Inilah 7 Kelebihan Teknologi Wireless yang perlu Anda Ketahui


Teknologi wireless merupakan pembaruan teknologi terbaru dimana wireless memanfaatkan media gelombang electromagnetik untuk melakukan pengiriman dan menerima data tanpa adanya kabel.

Kelebihan dari nirkabel ini cukup banyak, beberapa diantaranya mudah digunakan, fleksibel, dan dapat dipakai dari apapun jenis perangkat yang anda gunakan.

Teknologi wireless dimanfaatkan dalam beberapa perangkat, contohnya ponsel, router wifi, dan laptop beserta hardware pendukungnya, seperti mouse dan keyboard.

Bukan tidak mungkin, dimasa mendatang teknologi nirkabel tersebut terus berkembang, mengingat era digital yang semakin maju untuk mempermudah aktivitas anda.

kelebihan teknologi wireless

Seperti yang telah disinggung dalam judul artikel ini, dimana teknologi wireless memiliki beragam kelebihan, yang membuat anda dapat menggunakan fitur-fitur dari pemanfaatan wireless.

Apa saja kelebihan teknologi ini yang perlu anda ketahui, dan bagaimana cara memanfaatkannya dalam keseharian anda? Mari kita simak sama-sama. 

1. Tidak Perlu kabel (Fleksibilitas)

Teknologi wireless dimanfaatkan dalam proses perpindahan data antar device. Kelebihan utama dari nirkabel tersebut yaitu anda tidak memerlukan kabel, sehingga mudah dan praktis digunakan.

Penggunaan teknologi ini juga memberikan ruang yang lega, karena tidak perlu media kabel sebagai penghubung. Hal ini memungkinkan anda dapat mengirim data kapanpun dan di manapun.

2. Kecepatan Transfer yang Tinggi

Selain itu, teknologi wireless memiliki kelebihan lain, yaitu mengenai kecepatan transfer data yang cepat dan relatif stabil. Kecepatan tersebut bisa sampai dengan 1 mb/detik.

Hal ini membuat proses kecepatan transfer data bisa lebih cepat dan efisien. Teknologi wireless juga mengaplikasikan topologi jaringan, dimana hal ini membuat pengiriman data lebih stabil daripada saat anda menggunakan kabel.

Anda juga dapat meningkatkan sinyal wireless dengan bantuan antena. Sehingga alat bantuan tersebut dapat mempercepat lagi proses baik mengirim maupun menerima data.

3. Dapat digunakan diberbagai Device

Teknologi wireless menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya. Sebab, teknologi terbaru ini bisa dipakai pada banyak perangkat. Misalnya, pada ponsel, laptop dan barang-barang elektronik lainnya.

Dengan kemampuan yang fleksibel, membuat wireless banyak digunakan pada berbagai jenis perangkat. Padahal, awalnya wireless hanya bisa dipakai pada laptop atau pc. Akan tetapi, seiring berkembangya teknologi, perangkat lain sudah banyak yang mengadopsi wireless.

4. Saling Terhubung (Interkoneksi)

Wireless atau nirkabel memungkinkan device untuk terhubung dan terkoneksi serta saling berbagi informasi tanpa adanya kabel, sehingga anda dapat berkoordinasi antar perangkat dengan praktis. Beberapa contoh interkoneksi wireless yang biasa anda temukan seperti:

  • Wi-Fi: DImana wifi memanfaatkan wireless untuk menghubungkan perangkat seperti Handphone, laptop dan komputer. Baik dipasang dirumah, maupun ditempat umum seperti kantor, bandara, dan cafe.
  • Bluetooth: Fitur ini dapat anda manfaatkan untuk interkoneksi antar perangkat dalam jangkauan sekitar yang relatif dekat. Bluetooth bisa menghubungkan koneksi dari ponsel ke speaker dan juga mouse wireless dengan laptop.

5. Jangkauan Lebih Luas

Menggunakan kabel ketika melakukan pengiriman data, terdapat kendala yakni batasan panjang dari kabel yang digunakan. Hal ini berakibat, jika memakai kabel akan meningkatkan biaya tambahan.

Akan tetapi, jika menggunakan teknologi nirkabel, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mudah. Sebab, wireless mempunyai jangkauan lebih luas.

Pemakaian nirkabel dapat membangun jaringan yang lebih luas dan memungkinkan anda untuk dapat mentransfer data dari penjuru dunia.

6. Menambah Nilai Estetika

Kelebihan lainnya dari teknologi wireless ini yaitu masalah kerapian. Pemakaian kabel yang terlalu panjang, terkesan berantakan dan terlihat tidak endak dipandang.

Disisi lain, teknologi wireless dapat menambah nilai estetika pada ruangan. Karena anda tidak membutuhkan kabel-kabel serta colokan listrik.

Anda dapat mendekor ruangan lebih rapi lagi. Terlebih, wireless yang memiliki sifat fleksibel dan bisa diletak dimana saja, tergantung keinginan anda.

7. Memperketat keamanan

Disamping itu, teknologi wireless dapat memperketat security atau tingkat keamanan. Misalkan, WPA3 memberi keamanan ekstra jika anda komparasikan dengan teknologi memakai kabel.

WPAe3 dapat membantu anda mencegah orang lain untuk masuk dan melakukan akses tanpa izin, serta memproteksi data pada saat melakukan transmisi data.

Kesimpulan

Penggunaan nirkabel menawarkan beragam kemudahan untuk membantu aktivitas keseharian anda. Kemudahan tersebut berasal dari fitur-fitur seperti fleksibel, kecepatan transfer yang tinggi, dapat digunakan diberbagai device, dan jangkauan yang lebih luas.

Teknologi mutakhir ini merupakan kemajuan yang signifikan jika anda membandingkan dengan teknologi terdahulu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan. Penting bagi anda untuk menggunakan manfaatnya dengan bijak.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Kelebihan Teknologi Wireless yang perlu Anda Ketahui"