Cara Buat QRIS Dana bagi Pelaku Bisnis


Toko online yang menjual berbagai produk dan jasa, untuk mengembangkan usahanya dan menarik banyak konsumen, mereka harus menyediakan fitur yang mempermudah customer, salah satunya kode QR.

Saat ini, transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan praktis hanya dari rumah saja. Hal itu terlepas dari adanya kode QR yang telah hadir untuk digunakan pengguna dalam proses pembayaran antara konsumen dan merchant.

Dengan adanya dompet digital, merchant dapat mengintegrasikan pembayaran melalui kode QR, yang didapat dari e-wallet. Salah satu dompet digital yang menyediakan Qris adalah dana.

Cara Buat Kode QR Melalui Dana

Beberapa dompet digital telah hadir di Indonesia dalam rangka membantu pihak konsumen dan merchant untuk melakukan transaksi. Untuk melakukannya, merchant mesti memiliki kode QR, yang nantinya akan di scanning oleh konsumen ketika ingin membeli barang.

Bagi pemilik bisnis, sebaiknya anda sediakan kode QR agar konsumen yang berbelanja via online tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk transaksi pembayaran.

Dana menjadi salah satu dompet digital yang memiliki banyak fitur dan manfaat. Anda bisa membayar tagihan listrik, token, air, dan pulsa. Selain itu, pelaku usaha dapat membuat kode QR melalui aplikasi dana untuk transaksi pembayaran.

Namun, untuk membuat kode QR dana, terlebih dahulu anda harus upgrade ke dana premium. Untuk upgrade ke dana premium, anda diwajibkan upload foto selfie dengan KTP.

Terdapat beberapa kasus pengajuan upgrade ke dana premium gagal. Hal itu mungkin dikarenakan KTP yang sudah tidak terbaca karena terkelupas, dan foto selfie anda kurang jelas atau blur. Jadi, pastikan anda foto dengan cahaya yang terang. 

Untuk mendapatkan dana premium, terkadang membutuhkan waktu satu hari. Jika sudah memiliki dana premium, ikuti langkah-langkah berikut untuk cara buat Qris dana:

  • Pada halaman utama dana, pilih semua
  • Temukan dana bisnis, lalu klik daftar
  • Isi profil bisnis usaha anda
  • Isi juga letak lokasi tempat usaha anda
  • Cek kembali profil yang telah anda isi, jika sudah benar pilih konfirmasi
  • Setelah itu, anda tinggal menunggu proses verifikasi dari pihak dana
  • Jika verifikasi diterima, maka kode QR akan dibuat
  • Setelah kode QR diterima, maka anda bisa mengsharenya atau print kode tersebut. Sebelumnya anda download terlebih dahulu ke bentuk pdf. 

Untuk pembuatan Qris dana, anda akan terkena fee. biasanya anda akan dikenakan biaya administrasi Rp. 3.000,- (jika belum naik).

Perlu anda ketahui, proses pembuatan Qris dana akan membutuhkan waktu 14 sampai 30 hari, atau maksimal sebulan. Jadi, anda hanya tinggal menunggu saja proses pembuatan tersebut.

Manfaat Memiliki Akun Dana Bisnis

Dengan upgrade aplikasi dana bisnis, maka anda akan mendapatkan fitur lebih untuk mempermudah dalam melakukan pengembangan bisnis. Berikut manfaat yang anda dapatkan dengan memiliki akun dana bisnis.

1. Transaksi Lebih Praktis dengan Tautan

Sebagai pelaku usaha, anda akan mendapatkan kemudahan bertransaksi dengan hanya menggunakan link atau tautan. Anda dapat mengshare tautan usaha kepada konsumen.

Anda dapat share link tersebut melalui platform media sosial seperti WhatsApp dan Telegram.

2. Pembayaran Lewat Akun Virtual

Anda dapat menyediakan akun virtual sebagai alternatif metode pembayaran. Sehingga, konsumen akan memiliki lebih banyak opsi untuk mentransfer uang ketika membeli produk.

3. Mendapatkan Kode QR

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan memiliki akun bisnis, maka anda bisa memiliki fitur untuk membuat kode QRIS. Bagi pelaku usaha besar maupun UMKM, kode Qris benar-benar bermanfaat untuk melakukan transaksi pembayaran dengan lebih mudah.

4. Dapat Menarik Saldo Dana

Akun dana bisnis juga memungkinkan anda untuk menarik saldo dari aplikasi dana ke rekening bank. Jadi, bagi pelaku usaha yang membuat metode pembayaran dengan barcode Qris, anda dapat menariknya ke akun bank anda.

5. Tersedia History Transaksi

Terakhir, manfaat yang diperoleh dengan adanya akun dana bisnis adalah anda bisa memeriksa history transaksi melalui dashboard. Jadi, anda dapat melihat traffic pembayaran apakah naik atau turun.

Demikian ulasan dari proses cara buat Qris dana bagi para merchant yang ingin memajukan usahanya. Dengan memiliki akun dana bisnis, kode QR akan dibuat, dan memberi kemudahan pada pelanggan anda.

Posting Komentar untuk "Cara Buat QRIS Dana bagi Pelaku Bisnis"