Tips dan Trik Mengatasi Gangguan Suara Headset Bluetooth Saat Bermain Game di HP

Sumber: Pixabay

Main game itu enaknya pakai headset, agar suara in game terdengar jelas ditelinga. Kejernihan suara yang dihasilkan serta ngebass ketika didengar, memberikan kenyamanan saat asyik bermain game.

Headset yang digunakan memiliki dua jenis, baik dengan dan tanpa kabel. Headset dengan menggunakan kabel seakan kurang leluasa memakainya. Sebab, gerakan kepala dapat menyebabkan kabel tertarik.

Berbeda dengan headset bluetooth. Memakai headset bluetooth dengan teknologi wireless, bermain game di hp terasa lebih bebas. Main game sambil duduk, rebahan, atau berdiripun dapat dilakukan, karena tidak ada kabel yang menghalang.

Akan tetapi, memakai headset bluetooth juga memiliki masalah. Terkadang, suara yang dihasilkan mengecil, ngelag, atau delay.

Padahal, kita butuh suara yang jelas dalam bermain game di hp. Terlebih, jika game yang dimainkan itu kategori perang seperti PUBG Mobile. Kita membutuhkan suara yang akurat untuk memaksimalkan insting saat bermain game.

Penyebab Gangguan Suara yang dihasilkan Headset Bluetooth

Bermain game di hp dengan suara yang enak didengar dalam in game, memberikan pengalaman berharga saat melakukan permainan. Namun terkadang, timbul gangguan-gangguan yang membuat "mood jelek" saat ngegame.

Gangguan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Hp sudah berumur (jadul)
  • Headset Bluetooth cuma support bluetooth 2.0
  • Headset bluetooth tidak mendukung profile A2DP dan aptX
  • Jarak Hp dan Headset kejauhan
  • RAM Hp yang sangat kecil, padahal game yang dimainkan tergolong berat
  • Ada perangkat lain yang memotong sinyal bluetooth, sehingga koneksi terganggu
  • Aplikasi lain masih berjalan, sehingga melemahkan kekuatan sinyal 

Faktor-faktor diatas dapat mengganggu suara headset bluetooth ketika game dijalankan. Mungkin juga, masih ada faktor lainnya yang menghambat transmisi sinyal bluetooth ke hp.

Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Mengecil, Delay, dan Ngelag    

Sumber: Pixabay

Untuk mengatasi masalah suara yang dihasilkan oleh headset, saya akan coba membagikan tips dan trik atas permasalahan ini.

1. Ganti HP

Sebelum mengutak-atik headset, lihat dulu hp yang dipakai. Kalau perangkat yang digunakan hp model lama, dan memiliki spesifikasi rendah, disarankan untuk ganti hp terlebih dahulu.

Contohnya, kapasitas RAM yang dimiliki hp sangat rendah, sementara game yang dimainkan pada hp memiliki ukuran besar seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Percuma saja, kita sudah pusing-pusing berpikir keras, sambil bolak-balik headset, ternyata permasalahannya terletak pada kondisi hp yang tidak mendukung teknologi terbaru.

2. Beli Headset Bluetooth Support A2DP dan aptX

Pastikan headset bluetooth yang dibeli sudah support A2DP dan aptX. Sebab, rata-rata smartphne sudah semakin canggih dengan keluaran model terbaru, maka profile bluetooth ini sudah menjadi standar untuk terkoneksi dengan smartphone.

Gunakan juga aplikasi bluetooth audio widget untuk merubah profil bluetooth pada handphone. Aplikasinya dapat diinstall melalui playstore. Setelah terpasang, masuk ke aplikasinya dan pilih bagian manage.

Nanti tampilan layar akan terlihat jenis profile bluetooth yang disupport. Kita pilih saja A2DP atau aptX. Coba mainkan gamenya, nanti akan terasa kejernihan suara yang dihasilkan.

3. Atur Jarak Hp dengan Headset

Pastikan posisi hp dengan headset tidak terlampau jauh. Sebenarnya, headset bleutooth dapat dimaksimalkan sinyalnya hingga jarak maksimal 10 meter.

Namun, lazimnya untuk dapat audio terbaik, atur jarak kurang dari 1 meter. Tapi, umumnya masalah ini hanya terjadi ketika mendengarkan musik lewat hp dan pakai headset bluetooth.

Baca juga: Headphone Sport Nirkabel Terbaik: Agar Tidak Terlepas Saat Berolahraga

Sementara, dalam bermain game di hp tidak masalah. Sebab, prakteknya tidak mungkin anda memainkan game hp di teras rumah, sementara headset berada didalam rumah.

4. Menjauh dari Koneksi Bluetooth Perangkat Lain

Gangguan sinyal audio bisa juga terjadi akibat perangkat lain. Dimana ketika bermain game menggunakan headset bluetooth, ternyata ada teman yang menghidupkan bluetooth di hp miliknya ketika berdekatan dengan kita.

Pastikan menjauh dari perangkat tersebut atau suruh teman anda mematikan bluetoothnya. Sebab akan mengganggu sinyal audio dan membuat suara menjadi patah-patah.

5.Gunakan Kuota dalam Bermain Game

Dalam beberapa kasus terjadi gangguan suara diakibatkan oleh penggunaan Wifi. Mungkin, ini dapat terjadi karena banyaknya perangkat yang menggunakan wifi disaat bersamaan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kuota yang Tidak Bisa Digunakan

Kalau terjadi demikian, coba anda beralih menggunakan kuota internet. Biasanya kuota internet lebih memberikan kelancaran sinyal saat bermain game.

6. Tutup Aplikasi Lain yang Masih Berjalan

Aplikasi yang terbuka saat hendak bermain game dapat memberatkan RAM dan mengganggu sistem. Hal itu berakibat audio akan terganggu saat menggunakan bluetooth.

Kalau perlu gunakan game booster untuk meningkatkan performa hp, agar game lebih smooth saat dimainkan. Cara ini juga berdampak pada kelancaran pengiriman sinyal audio dari headset menuju handphone.  

7. Matikan dan Hidupkan Kembali Bluetooth

Cara terakhir bisa dengan mematikan terlebih dahulu bluetooth, lalu menghidupkannya kembali. Opsi ini bisa dicoba ketika gangguan suara terjadi secara terus-menerus.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Bluetooth yang Tidak Terdeteksi di Windows 10

Reset bluetooth dapat dipilih untuk mengoptimalkan kembali sinyal audio yang bermasalah. Cara ini, bertujuan agar koneksi sinyal pulih seperti semula.

Sumber: Pixabay

Itulah cara-cara yang dapat dicoba, jika terkendala gangguan audio pada headset bluetooth. Gangguan tersebut mengakibatkan suara headset jadi kecil, delay, dan putus-putus. 

Tips dan trik diatas memang tidak memberikan jaminan keberhasilan 100 persen. Namun, tidak ada salahnya mencoba untuk memperbaiki konektivitas sinyal audio.

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Mengatasi Gangguan Suara Headset Bluetooth Saat Bermain Game di HP"