Review Aplikasi Bibit: Investasi Lebih Mudah Untuk Pemula


Era digital memudahkan masyarakat pada segala aspek. Tak terkecuali dunia finansial. Tidak seperti dulu, saat ini anda dapat menabung atau berinvestasi hanya dari rumah saja.

Hal itu karena telah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi keuangan untuk membantu anda dalam kegiatan mengatur dan mengelola keuangan anda. Aplikasi fintech telah banyak menolong investor untuk melakukan berbagai investasi dengan bermodalkan ponsel saja.

Salah satu aplikasi fintech yang hadir di Indonesia ialah bibit. Aplikasi ini telah banyak dipercaya oleh investor serta membuat masyarakat untuk tidak ragu menitipkan dananya ke aplikasi ini.

Apa Itu Aplikasi Bibit

Bibit adalah sebuah aplikasi perdagangan reksa dana berbasis online yang dikembangkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membeli beragam reksa dana, seperti pasar uang, obligasi, saham, syariah, serta Surat Berharga Nasional (SBN).

Aplikasi bibit diklaim menjadi salah satu aplikasi fintech terbaik, berdasarkan review dari beberapa investor serta di kalangan masyarakat.

Tingkat kepercayaan investor yang tinggi terhadap bibit, membuat aplikasi ini banyak diperbincangkan di berbagai platform media sosial.

Fitur-Fitur Aplikasi Bibit

Bukan tanpa alasan bibit menjadi salah satu fintech primadona bagi para investor. Hal ini karena aplikasi bibit didukung oleh berbagai fitur yang membantu anda sebagai investor untuk menginvestasikan dana anda.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi bibit dapat anda lihat di bawah ini:

1. Fitur Robo Advisor

Bibit menyertakan teknologi robo advisor sebagai bantuan kepada nasabah dalam memilih jenis portofolio investasi. Penentuan portofolio disesuaikan dengan profil tingkat risiko, tujuan finansial, usia, dan kondisi finansial calon nasabah.

Fitur layanan robo advisor di Bibit membuat pilihan investasi berdasarkan rekomendasi yang telah dibaca oleh robo advisor. Fitur ini akan merancang pembuatan profil risiko, perencanaan keuangan serta pengalokasian portofolio secara otomatis.

Profil risiko tersebut dinilai berdasarkan algoritma sesaat ketika calon nasabah sudah menjawab pertanyaan ketika hendak melakukan registrasi.

Perencanaan keuangan membuat alokasi serta jumlah investasi portofolio yang paling cocok dengan profil nasabah. Tujuannya agar nasabah dapat menempatkan uangnya, agar dapat return yang optimal. Jadi, fitur ini sangat membantu bagi investor pemula.

2. Fitur Nabung Rutin

Fitur nabung rutin diciptakan untuk membantu nasabah berinvestasi secara konsisten tiap bulannya. Anda hanya perlu mengatur settingan jadwal investasi.

Otomatis pada tanggal tersebut akan dikirim notifikasi berupa email agar segera melakukan pembelian reksa dana. Anda akan sangat terbantu dengan Fitur layanan ini.

Hal ini membuat anda tetap konsisten menabung dan berinvestasi setiap bulan sesuai jadwal yang telah diatur.

3. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Aplikasi bibit telah bekerja sama dengan bank Jago serta aplikasi transportasi online Gojek. Dengan kerja sama ini, anda akan diumudahkan untuk melakukan pembayaran investasi.

Cukup anda sediakan saldo pada aplikasi tersebut dengan cara top up. Dengan begitu anda dapat secara ototmatis membayar investasi lewat saldo yang tersedia.

4. Mudah dalam Membuka Rekening

Tidak seperti beberapa bank konvensional yang mengharuskan anda datang ke kantor cabang untuk membuka rekening. Aplikasi bibit dapat membuka rekening via ponsel.

