Cara Kerja Shopee Affiliate Bagi Pemula: Untuk Pemasukan Tambahan

Anda yang sering belanja online lewat marketplace, tentu sudah tahu dengan shopee. Atau justru anda salah satu pengguna shopee yang telah melakukan registrasi akun untuk membeli atau menjual produk.

Banyak manfaat yang dapat anda peroleh jika melakukan praktek jual beli secara online. Bagi pembeli, anda cukup memantau produk yang dijual dari kota lain lewat smartphone.

Bukan hanya pembeli, penjualpun dapat merasakan kemudahan dengan memperdagangkan barangnya lewat situs online. Anda cukup memposting barang yang dijual, hingga nantinya ada orang yang mau melakukan pembelian.

Marketplace Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace yang beroperasi di Indonesia. Marketplace yang berada dibawah naungan SEA Group ini mulai menjaring pasar Indonesia lewat perusahaan PT. Shopee International Indonesia yang berdiri sejak tahu 2015 silam.

Shopee memiliki layanan perbankan yaitu SeaBank. Dengan mengintall SeaBank, anda bebas melakukan transferan gratis tanpa biaya admin. Selain itu, anda dapat menerima bunga tabungan dan deposito cukup tinggi jika menyimpan uang di SeaBank.

Shopee juga memiliki e-wallet dengan fitur ShopeePay. Dengan ShopeePay, anda dapat melakukan transfer pembayaran untuk pembelian online lewat dompet digital ini. Anda juga dapat melakukan transfer dari ShopeePay lewat metode QRIS.

Program Shopee Affiliate

Shopee juga mengadakan program affiliate marketing. Tujuan dari program ini, agar para pengguna shopee tetap lebih aktif mempromosikan produk yang mereka tawarkan.

Hasilnya juga lumayan untuk sekedar mendapatkan sampingan. Anda akan mendapatkan komisi tergantung banyaknya sebaran link yang diklik oleh orang lain.

Bahkan, jika anda beruntung dan konsisten dengan program affiliasi ini, bukan tidak mungkin anda akan meraup hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Cara Kerja Shopee Affiliate Bagi Pemula

Sederhananya, untuk mendapatkan hasil dari program shopee affiliate, anda cukup mengshare link yang telah disediakan. Jika ada orang lain yang melakukan klik pada link tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi.

Untuk lebih lengkapnya, bisa anda simak poin-poin berikut:

1. Buat Akun Media Sosial

Untuk tahap awal, anda harus mempersiapkan platform media sosial untuk memfasilitasi link yang akan anda sebar. Semakin banyak jumlah follower atau subscriber anda, peluang orang yang mengklik link shopee affiliate anda akan semakin besar.

2. Daftar Program Shopee Affiliate

Untuk bergabung dalam program shopee affiliate, anda mesti melakukan pendaftaran akun sebagai akun pribadi, bukan akun toko atau penjual. Anda harus teliti mengisi formulir pendaftaran agar dapat diterima.

Terakhir, anda tunggu proses verifikasi tim shopee yang biasanya akan memakan waktu hingga 3 hari.

3. Login Dashboard Shopee Affiliate

Setelah proses verifikasi selesai dan anda diterima oleh tim analisa shopee, maka selanjutnya anda cek dashboard shopee dan melihat menu program shopee affiliate serta laporan mengenai komisi yang didapat.

4. Memilih Produk

Selanjutnya, anda harus memilih produk yang akan dipromosikan. Anda tidak perlu untuk melakukan pembelian barang tersebut. Anda cukup memilih barang yang sesuai target marketing anda.

5. Mendapatkan Custom Link Product

Setelah anda telah menentukan produk yang ingin anda promosikan, selanjutnya anda harus melakukan custom link product. Nantinya, link tersebutlah yang akan anda sebar ke media sosial.

Lakukan teknik marketing dengan membuat judul yang mampu menghipnotis pembeli.

6. Memposting Konten Video

Anda bisa membuat sebuah konten video, dan mempostingnya pada platform media sosial. Buatlah video semenarik mungkin dan share video bisa ke Youtube Shorts, Instragram Reels, maupun aplikasi tiktok.

Untuk menarik minat beli followers anda, berikan caption tentang produk yang telah anda buat. Jelaskan produk tersebut dengan menceritakan kelebihan dan manfaat dari pemakaian barang yang dijual.

7. Mendapatkan Komisi

Jika orang-orang tertarik dengan konten anda, maka mereka akan melakukan klik pada link yang anda sebar, dan membeli produk dari tautan tersebut, maka otomatis anda memperoleh komisi dari program affiliasi ini.

Walaupun mereka tidak jadi membeli barang, link itu akan tetap menempel pada smartphone anda selama tujuh hari.

Bagi pengguna lama yang membeli barang melalui tautan yang anda sebar, maka anda akan menerima komisi sebesar 2,5%. Sementara jika pengguna baru, maka komisi anda sebesar 10% per item. Batas maksimal komisi tersebut hingga Rp. 10.000,-.

8. Mencairkan Komisi Affiliasi

Anda dapat mencairkan saldo affiliasi jika telah terkumpul Rp. 10.000 yang pencairannya bisa anda lakukan selama dua minggu sekali.

Jika saldo anda satu juta rupiah, maka komisi anda akan masuk kedalam akun e-wallet ShopeePay anda. Jika lebih dari itu maka proses pencairan akan dikirim menuju transfer bank.

Program affiliasi ini bisa anda jadikan opsi untuk menambah pundi-pundi rupiah anda. Semakin banyak link yang anda sebar, maka semakin besar pula pendapatan yang dapat anda peroleh.

Maksimalkan platform media sosial anda untuk mempromosikan link produk yang anda sebar. Buat konten yang unik agar follower atau subscriber anda tertarik dengan produk yang anda tawarkan,

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Shopee Affiliate Bagi Pemula: Untuk Pemasukan Tambahan"