Penyebab Mobile Legends Stuck Loading dan Cara Mengatasinya

Mobile Legends, ML, Esport, MOBA,

Mobile Legends menjadi salah satu game yang paling banyak peminat di Indonesia. Berbagai event yang diselenggarakan mulai dari turnamen esport hingga pagelaran para cosplayer yang menampilkan aksi dengan kostum ala karakter game tersebut.

Game android berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi di Indonesia. Hal ini disebabkan banyaknya para streamer maupun konten kreator yang mengupload video aksi mereka saat ngegame.

Namun, ketika ingin login kedalam game tersebut, terkadang mobile legends hanya stuck di fase loading. Hal ini lantas membuat gamer sangat kesal bahkan frustasi, serta ingin mencari tahu apa penyebab dari masalah loading ini.

Penyebab Mobile Legends Stuck Loading

Terdapat berbagai macam alasan yang menyebabkan game mobile legends hanya stuck pada saat fase loading, hingga anda gagal untuk login ke dalam game.

Penyebab hal tersebut diantaranya:

1. Server Down

Ketika adanya update patch terbaru di dalam game Mobile Legends, masalah ini sering muncul pada server. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya user yang sedang melakukan proses download patch disaat yang bersamaan. 

Akan tetapi, sebenarnya masalah ini jarang terjadi. Sebab pihak moonton selaku developer selalu memantau server mereka secara rutin.

2. Gangguan Sinyal Provider

Beberapa user kerap mengkambing hitamkan provider sebagai biang dari masalah ini. Sinyal yang lemah mereka anggap menjadi penyebab gagal login.

Baca juga : Temukan Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Bukan hanya itu, pada saat war pun jika koneksi tidak stabil membuat game jadi ngelag.

3. Memori Penuh

Developer beberapa kali melakukan update di setiap season. Ketika data update didownload, terkadang jumlah datanya besar. Lantas, membuat memori internal penuh.

Sehingga performa handphone menurun, dan membuat anda tidak bisa masuk untuk memainkan game ini.

4.  HP Tidak Mendukung

Update yang sering dilakukan moonton memang bagus untuk mempercantik tampilan gameplaynya. Namun, disisi lain membuat data yang tersimpan semakin banyak. Jadi, anda mesti membersihkan RAM agar kapasitas RAM kembali lega.

Ketika anda hanya memiliki handphone kentang, hal ini jelas akan mengganggu anda ketika memainkannya. Bahkan, bisa saja untuk login pun tidak dapat melakukannya.

5. Menggunakan Mod APK

Mod APK merupakan aplikasi atau game illegal yang dikembangkan oleh developer tak resmi. Mungkin fitur yang ditawarkan lebih menarik perhatian anda, dan membuat anda lebih nyaman menggunakan mod.

Namun, ini berakibat gagalnya anda untuk melakukan login. Sebab, akan merusak dan mengacaukan sistem yang terdapat dalam game.

Tips Mengatasi Masalah Stuck Loading Pada Game Mobile Legends

Stuck loading memang sangat meresahkan para gamer. Terlebih jika itu adalah game favorit nomor satu bagi anda. 

Namun, jangan panik. Masalah ini masih bisa teratasi dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Restart Device

Cara termudah yang anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada device yang anda gunakan terlebih dahulu. Lakukan cara ini agar game melakukan reset dan kembali seperti diawal permainan.

2.  Force Closed Mobile Legends

Cara ini juga bisa jadi opsi agar anda dapat terhubung kedalam permainannya. Anda harus memberhentikan game secara paksa atau force closed agar game dapat membaca sistem kembali.

3. Ganti Sinyal

Ketika anda browsing memakai wifi, tidak ada masalah karena wifi sangat kencang. Namun, lain halnya saat bermain game memakai wifi. Kerap kali sinyal wifi tidak stabil.

Kalau terjadi masalah ini, coba anda beralih menggunakan paket data dari sinyal provider anda. Siapa tahu anda berhasil masuk kedala gameplaynya.

4. Hapus Data Game Terlebih Dahulu

Seringkali montoon melakukan update dan membuat penyimpanan data hampir penuh. Hal ini sering terjadi jika device yang dimiliki berkualitas rendah.

Mau gak mau anda wajib menghapus datanya terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak stuck pada saat loading in game.

5. Install Ulang

Jika semua cara yang telah dicoba tidak dapat membantu menyelesaikan masalah yang anda hadapi, Anda mungkin perlu menginstall ulang game Mobile Legends.

Ini menjadi langkah terakhir yang dilakukan. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh file Mobile Legends yang rusak, karena seluruh file yang rusak akan digantikan dengan file baru saat anda menginstall ulang game atau melakukan re-install. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Mobile Legends Stuck Loading dan Cara Mengatasinya"