Fitur-Fitur Twitter Blue : Khusus Bagi Anda Pengguna Twitter Premium


Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling populer dan memiliki banyak pengguna aktif. Twitter juga sering disebut sebagai platform yang memberikan kebebasan berpendapat.

Sejak ditasbihkannya Elon Musk menjadi pemilik Twitter, platform media sosial ini kembali memberikan kebijakan untuk memungkinkan beberapa akun yang sebelumnya telah diblokir agar kembali terlibat di dalamnya.

Twitter saat ini menggunakan dua versi, yaitu versi biasa dan premium. Salah satu layanan twitter premium yang saat ini sedang hangat diperbincangkan, ialah mengenai twitter blue. Ada yang tahu twitter blue?

Apa Itu Twitter Blue

Twitter Blue adalah salah satu pengembangan dari Twitter yang menawarkan layanan premium dengan cara berlangganan.

Meskipun Twitter Blue telah ada selama beberapa bulan belakangan, namun kehadirannya dianggap kurang populer dibandingkan dengan fitur gratis yang tersedia di platform tersebut.

Walaupun, Twitter Blue masih bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menikmati fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratisnya.

Salah satu fitur yang didapat dari Twitter Blue yaitu video singkat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video pendek yang diunggah oleh pengguna lainnya. Fitur ini mirip dengan unggahan TikTok dan Reels di Instagram.

Twitter juga telah memperbarui durasi video yang dapat diunggah hingga 60 detik dengan resolusi 1080p.

Pengguna yang menggunakan perangkat iOS maupun Android dapat mengupload video dengan ukuran maksimal 512 MB dan akan mendapatkan dukungan resolusi 1080p yang akan meningkatkan kualitas konten yang mereka unggah.

Centang Biru Twitter Blue

Seperti yang telah dikatakan diatas, Pengguna twitter akan mendapatkan tanda centang biru di akun mereka, yang biasanya diberikan kepada orang-orang terkenal seperti artis atau musisi.

Tanda centang biru juga menandakan bahwa akun tersebut telah diverifikasi secara independen oleh Twitter sebagai pemilik aslinya. 

Tanda centang biru di Twitter sekarang dapat berarti dua hal yang berbeda. Pertama, tanda centang biru dapat menandakan bahwa akun telah diverifikasi oleh Twitter sebagai akun yang aktif dan asli.

Kedua, tanda centang biru juga dapat menandakan bahwa pemilik akun tersebut berlangganan Twitter Blue, yaitu layanan berlangganan premium yang ditawarkan oleh Twitter.

Fitur-Fitur Premium Twitter Blue

Selain mendapatkan tanda centang biru, pengguna yang berlangganan Twitter Blue juga akan mendapatkan akses ke beberapa fitur tambahan. Fitur-fitur premium ini dapat membantu meningkatkan kualitas percakapan di Twitter dan memudahkan penggunaan aplikasi.

Fitur-fitur premium tersebut seperti kemampuan untuk mengubah warna tema aplikasi, menyimpan tweet untuk diakses nanti, membatalkan retweet, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini:

1. Fitur Bookmark

Bookmark folder adalah fitur yang tersedia dalam Twitter Blue yang memungkinkan Pengguna dapat menyimpan tweet yang ingin mereka baca kembali di kemudian hari.

Pengguna dapat membagi dan mengatur tweet yang telah di-bookmark ke dalam folder. User twitter blue dapat menambahkan sebanyak mungkin tweet ke dalam bookmark folder ini tanpa batasan.

2. Tema

Fitur Tema tersedia dalam Twitter Blue yang memungkinkan anda yang berlangganan untuk memilih dari opsi penuh warna untuk tema aplikasi.

Pengguna dapat mengekspresikan diri dengan cara menerapkan tema yang dipilih untuk mengubah tampilan aplikasi sesuai dengan selera mereka.

3. Kustom Navigasi

Dengan melakukan kustom navigasi, maka anda bisa menerapkan fitur yang membuat user untuk menampilkan item apa saja yang ada di bar navigasi atau tombol menu navigasi yang muncul di bawah.

