Cari Tahu Apa Itu Digital Marketing dan Contohnya Untuk Strategi Bisnis


Beratnya persaingan bisnis membuat perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Salah satunya, dengan cara mempromosikan lewat digital marketing.

Tak heran, perusahaan besar rela membayar seorang digital marketer dengan nominal yang sangat tinggi. Hal itu diperlukan, agar perusahaannya berada pada page one dalam beranda google.

Dengan memiliki peringkat yang baik dalam pencarian google, maka dapat meningkatkan traffic kunjungan website, hal tersebut akan berbanding lurus dengan tingginya volume penjualan serta pendapatan yang kian meningkat.

Untuk lebih jauh mengenal dunia digital marketing, kali ini akan diulas tentang apa saja yang berkaitan dalam digital marketing ini.

Arti dari Digital Marketing

Singkatnya, digital marketing merupakan metode yang dilakukan pelaku usaha untuk mempromosikan dagangannya melalui internet maupun platform media sosial.

Dengan menggunakan Website, Instagram, Youtube, Facebook dan lainnya menjadikan teknik marketing menjadi lebih efektif dan efisien. Sebab, postingan konten akan menjangkau target audiens yang relevan, serta menghemat waktu anda untuk melakukan promosi.

Dengan tingginya tingkat aktivitas dalam dunia maya, menjadi peluang besar bagi anda dan perusahaan untuk memasarkan produk yang dijual.

Contoh Praktek Dunia Digital Marketing

Setelah anda tahu pengertiannya, mungkin anda pensasaran bagaimana cara melakukan praktek promosi dengan menggunakan media sosial dan internet.

1. Memiliki Website

Penting bagi pelaku bisnis dalam memiliki website. Sebab website bisa dibilang menjadi ujung tombak bagi mereka dalam memasarkan produknya.

Orang-orang yang berkunjung akan mengetahui tentang perusahaan anda dan produk-produk apa saja yang dipasarkan. Lantas, hal itu juga membuat customer percaya dengan kualitas barang yang anda jual.

2. Membuat Blog

Blog merupakan konten berupa tulisan yang disisipi oleh gambar dan video dan membentuk sebuah artikel. Nah, dengan artikel tersebut anda dapat meraih keuntungan.

Dalam menjual unit barang, dapat anda promosikan lewat blog. Caranya, anda bisa melakukan review dan testimoni percobaan produk untuk menarik minat beli konsumen.

3. Media Sosial

Dengan banyaknya pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook, memperbesar peluang anda untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Pembuatan akun yang gratis menjadi nilai tambah bagi anda untuk memanfaatkan platform tersebut. Tentu saja, itu semua juga tergantung banyaknya jumlah followers anda, serta teknik marketing yang anda gunakan.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Untuk ikut terjun dalam penerapan promosi dengan cara digital marketing, sebelumnya, anda mesti tahu terlebih dahulu jenis-jenisnya agar dapat bertahan dari ketatnya persaingan bisnis. Jenis-jenis digital marketing tersebut, diantaranya:

1. SEO

Search Engine Optimization atau yang sering disebut teknik SEO merupakan cara agar peringkat website dapat berada pada halaman pertama google.

Taktik SEO sangat layak dipraktekkan oleh semua pelaku bisnis. Mulai dari website hingga para blogger yang ingin artikelnya berada dalam halaman pertama, patut mengedepankan teknik SEO.

2. SEM

Search Engine Marketing Yang disingkat SEM merupakan cara pelaku bisnis dalam melakukan promosi dengan cara beriklan atau berbayar. Cara ini sangat efektif karena bisa dilakukan secara cepat.

Dengan beriklan, biasanya jaringan periklanan tempat anda menaruh website akan mencari target sasaran yang sesuai dengan jenis produk anda.

3. Video Marketing

Youtube, instagram reels dan Tiktok, ketiga media sosial tersebut, cocok untuk memprosikan produk melalui postingan video. Anda dapat melakukan review hingga tutorial mempraktekkan langsung cara penggunaannya.

4. Email Marketing

Saat ini, kebanyakan orang sudah memiliki email. Dengan begitu, anda dapat memanfaatkan surel ini untuk menjangkau pasar secara efektif dan tepat sasaran.

Anda dapat membuat daftar email calon customer anda, lalu dengan teknik email marketing yang baik, buatlah mereka tertarik dengan ajakan anda.

5. Affiliate Marketing

Cara ini biasanya dilakukan perusahaan untuk menarik para konsumen baru untuk bergabung dan aktif pada bisnis mereka. Anda dapat menggunakan link atau kode referral, dan merayu mereka dengan adanya diskon atau promo menarik.

Affiliate Marketing dapat memaksmialkan pendapatan dari customer baru yang datang dengan mengeluarkan biaya yang rendah.

Manfaat Digital Marketing

Bukan tanpa alasan para pelaku bisnis membuat strategi marketing dengan memanfaatkan dunia digital. Tentu mereka sudah melakukan survey dan mengetahui kelebihan yang diperoleh jika menggunakan strategi ini.

Untuk manfaat yang dapat diberikan diantaranya:

1. Efektif Dalam Mendapatkan Audiens

Dengan digital marketing, anda dapat mengidentifikasi target audiens berdasarkan minat, umur, dan hal lainnya sehingga cara anda melakukan teknik promosi lebih efektif dibandingkan cara konvensional.

2 Minim Biaya

Dengan digital marketing, anda dapat mempromosikan produk anda dengan biaya yang minim. Contohnya saja jika promosi lewat media sosial yang bisa dibuat secara gratis.

Bisa juga dengan affiliate marketing, dengan menghadiahkan mereka reward atau komisi, tentu mereka lebih giat dan gencar menyebarkan link atau refferal code dari bisnis anda.

3. Cepatnya Pelaksanaan

Saat ini, promosi menggunakan brosur mungkin sudah dianggap usang. Pelaku usaha lebih suka menyebarkan informasi produk lewat internet. Apalagi, jika menggunakan iklan, tentu produk anda akan cepat dikenal secara luas.

4. Evaluasi Produk

Anda juga dapat melakukan evaluasi, jika produk dirasa kurang signifikan penjualannya. Terdapat tools yang dapat membantu anda, contohnya google analytic. Dengan tools ini anda dapat melihat grafik penonton yang melihat konten postingan produk anda.

Nah, itulah ulasan lengkap seputar digital marketing. Dengan mengetahui arti, contoh, jenis, beserta manfaatnya, tentu bagi anda yang ingin memulai membuka peluang usaha, akan mempertimbangkan digital marketing.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Apa Itu Digital Marketing dan Contohnya Untuk Strategi Bisnis"