Perbarui Play Store dengan Tiga Langkah


Sekilas Tentang Google Play Store

Bagi pengguna android, google play store merupakan aplikasi terpenting pada ponsel mereka. Sebab, untuk mendownload semua aplikasi resmi pada sistem android hanya bisa dilakukan pada google play store.

Sebenarnya, anda juga bisa mendownload aplikasi pada website pihak ketiga. Namun, aplikasi tesebut bersifat illegal dan bisa saja membahayakan ponsel anda.

Karena itulah butuh aplikasi google play store untuk mendownload aplikasi tertentu. Selain itu, perbarui play store jika terdapat notifikasi untuk segera dilakukan update.

Cara Perbarui Google Play Store

Anda dapat memperbarui aplikasi play store dengan berbagai cara. Bisa dilakukan dengan langsung dari aplikasi play store, maupun dengan akses ke website untuk menginstall play store apk. 

1. Cara Perbarui Google Play Store Tanpa Aplikasi

Untuk mempersingkat tulisan, langsung saja dipraktekkan cara perbarui play store yang pertama tanpa aplikasi. Anda dapat ikuti panduan berikut:

  • Buka aplikasi google play store pada sistem operasi android
  • Temukan setting yang berbentuk roda bergerigi
  • Gulir layar hp anda ke bawah dan temukan tulisan play store version
  • Jika terlihat notifikasi dan tersedia update terbaru, silahkan install

Dengan cara di atas, anda dapat dengan mudah melakukan update play store. Namun, apabila play store terkunci alias tidak bisa dibuka, maka anda butuh menginstall file apk dari website lain.

2. Cara Update Google Play Store dengan Install File APK

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika play store anda terkunci, maka untuk melakukan update anda perlu menginstall file apk. Berikut cara untuk memperbaruinya:

  • Unduh aplikasi play store dari website yang aman dapat dipercaya
  • Lihat folder download untuk mencari aplikasi yang baru diunduh
  • Install aplikasi tersebut pada perangkat anda
  • Berikan izin untuk dapat di terapkan pada ponsel anda
  • Penginstallan selesai

Ingat, cara ini dilakukan apabila mengalami kendala dalam membuka aplikasi play store. Sebaiknya pakai saja cara pertama untuk memperbarui google play store.

3. Cara Update Google Play Store Melalui Clear Cache Data

Masih ada cara lainnya untuk dapat memperbarui google play store. Anda harus melakukan penghapusan data, agar update dapat dilakukan secara otomatis. Labih lengkapnya, ikuti langkah berikut:

  • Buka pengaturan atau setting pada ponsel anda
  • Tekan menu all apps atau semua alikasi
  • Scroll lagi sampai anda menemukan google play store
  • Tekan opsi tersebut
  • Pilih data atau storage, lalu hapus
  • Klik ok untuk konfirmasi penghapusan
Anda lakukan restart pada smartphone agar google play store dapat diperbarui secara otomatis.

Fitur Google Play Store

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari google play store ini. Anda bisa mendownload aplikasi, game, serta e-book untuk membaca buku secara online.

Terdapat tiga fitur utama dari google play store, antara lain:

1. Fitur Google Play Pass

Fitur layanan ini membuat anda dapat mengakses aplikasi serta game pada play store dengan bebas iklan dengan melakukan pembelian dari aplikasi.

Namun, fitur layanan ini tidak digunakan pada semua aplikasi. Hanya aplikasi tertentu saja yang anda dapat  fasilitas ini. Selain itu juga negara tertentu yang memiliki fitur google play pass.

2. Fitur Pembayaran

Terdapat aplikasi dan game berbayar yang harus dibeli jika ingin menggunakannya. Untuk dapat membelinya, terdapat beberapa metode pembayaran.

Yang utama, dapat anda beli dengan saldo google play store dari kartu voucher google play yang bisa didapatkan lewat minimarket.

Selain itu, bisa top up saldo google play via e-wallet. Top up saldo google play dapat dilakukan lewat beberapa dompet digital, seperti Dana, Gopay, ShopeePay, dan Ovo.

Atau anda mau yang lebih praktis. Bisa saja asalkan anda memiliki pulsa. Anda bisa menukar pulsa dengan saldo google play lewat tagihan provider Telkomsel, Tri, Smartfren, dan lainnya.

Supaya terlihat keren, bisa dengan top up melalui debit and credit card. Anda bisa top up lewat mastercard ataupun visa.

3. Fitur Google Play Points

Untuk join dan bergabung dengan fitur google play points, maka disetiap transaksi pembelian pada google play store anda akan mendapatan points. Points tersebut berbentuk reward yang dapat ditukar untuk kebutuhan lain.

Anda dapat menggunakan poin-poin tersebut untuk pembelian konten digital, kupon, diskon, serta item-item pada aplikasi atau game yang anda download.

Akhir Kata

Demikianlah cara perbarui play store yang dapat dilakukan dengan tiga metode, yaitu dari aplikasi play store langsung, melalui file apk, serta dengan cara menghapus data terlebih dahulu.

Artikel ini juga dilengkapi tiga fitur utama pada aplikasi google play store yang dapat membantu anda dalam memperoleh aplikasi, game, ebook serta konten digital lainnya.

Posting Komentar untuk "Perbarui Play Store dengan Tiga Langkah"