Pengguna twitter blue dapat memilih setidaknya 6 item yang dapat dilakukan kustom sehingga muncul di bar navigasi.

4. Kustom Icon Aplikasi

Custom app icons adalah fitur yang memungkinkan pengguna twitter blue premium yang berlangganan untuk melakukan kustomisasi icon aplikasi.

Anda dapat memilih dari beberapa opsi warna yang menarik untuk icon aplikasi dan dapat rutin memeriksa untuk mengetahui tampilan baru yang tersedia dalam waktu terbatas.

5. Fitur Reader

Salah satu lainnya yang didapat dari twitter blue adalah Reader. Fitur ini memungkinkan anda untuk merubah tampilan thread yang panjang menjadi lebih cantik. 

Anda dapat mengaktifkan fitur Reader dengan menyentuh icon Reader pada bagian atas thread, serta bisa juga dengan cara mengubah ukuran teks.

6. Tidak Ada Iklan

Dengan berlangganan twitter blue, maka anda akan mendapatkan kenyamanan karena tidak akan ada iklan yang ditampilkan.

Dengan ini, user premium dapat mengakses twitter tanpa adanya gangguan dari iklan yang kerap muncul pada saat menggunakan twitter biasa.

7. Undo Re-Tweet

Fitur unik lainnya yang disediakan twitter blue adalah fitur Undo Re-Tweet. Fitur ini membuat user dapat menarik tweet atau cuitan setelah terkirim, sebelum dibaca oleh orang lain.

Ini berbeda dengan tombol edit, tetapi memberikan kesempatan untuk melihat pratinjau dan merevisi tweet sebelum diposting. Setelah periode Undo Tweet berakhir, tweet tersebut akan kembali dapat dilihat oleh follower anda. 

8. Artikel Top

Artikel Top dikatakan fitur yang menyediakan shortcut agar dapat menampilkan artikel yang paling banyak dishare di internet.

Top articles otomatis menampilkan artikel-artikel yang paling banyak dishare oleh akun yang diikuti pengguna dan yang diikuti oleh akun tersebut. Sehingga, anda dapat dengan mudah mencari konten yang ingin dibaca.

Baca juga: Fitur-Fitur Keren Google Chrome yang Wajib Anda Ketahui

Selain fitur-fitur di atas, twitter blue juga menawarkan fitur eksperimental yang belum dirilis kepada pengguna yang berlangganan.

Beberapa contoh fitur eksperimental yang tersedia adalah menyematkan percakapan DM dan mengunggah video ke Twitter dengan durasi yang cukup panjang, berkisar 10 menit.

Fitur eksperimental ini memberikan kesempatan bagi anda untuk mencoba fitur baru sebelum dirilis secara resmi dan memberikan masukan kepada Twitter tentang fitur tersebut.

Kawasan Pengguna Twitter Blue

Menurut saya, kehadiran Twitter Blue dan fitur-fitur menariknya dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna yang berlangganan.

Selain tanda centang biru, fitur seperti kemampuan untuk mengubah warna tema aplikasi, menyimpan tweet untuk diakses nanti, dan membatalkan retweet dapat membantu meningkatkan kualitas percakapan di Twitter dan memudahkan penggunaan aplikasi.

Twitter Blue tersedia untuk pengguna di beberapa negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Rencananya, juga ada untuk memperluas layanan ini ke negara lain di seluruh dunia.

Sayangnya, Indonesia belum termasuk negara yang dapat berlangganan twitter blue tersebut. Semoga layanan ini akan masuk ke Indonesia secepatnya, agar user twitter lokal dapat menggunakan fitur premium.  

Apakah fitur Twitter Blue ini membuat Anda tertarik untuk berlangganan ketika tersedia di Indonesia? Itu semua tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna.

Namun, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Twitter Blue tampaknya dapat memberikan manfaat bagi pengguna yang ingin meningkatkan pengalaman mereka di Twitter.

Soal harga twitter blue, Fitur ini tersedia mulai dari harga $8 dolar AS per bulan untuk versi android dan $11 dolar AS per bulan untuk versi iOS.

Posting Komentar untuk "Fitur-Fitur Twitter Blue : Khusus Bagi Anda Pengguna Twitter Premium"