Deretan Ide Konten Youtube yang Menarik Untuk Pemula


Mau jadi youtuber besar dengan jutaan channel, memang sangatlah sulit terlebih jika anda masih pemula. Butuh konsistensi yang tinggi dalam mengupload konten, dan juga menjaga kualitas video.

Niche juga berpengaruh terhadap pendapatan. Anda harus memikirkan konten youtube yang menarik untuk pemula dan dapat menyasar audiens yang besar.

Tips Bagi Youtuber Pemula

Sebelum memutuskan untuk terjun menjadi seorang youtuber, anda harus mengerti apa-apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menunjang channel youtube anda.

Hal yang paling utama yang anda pikirkan ialah niche. Tentukan kategori channel agar dapat menjangkau penonton, dan kalau perlu dapat dilihat oleh semua kalangan tanpa batasan umur maupun gender.

Peralatan tentu saja menjadi senjata utama youtuber dalam proses pembuatan video. Baik itu Laptop/PC, Smartpone, Microphone , Camera, Tripod dan masih banyak lagi yang perlu anda siapkan.

Untuk menjaga traffic penonton, butuh konsisten yang baik dalam membuat video. Kalau perlu, setiap hari atau minimal 4 kali seminggu ada video baru yang diupload. Perhatikan juga masalah SEO, Tulis deskripsi dengan menyisipkan kata kunci dan hashtag untuk menaikkan peringkat.

Konten Youtube yang Menarik Untuk Pemula

Telah dijelaskan di atas, niche merupakan salah satu hal yang mempengaruhi traffic penonton. Untuk itu, pikirkanlah secara matang konten youtube yang menarik terlebih bagi anda sebagai youtuber pemula. 

Berikut daftar ide konten yang bisa anda pertimbangkan:

1. Video Tutorial

Tutorial masih menjadi primadona bagi youtuber. Sebab, jika orang-orang ingin melakukan sesuatu dan mereka tidak tau caranya, maka youtube menjadi pilihan utama sebagai sumber referensi.

Video tutorial ini banyak macamnya. Bisa tutorial make up, tutorial memasak, ataupun tutorial suatu aplikasi misalkan editing foto di photoshop, edit video di adobe premiere, maupun tutorial desain di canva.

2. Konten Vlogger

Menjadi vlogger masih menjadi pilihan untuk mendatangkan dollar dari youtube. Dengan merekam aktivitas keseharian, terlebih jika anda yang sudah memiliki "nama" maka semakin mudah buat menarik minat penonton.

Anda yang hobi travelling juga dapat memanfaatkan momen ini. Dengan bepergian ke suatu tempat wisata yang indah, maka penonton akan mencari tahu tempat tersebut lewat video vlog anda.

3.Unboxing

Berikutnya, anda bisa bikin channel yang berkaitan dengan unboxing suatu barang. Bisa barang elektronik seperti laptop maupun unboxing action figure anime.

Hal ini membuat penonton tertarik, terlebih jika mereka menyukai barang yang diunboxing. Contohnya action figure dari anime terkenal. Bagi penonton yang menyukai anime tersebut tentu saja mereka gak akan ragu mengklik video anda.

4. Video Reaction

Bisa dibilang, video reaction merupakan pilihan praktis bagi anda sebagai pemula. Sebab, anda hanya memberikan reaksi postif maupun kritikan ketika memberi penilaian pada video lain.

Walaupun begitu, membuat channelnya bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan ekspresi yang kuat dan komunikasi yang bagus. Selain itu harus objektif sewaktu memberikan nilai.

5. Video Mainan

Konten yang membahas mainan menjadi target potensial. Sebab, video ini bukan hanya dilirik oleh Indonesia, tapi juga berpotensi ditonton oleh pengguna luar negri.

Contohnya dalam menyusun lego disertai voice over yang lucu, sehingga anak-anak dibawah umur menyukai video anda. Jangan lupa berikan thumbnail dari mainan tersebut, karena hal itu menjadi senjata agar anak-anak menonton video anda.

6. Cover Lagu

Ternyata, menyanyikan ulang sebuah lagu versi anda sendiri masih memiliki banyak peminat. Anda yang punya suara bagus sebaiknya optimalkan kelebihan itu.

Namun, berhati-hati dalam proses perekaman. Sebaiknya ubah sedikit nadanya agar terhindar masalah copyright.

7. Sketsa Komedi

Jika anda merupakan seseorang yang humoris, bisa anda manfaatkan untuk membuat sebuah video komedi. Video ini banyak juga peminatnya, karena orang ingin hiburan ketika membuka youtube.

Jika anda memiliki teman-teman yang memiliki circle komedi yang kuat, ajak saja mereka bergabung untuk membuat sebuah sketsa komedi.

8. Youtube Gaming

Yap, gaming masih menjadi idola bagi para youtuber. Dengan masyarakat yang hobi bermain game disegala umur, membuat konten youtube gaming masih menjadi hiburan nomor satu bagi gamers.

Walaupun anda tidak jago bermain game, namun dengan proses editing anda bisa mengabadikan momen-momen lucu dan unik menjadi sebuah konten yang berkualitas.

9. Video Animasi

Namanya anak-anak tentu animasi adalah pilihan video yang ingin mereka lihat. Anda yang jago soal membuat video animasi bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membentuk sebuah konten.

Diperlukan juga para dubber dan voice over untuk melakukan dubbing yang membantu proses audio dari video tersebut.

10. Review Film

Review film belakangan ini menjadi kategori dengan niche yang memiliki banyak peminatnya. Orang-orang yang tidak sempat menonton video di bioskop dan ingin menontonnya di lain waktu pada laptop.

Sebelum itu mereka akan mencari tahu apakah film tersebut menarik atau tidak. Mereka bisa mendapatkan informasi film tersebut baik dari artikel sinopsis pada sebuah website atau lewat review film dari channel youtube.

11. Konten Hewan

Masyarakat yang hobi akan dunia hewan, tentu tertarik akan video yang berisikan hewan-hewan baik dari hewan peliharaan yang lucu, maupun yang tergolong ganas.

Namun, kalau sudah hobi walaupun hewan ganas, tetap saja subscriber anda akan mengklik video anda itu.

12. Konten Olahraga

Terakhir, anda bisa mengupload bertemakan olahraga. Contohnya, bisa mengedit video sepakbola ketika ada berita-berita penting. Baik itu dari hasil pertandingan, bursa transfer, dan juga yang lainnya.

Namun, sama seperti review film. Konten ini rawan terkena klaim hak cipta. Jadi, anda mesti berhati-hati dalam proses pengeditan.

Itulah kategori niche video youtube yang bisa dipertimbangkan sebagai opsi untuk membangun channel youtube bagi pemula. Anda bisa bebas memilih video apa saja, asalkan bebas dari isu sara, rasis, dan yang terpenting bebas dari copyright.

Selain itu, ikuti terus perkembangan algoritma youtube setiap saat, agar anda tidak ketinggalan video apa yang menarik bagi penonton.

Posting Komentar untuk "Deretan Ide Konten Youtube yang Menarik Untuk Pemula"