Dompet Digital Adalah: Cari Tahu Arti, Fungsi beserta Contohnya

Saat ini, telah menjamur e-wallet atau dompet digital pada aplikasi di play store dan appstore. Dompet digital ini mempermudah transaksi yang dilakukan oleh penggunanya

Kalau dulu, orang-orang melakukan transaksi pembayaran dengan bertemu secara langsung, atau pergi ke bank untuk mengirimkan uang dari sana.

Namun, berkat hadirnya dompet digital, anda dapat melakukan segala jenis pembayaran secara online. Hal ini, membuat proses pembayaran lebih efisien waktu.

Arti dari Dompet Digital

Dompet digital merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan saldo, melakukan transfer, dan menerima uang secara online. 

Dompet digital sangat bermanfaat, karena mempermudah berbagai transaksi tanpa harus mempergunakan uang tunai. Anda dapat mentransfer serta menerima uang dengan mudah dan praktis melalui aplikasi dompet digital.

Dompet elektronik ini juga dapat digunakan untuk kegiatan pembayaran pada merchant atau perusahaan yang telah melakukan mitra kerja sama dengan e-wallet tersebut.

Selain itu, dompet digital yang telah beroperasi di Indonesia, dilengkapi dengan beragam fitur layanan, seperti QR code, barcode system, dan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Dengan fitur-fitur tersebut, memudahkan anda untuk membayar dan mengirimkan uang, sehingga bagi pelaku usaha kecil, pedagang, dan masyarakat, menganggap dompet digital ini begitu praktis untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli.

Namun, anda sebagai pengguna harus tetap waspada, sebab bisa saja sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena tetap memiliki risiko akses yang tidak sah yang bisa saja menguras saldo anda.

Fungsi Dompet Digital

Sebagaimana aplikasi keuangan lain, dompet digital juga memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Fungsi tersebut dipermudah dengan adanya fitur pada masing-masing e-wallet.

Fungsi utama dari dompet digital ialah sebagai wadah untuk menyimpan, mengirim, dan menerima saldo anda dalam bentuk digital. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lainnya dari dompet digital ini, seperti:

  • Pembayaran Online: Dompet digital dapat dipergunakan dalam berbagai transaksi pembayaran via online di berbagai marketplace, aplikasi, maupun toko online.    
  • Transfer Uang: Dompet digital bisa dipakai untuk mentransfer uang ke sesama pengguna dompet digital, jenis e-wallet yang lain, atau transfer ke akun bank.
  • Pembelian Produk Digital: Anda dapat menggunakan dompet digital dalam melakukan pembelian produk digital seperti ebook, atau game.
  • Pembelian Tiket: Sebagian e-waleet juga menyediakan fitur untuk membeli tiket transportasi online dan juga tiket masuk ke tempat-tempat wisata.
  • Pembayaran Tagihan: Jika anda berlangganan listrik atau token, air dan telepon, anda dapat membayarnya secara online melalui dompet digital.
  • Top-up Saldo Pulsa: Jika anda kehabisan pulsa, anda dapat mengisi pulsa lewat beberapa dompet digital.
  • Top-up Diamond: Bagi yang hobi bermain game, dan ingin melakukan upgrade pada akunnya, anda bisa melakukan top-up diamond via e-wallet.
  • Cashback: Sebagian dompet digital menyediakan cashback kepada setiap pengguna ketika mereka melakukan transaksi.
  • Tabungan: Bagi yang ingin menyimpan uang, anda bisa menabung pada dompet digital tertentu.

Selain itu, mungkin masih banyak lagi fungsi dan manfaat yang bisa anda dapatkan, jika melakukan pendaftaran akun dompet digital.

Dompet Digital di Indonesia

Sebenarnya, dompet digital ini bukanlah barang baru. Dimana masyarakat luar negri, sudah sering menggunakan berbagai dompet digital ini.

Sebut saja Paypal dan Skrill. Kedua e-wallet ini sudah ramai dipakai oleh masyarakat luar. Mereka menggunakannya untuk melakukan transaksi pembayaran online, atau mengisi saldo paypal lewat hasil kerja pada situs freelancer.

Indonesia sendiri, saat ini juga banyak pengguna yang mulai beralih ke dompet digital. Mereka beralasan penggunaan e-wallet jauh lebih praktis dibandingkan harus pergi ke atm.

Terdapat beberapa macam dompet digital yang telah hadir di tengah masyarakat Indonesia. Berikut beberapa dompet digital pilihan yang menurut saya masih menjadi yang terbaik di Indonesia.

1. GoPay

Gopay merupakan dompet digital mobile yang dikembangkan oleh gojek, sebuah perusahaan transportasi online di Indonesia. Anda dapat menyimpan saldo gopay di dalam aplikasi ini.

Saldo gopay dapat anda pakai untuk kegiatan transaksi di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan gojek. Anda dapat membayar driver gojek, pembayaran pada toko ritel, maupun e-commerce.

Bagi pengguna gopay plus, anda dapat mentransfer saldo gopay ke akun bank.

2. Dana 

Dana memiliki fitur-fitur untuk memudahkan proses pembayaran seperti pembayaran listrik dan pulsa. Fitur lain dari aplikasi dana yaitu telah terintegrasi dengan beberapa situs jual beli online dan aplikasi-aplikasi.

Jika anda hobby bermain game penghasil uang, biasanya hasil yang diterima akan ditransfer ke akun dana anda.

3. LinkAja

LinkAja merupakan salah satu e-wallet yang telah beroperasi dan digunakan di Indonesia. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh LinkAja, seperti dapat melakukan top up saldo melalui transfer bank atau minimarket.

LinkAja telah bekerja sama dengan aplikasi Grab untuk kegiatan transportasi online. Jika anda berbelanja pada merchant, LinkAja menyediakan QR Code untuk menscaning pembayaran.

4. Ovo

Ovo memiliki fitur Ovo point yang bisa anda tukarkan ke rupiah, ketika anda baru saja melakukan transaksi pada merchant. Selain itu, didalam aplikasi Ovo ini, anda diperbolehkan untuk berinvestasi.

Ovo juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi uang anda. Ovo menggunakan enkripsi serta verifikasi transaksi untuk melakukan hal tersebut.

5. ShopeePay

ShopeePay juga salah satu dompet digital di Indonesia. ShopeePay merupakan produk layanan pembayaran yang disediakan oleh Shopee

Dompet digital yang identik dengan warna oren ini, menawarkan fitur cashback dalam setiap transaksi.

Namun perlu diingat, fitur layanan diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing dompet digital.

Posting Komentar untuk "Dompet Digital Adalah: Cari Tahu Arti, Fungsi beserta Contohnya"