Pembuatan rekening baru secara instan ini, mempermudah nasabah yang tidak perlu lagi capek-capek pergi ke kantor dan mengantri untuk mendapatkan giliran layanan.

Kelebihan Aplikasi Bibit

Bibit memiliki kelebihan dari aplikasi keuangan lain, berkat dukungan fitur yang telah disediakan oleh perusahaan. Selain kemudahan akan berinvestasi lewat bantuan robo advisor, terdapat kemudahan lain yang diperoleh nasabah dari aplikasi ini.

1. Customer Service Cepat Tanggap

Tim dukungan pelanggan bibit selalu siap untuk mendengarkan curhatan anda sepanjang hari. Bibit siap sedia dalam membantu investor pemula yang memerlukan bimbingan investasi.

Anda dapat menanyakan segala hal, mulai dari proses registrasi, cara  berinvestasi, hingga bagaimana melakukan investasi dengan benar. Layanan instant serta cepat tanggap dari customer service cukup baik, sehingga anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban.

Fitur ini mungkin sulit ditemukan pada aplikasi investasi keuangan lainnya, sehingga bibit sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin dapat kemudahan untuk melakukan investasi.

2. Terdapat Fitur Ahli Waris di Bibit

Bibit menyediakan fitur yang memberikan kemudahan bagi anda untuk menunjuk ahli waris. Jika seorang investor meninggal dunia, uang mereka tidak akan lenyap begitu saja. Uang anda akan aman dengan diberikan kepada ahli waris yang telah anda tunjuk.

Anda dapat mendaftarkan ahli waris yang dipilih dengan syarat melengkapi semua berkas dokumen dari persyaratan yang dibutuhkan. Pihak bibit akan meneruskan semua dokumen tersebut kepada manajer investasi yang relevan.

Fitur ini sangat memudahkan nasabah. Jadi, jika Anda ingin uang anda aman, bibit menjadi pilihan sebagai tempat untuk berinvestasi.

3. Produk yang Berkualitas

Jangan khawatir tentang produk pada aplikasi bibit. Produk yang tertera sudah disaring dan diseleksi agar dapat ditampilkan pada aplikasi ini. Tim bibit tentu telah melakukan beragam survey maupun riset, perusahaan mana saja yang cocok didaftarkan pada bibit.

Tim bibit memilih perusahaan yang memiliki tingkat keamanan tinggi soal masalah penyimpanan uang anda.

4. Terdapat Fitur Referral

Bibit salah satu aplikasi yang mengusung referral dalam aplikasinya. Anda dapat menggunakan referral tersebut untuk mendapatkan komisi.

Ketika anda baru memulai melakukan investasi pertama kali dengan nominal Rp. 100.000,- maka otomatis anda memperoleh komisi sebesar Rp. 25.000,-.

Kekurangan Bibit

Disamping kelebihan, tentu memiliki kekurangan. Begitu juga yang terjadi pada aplikasi ini. Berikut penjelasan mengenai kekurangan bibit.

1. Produk yang Terbatas

Tidak dapat dipungkiri, jika produk reksa dana pada bibit sangat terbatas dan terhitung sedikit dibandingkan kompetitornya.

Namun, hal itu tak lepas dari tingkat penyaringan yang sangat detail. Sehingga hanya sedikit produk yang lolos verifikasi menurut pandangan pihak bibit.

2. Lambat Saat Membuka Aplikasi

Memang, aplikasi ini cukup lama ketika anda mau membukanya. Butuh waktu beberapa detik agar tampilan aplikasi berhasil dibuka.

Mungkin hal tersebut dikarenakan oleh banyaknya fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Sehingga proses loading terhitung cukup lama.

Itulah ulasan lengkap mengenai review pada aplikasi bibit. Anda dapat melihatnya sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian dalam rangka berinvestasi.

Posting Komentar untuk "Review Aplikasi Bibit: Investasi Lebih Mudah Untuk Pemula"