Tata Cara Melakukan Cancel Orderan Gojek

Disini, siapa yang belum tahu dengan gojek?. Salah satu perusahaan start up raksasa di Indonesia ini, begitu populer dikalangan masyarakat dalam bidang transportasi online.

Gojek yang awalnya hanya hadir di kota-kota besar, kini mulai melakukan ekspansinya secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Sebab, masyarakat sangat dipermudah dengan aplikasi gojek yang memberikan berbagai macam fitur kepada penggunanya.

Mulai dari go ride, go food, dan masih banyak lagi. Gojek juga memiliki dompet digital yaitu gopay, yang berguna untuk melakukan pembayaran, seperti order aplikasi. Ataupun untuk membayar kebutuhan lain, seperti keperluan blogging untuk beli domain, dan template.

Tahapan Untuk Melakukan Cancel Order Gojek

Pernah terjadi, pada saat anda telah melakukan order gojek, tetapi mendadak anda mendapatkan informasi untuk melakukan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Dengan terpaksa anda mesti mengcancel orderan yang telah dipesan. Untuk melakukan pembatalan, ada dua kondisi, dimana anda telah mendapatkan driver atau pembatalan dilakukan sebelum berhasil mendapatkan driver.

Baca juga: Fenomena Startup di Indonesia

Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan bagaimana caranya anda melakukan cancel orderan, baik sebelum maupun setelah mendapatkan driver.

Cancel Gojek Sebelum Mendapatkan Driver

Kondisi pertama dimana anda melakukan pembatalan, namun ketika anda belum mendapatkan driver.

Kalau anda ingin membatalkan orderan akibat adanya keperluan mendadak yang tidak bisa ditinggalkan, maka anda dapat mengcancel orderan dengan tahapan berikut ini:

  • Open aplikasi gojek dan pilih menu "pesanan saya"
  • Tentukan orderan yang hendak dibatalkan
  • Tekan tombol "batalkan pesanan" yang berada di bawah rincian pesanan
  • Anda akan diminta untuk memberikan alasan kenapa pesanan yang anda pilih dibatalkan, tentukan salah satu alasan yang diminta.
  • Selanjutnya klik tombol kirim
  • Terakhir, pesanan anda telah dibatalkan dan uang yang telah anda bayar akan segera dikembalikan ke dalam saldo gopay sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

Namun, biasanya ketika anda melakukan order, waktu yang dibutuhkan sangat singkat. Karena sistem aplikasi dengan cepat menginfokan para driver terdekat dengan titik lokasi anda.

Oleh karena itu, sebaiknya segera lakukan pembatalan orderan, jika anda tidak ingin melanjutkan orderan go ride. Supaya anda dapat menghindar dari biaya pembatalan yang lebih tinggi lagi.

Cancel Gojek Setelah Mendapatkan Driver

Anda sebenarnya dapat melakukan cancel orderan gojek sebelum mendapatkan driver. Namun, karena saking cepatnya sistem aplikasi, membuat gojek telah terlanjur duluan memberitahukan driver untuk ambil pesanan.

Jika kondisinya demikian, anda tetap dapat melakukan pembatalan order via aplikasi.

Namun, sebelum itu anda semestinya menghubungi driver gojek yang telah mengambil pesanan anda. Bisa dilakukan melalui chatting, SMS, ataupun nomor whatsapp.

Konfirmasikan pembatalan orderan, beserta alasannya. Tindakan ini sebagai bentuk etika dari anda, agar driver mengerti dan menerima pembatalan dengan ikhlas.

Setelah anda mengirimkan chat kepada driver, langkah selanjutnya bisa anda ikuti sebagai berikut:

  • Open App gojek, lalu masuk kedalam menu "pesanan saya"
  • Pada menu layar mendapat driver, scroll tampilan ke atas, sampai anda menemukan detail rincian transaksi, meliputi titik lokasi anda dan tujuan, serta tata cara pembayaran
  • Selanjutnya klik tombol "batalkan pesanan"
  • Anda akan dikirimkan notifikasi untuk segera mengkonfirmasi pembatalan orderan
  • Tentukan alasan mengapa anda ingin cancel orderan, lalu klik tombol "ya" sebagai bentuk konfirmasi pembatalan
  • Maka, pesanan gojek telah dibatalkan

Ingat, akibat pembatalan ini, anda akan dikenakan biaya sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak gojek.

Demikianlah informasi mengenai cara melakukan pembatalan orderan gojek. Bisa melakukan cancel baik sebelum maupun sesudah anda mendapatkan driver.

Perlu diingat, jika sudah mendapatkan driver, dan ingin membatalkannya, segera menghubungi driver dengan santun beserta alasannya, untuk menghindari kekecawaan dan kesalahpahaman antara customer dengan pihak driver. 

Posting Komentar untuk "Tata Cara Melakukan Cancel Orderan Gojek"