Jangan Khawatir jika Lupa Email Kartu Prakerja: Ikuti Cara Berikut


Telah lebih dari 10 tahun program kartu prakerja diadakan hingga saat ini. Program ini sangat membantu masyarakat yang lagi mencari pekerjaan atau telah diberhentikan pada tempat ia bekerja.

Dengan hadirnya program kartu prakerja ini, anda dapat memperoleh pembekalan untuk mengasah skill, ketika hendak diterima pada suatu perusahaan maupun instansi.

Selain itu, insentif yang diterima oleh anggota kartu prakerja selama empat bulan, bermanfaat sekali untuk menambah pendapatan mereka. Terlebih lagi, mengingat kebutuhan hidup yang terus dipenuhi, apalagi jika anda sudah berkeluarga.

Ragam Pelatihan Program Kartu Prakerja

Dalam program ini, pemerintah akan menyediakan dana untuk program kartu prakerja senilai Rp 20 triliun. Anggaran tersebut disiapkan agar diterima oleh tiga sasaran calon penerima, yang akan mengikuti pelatihan.

Pelatihan tersebut memiliki konsep triple skilling. Dimana, triple skilling merupakan program pelatihan yang sebelumnya dimiliki oleh Kemenaker. Triple skilling ini dipecah yang terdiri dari skilling, upskilling, dan reskilling.

1. Skilling

Skilling adalah program pelatihan yang ditujukan kepada pencari kerja, dan angkatan kerja baru atau yang belum memiliki keahlian khusus.

Program ini membantu calon pencari kerja memperoleh keahlian yang dibutuhkan perusahaan agar mendapatkan pekerjaan serta meningkatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan.

Skilling berbentuk pelatihan teknis atau non-teknis, seperti pelatihan keterampilan komputer, bahasa asing, atau pelatihan dalam bentuk kewirausahaan.

Masa pelatihan skilling, biasanya memakan waktu selama 3 bulan ditambah anda mendapatkan sertifikat serta insentif bulanan.

2. Upskilling

Upskilling ialah jenis pelatihan yang ditujukan bagi pekerja yang sudah aktif tetapi masih ingin meningkatkan keterampilan dan pengembangan diri untuk kariernya.

Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, melek teknologi dengan mengikuti perkembangannya, atau mengambil kesempatan meraih karier yang lebih baik ditempat lain.

Pelatihan jenis Upskilling memiliki contoh seperti pelatihan keterampilan manajemen, pengembangan bisnis, atau pembaruan teknologi.

Program ini dilengkapi insentif sebagai pengganti upah bagi yang aktif bekerja untuk mengurangi beban finansial selama mengikuti program pelatihan.

3. Reskilling

Reskilling disebut sebagai program pelatihan dengan sasaran para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Program ini dibuat  dengan tujuan agar dapat beradaptasi dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Program pelatihan ini akan membuat anda memperoleh keterampilan baru yang dibutuhkan dunia kerja saat ini atau dimasa yang akan datang.

Pelatihan yang memakan waktu selama 2 bulan ini, akan dibekali contoh pelatihan seperti mengerti akan pembaruan teknologi, serta tahu mengenai dunia digital marketing.

Mengikuti Program Kartu Prakerja

Untuk dapat mengikuti program ini, tentu yang pertama anda lakukan adalah dengan melakukan pendaftaran akun prakerja pada situs website resminya di prakerja.go.id.

Setelah itu anda akan diverifikasi apakah anda lolos pada gelombang tersebut atau tidak. Semuanya tergantung dari tim verifikasi yang dilakukan pihak prakerja.

Jika lolos, anda akan mengikuti beragam pelatihan yang disediakan untuk pembekalan diri pada saat berada di dunia kerja. Anda juga akan mendapatkan uang saku selama proses pelatihan tersebut.

Cara Mengatasi Lupa Email Akun Prakerja

Untuk mendaftar program kartu prakerja, anda akan dimintai alamat email. Namun, terkadang anda lupa email kartu prakerja yang digunakan.

Sebaiknya anda mengingat kembali dengan seksama email mana yang anda gunakan pada saat pendaftaran. Akan tetapi, jika masih tidak ingat, bisa pakai cara ini Untuk mengatasi hal tersebut.

1. Mengirim Email

Anda dapat mengirim email ke info@prakerja.go.id dengan alamat email lain dan katakan jika anda tidak bisa login akibat lupa email. Pastikan kirim cukup sekali untuk menghindari spam.

Tunggun saja hingga mereka melakukan balasan. Jika sudah menerima balasan email, anda tinggal mengikuti langkah demi langkah yang mereka arahkan.

2. Hubungi Customer Service

Anda dapat menghubungi customer service dengan nomor yang tertera pada website resminya. Cara ini mungkin lebih efektif dibandingkan dengan menunggu balasan email.

Demikianlah seluk beluk tentang program pelatihan kartu prakerja beserta cara mengatasi lupa email pendaftaran, sehingga anda gagal login dan tidak bisa mengakses situs resminya.

Dengan cara ini memudahkan anda untuk kembali dapat masuk ke web prakerja, untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan dari pemerintah.

Posting Komentar untuk "Jangan Khawatir jika Lupa Email Kartu Prakerja: Ikuti Cara Berikut"