Penjelasan Tentang Dampak Positif dan Negatif Teknologi Transportasi


Sekilas Tentang Teknologi Transportasi

Mobil, kapal, dan pesawat. Ketiga contoh kendaraan tersebut merupakan alat transportasi baik di darat, laut, maupun udara. Perkembangan teknologilah yang membuat keberadaan alat transportasi tersebut eksis sampai sekarang.

Perkembangan teknologi digital juga memicu canggihnya alat transportasi tersebut. Jika sejarah menyatakan menunggangi kuda adalah cara untuk bepergian jarak jauh, namun saat ini mobil adalah pilihan utama bagi anda untuk pergi ke tempat yang jauh lewat jalan darat.

Hal itu tak lepas akan perubahan teknologi yang semakin canggih. Bahkan, begitu juga dengan mobil. Bisa saja suatu hari nanti telah dipasarkan secara umum mobil tanpa supir yang mengendarainya.

Dampak Positif Teknologi Transportasi

Para ilmuan yang menciptakan segala sesuatu yang membuat berkembangnya teknologi disegala bidang, termasuk transportasi. Teknologi tersebut diciptakan tentu bertujuan baik, demi memberikan kemudahan bagi manusia.

Dengan teknologi yang maju pada bidang transportasi, akan memberikan dampak positif bagi penggunanya. Dampak positif tersebut antara lain:

1. Waktu Perjalanan Semakin Cepat

Tentunya anda sudah tahu, dengan teknologi mesin waktu perjalanan yang anda tempuh dari satu tempat ke tempat lain akan lebih cepat, dibandingkan jika anda berjalan kaki.

Dengan begitu, dalam sekali jalan ke tempat yang jauh anda bisa menghemat waktu dan tenaga.

2. Memudahkan Distribusi Barang-Barang

Bagi pengusaha, alat transportasi menjadi salah satu hal yang wajib dipikirkan. Bagaimana caranya supaya barang yang dipesan oleh konsumen dapat cepat sampai dengan selamat.

Apalagi anda mendistribusikan barang tersebut dalam jumlah yang besar. Tentu saja anda butuh alat transportasi menggunakan truk, kapal laut, ataupun pesawat cargo.

3. Akses Perjalanan Semakin Mudah

Tanpa teknologi, sulit bagi anda pergi ke luar negri hanya dengan berjalan kaki. Untuk itulah perkembangan teknologi yang membuat munculnya transportasi udara seperti pesawat.

Dengan begitu, akses perjalanan yang jauh pun akan dilalui dengan mudah. Perjalanan pun bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

4. Membuka Peluang Usaha

Ketika lebaran tiba, tentu banyak yang mudik ke kampung halaman. Selain menggunakan kendaraan pribadi, para pemudik juga banyak yang menggunakan transportasi umum.

Hal itu menjadi lahan usaha bagi pengusaha transportasi. Anda bisa membuka jasa travel, sewa mobil, dan jasa lainnya.

5. Memberikan Kenyaman Saat Berkendara

Coba anda bayangkan, apakah anda sanggup berjalan puluhan kilo ke luar kota sambil membawa banyak barang. Bisa-bisa kaki anda terasa mau copot.

Dengan menggunakan transportasi, akan memberikan kenyamanan perjalanan saat berkendara. Walaupun membawa banyak barang, anda masih bisa menaruhnya di bagasi.

6. Mudahnya Akses Transportasi Lewat Online

perkembangan teknologi juga merambah ke transportasi. Kini, anda dapat dengan mudah mencari alat transportasi umum dengan hanya mencari dari rumah.

Berkat aplikasi digital dalam bidang transportasi, banyak startup seperti gojek, grab, dan maxim yang membuat anda menemukan driver dengan cepat.

Dampak Negatif Teknologi Transportasi

Penjelasan di atas menyebutkan begitu mudahnya anda bepergian jarak jauh dengan alat transportasi. Namun, anda juga harus bijak dalam menggunakannya.

Sebab, selain memiliki dampak positif, teknologi ternyata memiliki dampak negatif jika anda tidak berhati-hati dalam berkendara. Berikut dampak negatif teknologi yang bisa berakibat buruk:

1. Timbulnya Polusi Udara

Alat transportasi bergerak dengan menggunakan bahan bakar minyak. Hal ini akan memunculkan kumpulan asap yang berakibat timbulnya polusi udara.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan beralih ke kendaraan listrik. Menggunakan kendaraan listrik, setidaknya dapat meminimalisir masalah polusi tersebut.

2. Meningkatkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Kendaraan sekarang tambah canggih. Baik dari segi tampilan body maupun kecepatan. Tak ayal hal tersebut dapat meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas.

Apalagi diperparah dengan perilaku pengendara yang ugal-ugalan dijalanan dan dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain.

3. Menjadi Penilaian Sisi Finansial

Semakin hari, pabrikan mobil mengeluarkan jenis terbaru. Dengan menawarkan berbagai fitur, kenyamanan, tampilan visual dan lainnya. Tentu saja tingginya kualitas mobil berbanding lurus dengan harga.

Hal itu menimbulkan pemisahan jarak antara orang yang satu dengan yang lain. Sebab harga mobil yang mahal tersebut dapat dinilai jika pemiliknya memiliki sisi finansial yang tinggi.

4. Menimbulkan Stress Saat Berkendara

Jalanan kota yang semakin padat, menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Hal tersebut bisa menimbulkan stress saat berkendara dalam menempuh perjalanan.

Apalagi, jika anda memiliki masalah lain, maka perasaan yang tidak karuan tersebut bisa menimbulkan bahaya diperjalanan.

Itulah dampak positif dan negatif teknologi transportasi. Dampak tersebut dapat timbul tergantung cara pemakaian anda dalam berkendara.

Bijaklah dalam mengendarai kendaraan agar terhindar dari dampak negatif yang menimpa anda maupun orang sekitar.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Tentang Dampak Positif dan Negatif Teknologi Transportasi"