Cara Daftar Youtube Shorts: Alternatif Lain Untuk Monetisasi Youtube


Youtube merupakan platform media sosial berbagi video yang dapat dimonetisasi jika anda berhasil mencapai ketentuan-ketentuan tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak youtube.

Biasanya, untuk mendapatkan uang, anda mesti memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Hasilnya sangat lumayan jika anda fokus untuk mengelola channel anda.

Selain iklan, anda juga dapat meraup keuntungan dengan cara lainnya, misalkan dari sponsor yang ingin bermitra dengan anda.

Youtube Shorts

Dengan youtube, anda dapat mengupload video berdurasi unlimited, serta membagikannya dalam format horizontal. Namun, tetap isi konten tersebut harus bebas dari klaim hak cipta agar dapat anda uangkan.

Namun, sejak tahun 2021 youtube merilis fitur terbaru yaitu youtube shorts. Fitur youtube shorts membuat anda bisa memposting video pendek maksimal 60 detik serta memiliki tampilan vertikal.

Format youtube shorts ini identik dengan dua platform media sosial lainnya, seperti instagram lewat fitur reels, serta aplikasi tiktok.

Fitur Layanan Youtube Shorts

Jika anda pengguna youtube shorts, anda pasti sudah tau fitur layanan yang tersedia. Terdapat beberapa fitur dalam pembuatan video berdurasi pendek.

  • Kecepatan Video: Anda dapat mengedit untuk mengatur kecepatan video hingga tiga kali lipat.
  • Teks: Anda dapat menampilkan teks untuk memberitahukan informasi tentang isi konten shorts.
  • Undo dan Redo: Anda dapat mengatur ulang pengeditan, jika terdapat kesalahan saat proses editing.
  • Musik: Anda dapat memilih lagu dan musik untuk diterapkan sesuai dengan jenis konten.
  • Filter: Dengan fitur filter, anda dapat membuat konten shorts menjadi lebih menarik.

Cara Daftar Youtube Shorts

Untuk melakukan pendaftaran yuotube shorts, anda harus memenuhi kriteria sesuai pedoman dan kebijakan youtube. Selain itu, anda pastikan menggunakan smartphone untuk membuatnya.

Berikut tata cara pendaftaran youtube shorts:

  • Install aplikasi youtube lalu buka pada smartphone anda.
  • Berikutnya klik akun atau account
  • Lalu sign in
  • Persiapkan akun gmail anda
  • Daftar channel youtube melalui gmail yang telah anda siapkan

Namun, untuk membuat channel youtube, pastikan anda telah berusia minimal 13 tahun. Pastikan juga konten shorts yang anda buat merupakan video original dan sesuai syarat ketentuan youtube.

Cara Membuat Konten Video Shorts

Tidak kalah dengan video biasa, konten shorts cukup menggiurkan untuk menghasilkan uang. Namun sebelum itu, anda mesti membuat video shorts tentunya.

Untuk cara membuatnya, bisa anda ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi youtube
  • Tekan tanda + pada bagian bawah tampilan youtube
  • Lakukan perekaman video atau bisa juga dengan menambahkan video yeng telah anda siapkan
  • Lakukan perekaman atau siapkan video dengan durasi 15 hingga 60 detik dengan format vertikal
  • Edit dengan menambahkan musik serta teks sesuai keinginan anda
  • Buat judul semenarik mungkin
  • Lalu klik upload untuk mempublikasikannya

Memonetisasi Video Shorts

Sama seperti video biasa, konten shorts juga dapat dimonetisasi dan mendapatkan tambahan uang.

Namun, kabarnya mulai februari 2023 agar dapat bergabung dengan youtube program partner (YPP) anda harus memenuhi syarat yang telah ditentukan, diantaranya Mempunyai 10 juta views video youtube shorts selama 90 hari.

Memang teelihat sangat sulit untuk mencapainya, apalagi video anda harus viral untuk mendapatkan 10 juta views. Namun, jika anda mampu membuat konten semenarik mungkin, views yang banyak akan berdatangan.

Manfaat Dari Video Youtube Shorts

Bukan tanpa alasan banyak pengguna youtube ramai-ramai mulai membuat konten shorts. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapatkan jika anda menekuni video yang dibuat dengan tampilan yang menarik dan informatif.

1. Subscriber Baru

Konten Shorts ternyata ampuh untuk menjaring subscriber baru. Ini menjadi alternatif bagi anda untuk menambah jumlah sub selain lewat pembuatan video biasa.

2. Meningkatkan Traffic Kunjungan

Algoritma youtube akan mendeteksi video anda, jika konten yang diposting menjadi viral. Jika itu terjadi, maka jumlah views dan traffic kunjungan akan meningkat.

3. Dapat dimonetisasi

Tidak seperti pesaingnya yaitu Instagram reels dan Tiktok, konten shorts yang anda buat dapat dimonetisasi dan menjadi pendapatan sampingan anda.

4. Mendapatkan Sponsor

Sama seperti video biasa, konten shorts yang viral dan views yang membludak, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan sponsor dari sebuah brand untuk mempromosikan produk mereka.

Itulah seluk beluk mengenai youtube shorts. Dengan memonetisasi youtube shorts yang hasilnya sangat menggiurkan, maka pendapatan adsense anda akan meningkat.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Youtube Shorts: Alternatif Lain Untuk Monetisasi Youtube"