Apa Itu Algoritma Youtube dan Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Menambah View


Anda yang memiliki channel youtube, tentu ingin mengembangkannya hingga berhasil di monetisasi. Terlebih, youtube sangat royal membayar para konten kreatornya, dan memperoleh penghasilan tambahan yang mungkin lebih besar dari gaji yang anda terima dari kerja di dunia nyata.

Namun, untuk mencapai itu semua, anda tidak bisa mengupload video sembarangan. Anda harus memahami bagaimana caranya agar konten anda berhasil viral dan memperoleh banyak penonton.

Kuncimya, ada di algoritma youtube. Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara algoritma bekerja, anda akan cepat di monetisasi dan mendapatkan uang.

Sebagaimana kita tahu, bahwa syarat untuk lolos monetisasi youtube, pihak adsense mengharuskan anda untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Agar cepat mencapai titik tersebut, mulai sekarang anda harus mempelajari tentang algoritma youtube.

Apa Itu Algoritma Youtube

Secara sederhana algoritma youtube bisa diartikan sebagai tampilan penelusuran video berdasarkan kriteria dari penonton.

Sedikitnya terdapat 500 jam video baru yang diunggah ke youtube per menit. Untuk mendapatkan video yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang diketik, youtube akan menyeleksi video dan mensortir hingga mendapatkan video yang paling relevan.

Untuk melakukan hal tersebut, terciptalah suatu algoritma yang membantu anda mendapatkan video yang dibutuhkan.

Manfaat Algoritma Youtube

Anda yang memiliki video dan menguploadnya ke youtube, tentu ingin banyak yang menonton. Karena itulah, algoritma membantu anda dalam mendapatkan view.

Algoritma youtube memiliki manfaat untuk mencarikan penonton video yang sesuai berdasarkan apa yang mereka inginkan. Jadi, video yang anda upload harus memiliki manfaat jangka panjang untuk penonton. Artinya, target anda bukanlah youtube, melainkan viewer.

Cara Menambah Traffic View Lewat Algoritma Youtube

Algoritma beberapa kali mengalami perubahan. Untuk itu, anda harus mendapatkan informasi tersebut dan mempelajari cara algoritma berdasarkan waktu.

Algoritma juga berfungsi bagi para konten kreator untuk mendapatkan traffic view. Berikut cara menggunakan algoritma untuk menambah traffic kunjungan.

1. Upload Video Sesuai Niche

Sebaiknya anda membuat konten video berdasarkan niche. Penonton yang menemukan video anda di beranda youtube, jika mereka tertarik mereka akan kembali datang atau melihat profil anda dan menemukan konten sejenis.

Contoh, jika anda seorang gamer maka anda mendapatkan penonton yang memiliki minat akan game. Lalu, jika anda beralih dan mengupload video tutorial memasak, belum tentu penonton setia anda akan mengklik video tersebut.

2. Pelajari SEO

Bukan hanya blog, SEO juga dimanfaatkan untuk menarik jumlah traffic youtube. Anda harus mengoptimalkan SEO tersebut agar menarik banyak visitor.

Banyak cara untuk menggunakan SEO. Anda dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan tools, atau menambahkan tag yang sesuai dengan video anda.

3. Pakai Thumbnail yang Menggoda

Fungsi thumbnail bukan sekedar untuk memperindah sampul video. Tetapi juga untuk menjadi "penggoda" untuk menarik penonton mengklik video.

Untuk membuat thumbnail yang lebih menarik, anda bisa gunakan gambar disertai teks yang menjelaskan isi konten anda. Kalau bisa, hindari clikbait yang berlebihan. Sebab, jika penonton anda tidak suka, mereka mungkin tidak akan melihat video anda yang lain.

4. Balas Komentar Penonton

Video yang anda buat tentu terdapat pertanyaan dari penonton, jika mereka belum paham akan konteks video. Dengan membalas pertanyaan tersebut, akan memberikan nilai positif bagi video anda.

Dengan interaksi dua arah tersebut, Hal itu juga berdampak dari tingginya engagement yang anda miliki.

5. Pastikan Penonton Melihat Video Sampai Selesai

Untuk memastikan hal tersebut, terdapat trik yang bisa digunakan. Misalkan pada saat opening, jangan mengucapkan kata yang terlalu panjang, berulang, hingga membuat penonton merasa tidak nyaman. Karena baru opening saja sudah bertele-tele.

Usahakan membuat konten dengan durasi yang pas, dalam artian tidak terlalu panjang dan pendek.

Buat video yang menarik dengan menyisipkan backsound. Gunakan bahasa yang luwes dan jelas agar penonton tidak cepat mengakhiri video.

Kalau perlu, gunakan subtitle. Sebab, ini untuk mengantisipasi suara anda yang kurang jelas, atau membantu penonton yang memiliki masalah pada speaker perangkat.

Itulah, beberapa langkah yang dapat anda maksimalkan untuk memperoleh jumlah view yang banyak berdasarkan algoritma youtube.

Sebagai konten kreator, Algortima ini sangat penting untuk menjaga channel youtube anda agar berkembang.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Algoritma Youtube dan Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Menambah View"