Microsoft Segera Luncurkan Fitur Tab Pada Notepad



Jika anda memiliki laptop atau pc dengan menggunakan sistem operasi windows, maka perangkat anda terdapat program aplikasi notepad. Aplikasi berlogo buku catatan ini tersedia untuk mempermudah kegiatan anda.

Notepad ini tampilannya memang simpel dan sederhana. Namun, tak lantas membuat orang tak tertarik pada notepad. Justru notepad sangat diperlukan penggunanya, sebab notepad mampu membuat pengguna laptop melakukan beberapa macam hal.

Mulai dari membuka teks, melakukan editing teks, bahkan sebagai sarana untuk menyimpan teks dan bertujuan dalam pembuatan coding.

Apa Itu Notepad

Secara sederhana, notepad bisa diartikan sebagai aplikasi default dari suatu sistem operasi windows untuk membuat catatan kecil berupa teks dan dapat diedit kembali.

Dalam arti lebih luas, notepad merupakan software sederhana bawaan windows yang membuat anda dapat membuka dan mengedit file berbentuk teks polos dengan format file.txt.

File teks polos yang dimaksud, berarti tulisan tersebut tanpa adanya format apapun. Baik itu bold, italic, maupun berwarna. Notepad juga tidak bisa digunakan untuk membuka gambar atau foto. 

Banyak yang dapat dilakukan dengan menggunakan notepad ini. Salah satunya, notepad berfungsi untuk menyimpan dan menulis catatan-catatan berbentuk HTML.

Fitur Tab Pada Aplikasi Notepad

Saat ini, notepad hanyalah aplikasi biasa untuk menyimpan tulisan, dimana aplikasi tersebut berjenis single tab. Namun, baru-baru ini beredar kabar jika nantinya pihak microsoft akan merilis fitur baru dalam aplikasi notepad.

Baca juga: Microsoft Rilis Designer, Aplikasi Desain Layaknya Canva

Microsoft tampaknya akan menambah fitur tab pada notepad. Dimana, nantinya kita dapat menambah tab untuk mengedit teks di notepad. Fitur baru ini isunya bakal hadir dalam OS Windows 11.

Kabar ini beredar oleh salah satu karyawan microsoft dalam cuitan twitternya tentang rencana microsoft untuk menambah fitur tab dalam aplikasi notepad.


Jadi, dengan fitur new tab pada notepad, anda tidak perlu lagi membuka jendela notepad baru untuk membuat catatan. Berarti, hal ini mirip dengan penggunaan browser google chrome.

Dengan penambahan tab, berarti kita tidak perlu lagi membuka dua notepad, yang memperberat kinerja laptop. Artinya, penambahan fitur tab membuat microsoft membantu penggunanya dalam pemakaian notepad.

Akan tetapi, tak lama berselang unggahan twitter tersebut telah lenyap. Mungkin akibat teguran dari atasannya dan membuat karyawan tersebut menghapus cuitannya.

Namun yang jelas, kabar tersebut telah ramai diperbincangkan dimedia sosial, termasuk microsoft forum. Dan bisa saja, penambahan fitur tersebut memang benar dan bakal diliris tahun 2023.

Kelebihan Notepad

Notepad sejatinya memilki fungsi yang memudahkan anda dalam melakukan pengeditan teks. Berikut diantaranya:

1. Tampilan yang Sederhana

Kalau dilihat, notepad memiliki interface yang sederhana dan simpel yang membuat orang awam pun dapat mengutak-atiknya. Sebab, tampilannya polos dan tidak membingungkan.

2. Support dengan Sistem Operasi Apapun

Notepad kompatibel dengan sistem operasi manapun. Jadi, jika anda menggunakan laptop dengan operation system selain windows, notepad tetap dapat dijalankan.

3. Editing Kode

Notepad sangat membantu para programmer. Karena notepad bisa dipakai dalam pembuatan kode program. Bahkan, aplikasi ini cocok bagi pemula yang ingin belajar coding.

4. Dapat dikustomisasi

Anda dengan mudah dapat merubah tampilan font, ukuran teks, serta warna sesuai yang dibutuhkan pada notepad.

5. Gratis

Gak kalah pentingnya, aplikasi notepad tersebut tersedia secara gratis. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun untuk membeli aplikasi serupa.

Kekurangan Notepad

Disisi lain, notepad tentu juga memiliki kekurangan. Salah satunya, aplikasi ini tidak tersedia fitur spell check. Fitur ini berfungsi untuk memeriksa kesalahan tulisan atau typo. Jadi, anda tidak dapat memeriksa ejaan di notepad.

Selain itu notepad tidak dapat memuat gambar. Karena notepad hanya memiliki tampilan teks polos saja.

Posting Komentar untuk "Microsoft Segera Luncurkan Fitur Tab Pada Notepad"