Fitur-Fitur Keren Google Chrome yang Wajib Anda Ketahui

Google, chrome

Ketika anda berselancar didunia maya untuk mengakses situs tertentu, terdapat berbagai pilihan browser yang digunakan untuk menjelajahi website. Salah satunya adalah google chrome.

Google chrome merupakan alat peramban web dan menjadi salah satu bagian dari produk google. Google Chrome terdapat berbagai extension yang bisa anda tambahkan untuk memudahkan anda saat menggunakan browser.

Fitur-fitur yang dimiliki chrome meliputi, bookmark, pencarian navigasi, dan history. Dan juga, chrome memiliki fitur lain yaitu dark mode atau mode gelap.

Disinyalir, mode gelap dapat menghemat baterai device yang digunakan dibandingkan dengan penggunaan mode terang. Selain itu, mode gelap digemari sebagian pengguna, sebab lebih nyaman untuk dilihat mata.

Fitur-Fitur Google Chrome yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Selain fitur-fitur diatas, chrome juga memiliki fitur-fitur menarik yang mungkin sebagian dari anda belum mengetahuinya. Fitur tersembunyi ini wajib anda temukan demi mempermudah pemakaian browser google chrome.

Fitur-fitur tersebut diantaranya:

1. Fitur Incognito di Google Chrome

Fitur Incognito atau private window merupakan mode windows untuk mengakses internet dan memungkinkan anda melakukan browsing tanpa menyimpan riwayat atau cookie.

Biasanya, anda menggunakan mode incognito jika anda tidak ingin meninggalkan jejak atau menyimpan informasi pribadi pada saat menjelajahi internet.

Incognito, chrome, browser, google

Untuk mengaktifkan mode incognito, anda tinggal klik tiga baris pada pojok kanan atas, lalu pilih incognito atau bisa juga pilih new private window.

2. Fitur Reader Mode di Google Chrome

Jika tipe anda adalah orang yang lebih nyaman hanya gemar membaca tanpa adanya gambar, mungkin anda dapat memanfaatkan fitur reader mode pada google chrome.

Selain itu dengan mode reader, dapat menghilangkan unsur elemen seperti iklan, navigasi, ataupun link yang tidak relevan, sehingga anda dapat fokus dengan teks yang dibaca.

Untuk mengaktifkan mode reader, anda buka new tab terlebih dahulu. Lalu cukup ketikkan chrome://flags/#enablee-reader-mode lalu aktifkan mode pembaca.

3. Pemutar Video Langsung dari Tab Browser Chrome

Ternyata, google chrome dapat berfungsi sebagai pemutar audio maupun video yang serupa dengan aplikasi pemutar video lainnya.

Jika Anda memiliki file audio atau video yang hendak diputar namun tidak tersedia aplikasi pemutar yang terinstal pada perangkat anda, maka Chrome dapat menjadi pilihan.

Baca juga : 8 Cara Mendownload Video Dari Youtube

Cukup lakukan drag atau seret video ke salah satu tab yang sudah terbuka di Chrome, maka secara otomatis Chrome akan memutarnya secara langsung untuk anda.

Jadi, jika Anda membutuhkan cara mudah untuk memutar video tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan, cobalah untuk menggunakan fitur ini di google chrome.

4. Fitur Malware and Phishing Protection

Fitur lain yang tersedia pada google chrome yaitu malware and phishing protection. Fitur ini berfungis untuk melindungi anda dari ancaman malware dan phishing yang dilakukan para hacker di internet.

Fitur ini secara otomatis menscanning situs web yang anda akses serta memberikan warning atau peringatan jika situs tersebut dianggap berbahaya.

Untuk mengaktifkan fitur malware and phishing protection pada chrome, ikuti langkah demi langkah berikut:

  • Buka browser google chrome.
  • Klik tombol tiga titik atau tiga baris yang terletak pada sudut kanan atas layar.
  • Pilih Setting dari menu drop-down.
  • Di halaman Setting, scroll ke bawah sampai anda menemukan bagian Privacy and security.
  • Selanjutnya pilih Safe Browsing.
  • Terakhir, aktifkan opsi Protect you and your device from dangerous sites. 

Setelah anda berhasil mengaktifkan fitur ini, google chrome akan memindai situs web yang dikunjungi dan memberikan peringatan kalau situs tersebut berbahaya.

Akan tetapi, hal ini tidak menjamin 100% efektif dalam mencegah ancaman malware atau phishing. Jadi, sebaiknya Anda selalu waspada saat menjelajahi internet dan rutin update software yang terinstal di komputer Anda.

5. Fitur Tab Groups di Google Chrome

Google Chrome juga tersedia fitur Tab Groups atau Grup Tab yang memungkinkan anda dapat mengelompokkan tab yang terbuka di browser menjadi beberapa kelompok.

Fitur ini bisa dinikmati jika Anda membuka banyak tab dan ingin mengelompokkan tab tersebut berdasarkan topik pilihan atau kategori tertentu.

6. Fitur Cast Google Chrome

Jika anda ingin menampilkan konten Google Chrome pada perangkat lain seperti televisi atau speaker, anda bisa saja melakukannya dengan memanfaatkan teknologi Chromecast. Fitur ini disebut "Cast".

Untuk menggunakan fitur Cast di Google Chrome, ikuti tahapan berikut:

  • Open chrome pada komputer atau perangkat mobile Anda.
  • Kunjungi situs web yang anda ingin menampilkannya di perangkat lain.
  • Klik tombol tiga titik di pojok kanan atas tampilan layar chrome.
  • Pilih "Cast" dari menu drop-down.
  • Pilih perangkat yang ingin anda gunakan untuk menampilkan konten dari browser chrome. Jika perangkat tersebut tidak dapat terhubung dengan Chromecast, Anda akan diminta untuk memasukkan kode pairing yang muncul pada layar device.
  • Setelah terkoneksi, konten akan secara otomatis tampil pada perangkat yang dipilih.

Perlu diingat bahwa fitur Cast hanya tersedia apabila device yang digunakan support dengan Chromecast dan memiliki koneksi dengan jaringan yang sama.

Selain itu, ada juga sebagian situs website yang mungkin tidak dapat menampilkam kontem di perangkat lain melalui fitur Cast disebabkan masalah copyright atau pelanggaran hak cipta serta masalah teknis lainnya.

Posting Komentar untuk "Fitur-Fitur Keren Google Chrome yang Wajib Anda Ketahui "