu, diketahui saat ini telah menjamurnya e-wallet di Indonesia. Masyarakatpun telah banyak yang menggunakan berbagai jenis dompet digital ini.

Untuk itu, bagi ecommerce buat juga metode pembayaran dengan menyertakan opsi dompet digital. Banyak pilihan bagi anda. Bisa pakai, Gopay, Dana, ataupun e-wallet lainnya.

Terakhir, mungkin pilih yang terdapat sistem Cash On Delivery (COD). Ini juga salah satu cara untuk mengantisipasi penipuan belanja online.

8. Layanan Gratis Ongkir

Jika anda enggan belanja online, disebabkan biaya pengiriman yang terlampau mahal, carilah website yang menyediakan layanan gratis ongkir.

Anda diuntungkan apabila produk yang dibeli juga sudah dikenakan potongan harga. Fitur gratis ongkir akan meminimalisir biaya tambahan dalam belanja online.

Terlebih lagi, jika harga produk yang dibeli terhitung mahal. Jadi, dengan gratis ongkir anda dapat menghemat pengeluaran anda.

Berikut telah dijelaskan uraian mengenai tips belanja online murah, agar anda dapat memperhatikan poin-poin tertentu untuk lebih bijak melakukan pengeluaran.

Apalagi, dengan tawaran promo yang dapat menggoda pembeli, sehingga seakan-akan anda terhipnotis dan tidak ragu membelanjakan uang anda dengan nominal yang begitu banyak.

Posting Komentar untuk "Tips Belanja Online Murah Pada Marketplace dan E-Commerce"