Cara Uninstall Aplikasi Pada Laptop: Biar Laptop Gak Lemot


Terdapat berbagai macam aplikasi yang terinstall pada perangkat laptop atau pc anda. Mulai dari office, browser, music dan video player, editing gambar, hingga game. Aplikasi tersebut terpasang untuk memenuhi kebutuhan anda.

Akan tetapi, terkadang anda merasa untuk tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut. Terlebih lagi, jika dilaptop anda memiliki 2 software sejenis yang mengharuskan anda menghapus salah satunya.

Contoh, anda memiliki dua aplikasi editing video, yaitu after effect dan wondershare filmora. Maka, anda lebih baik menghapus salah satu dari kedua aplikasi tersebut demi memberikan kelegaan space hardisk.

Alasan Pentingnya Menghapus Aplikasi pada Laptop

Menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan sangat penting untuk menstabilkan performa laptop. Sebab, menumpuknya aplikasi sekaligus dapat memakan ruang memori sehingga mengakibatkan laptop jadi lemot.

Jika performa laptop menurun akibat memori yang hampir penuh, sebaiknya anda delete satu aplikasi untuk memberi ruang pada hardisk. Serta, untuk meringankan kinerja RAM pada saat melakukan multitasking.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Terdapat tiga cara untuk menghapus aplikasi yang terpasang pada laptop windows 10. Ketiga cara ini menggunakan fitur bawaan windows, diantaranya lewat control panel, start, dan setting.

1. Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Pertama, anda dapat menghapus aplikasi melalui menu control panel. Caranya sangat mudah untuk anda praktekkan sendiri. Langkah lebih lengkap sebagai berikut:

  • Anda cukup ketik "control panel" pada kolom pencarian halaman windows
  • Pilih tulisan uninstall program
  • Tentukan aplikasi yang ingin anda hapus 
  • Klik kanan pada aplikasi, lalu tekan uninstall

2. Uninstall Aplikasi Melalui Menu Start

Untuk menghapus aplikasi melalui menu start, lebih simpel dibandingkan dengan cara yang pertama. Anda hanya langsung menekan tombol start pada halaman utama windowns.

Anda arahkan mouse ke pojok kiri bawah windows atau menu start. Selanjutnya, cari aplikasi yang tidak anda butuhkan lagi dan ingin anda delete dari laptop.

Baca juga: Cara Mengatasi Not Responding di Laptop

Setelah ketemu aplikasi yang mau dihapus, klik kanan software tersebut. Akan muncul pilihan menu yang dapat anda pilih. Klik saja uninstall jika ingin menghapusnya.

3. Uninstall Aplikasi Melalui Menu Settings

Selanjutnya, dengan menggunakan menu setting atau setelan. Cara ini mungkin agak sedikit rumit dibandingkan dengan cara yang kedua. Metode ini juga dapat membantu anda menghapus aplikasi pada laptop. Cara menghapusnya bisa anda ikuti langkah berikut:

  • Anda buka menu settings lewat start, atau bisa dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan mengetik kata setting pada kolom pencarian windows
  • Akan muncul pop up settings, dan anda pilih apps (uninstall, defaults, optional, features)
     
     
  • Akan muncul jendela baru apps & features
  • Anda dapat melihat seluruh aplikasi atau software yang terpasang pada perangkat laptop anda
  • Untuk menghapusnya, anda cukup mengklik aplikasinya dan pilih uninstall
  • Aplikasi telah terhapus di laptop anda

Dari ketiga cara diatas, tampaknya cara yang kedua atau melalui menu start yang paling mudah dilakukan, dibanding dengan dua cara lainnya.

Itulah langkah-langkah dalam melakukan uninstall program aplikasi di laptop atau komputer. Sebenarnya hanya dengan menggunakan fitur bawaan windows ini, aplikasi telah dapat dihilangkan.

Namun, jika anda ingin mencoba menghapus melalui aplikasi pihak ketiga, tidak salah juga anda mencobanya.

Ada berbagai macam third party tools yang dapat anda coba untuk menghapus aplikasi pada laptop. Anda dapat memakai aplikasi bulk crap uninstaller, revo uninstaller, dan lObit uninstaller.

Atau anda bisa juga dengan menggunakan aplikasi ccleaner. Karena aplikasi ini dapat menghapus program-program yang tidak anda inginkan. Sekaligus membersihkan laptop dari file sampah atau cache yang menumpuk guna meningkatkan performa laptop.

Posting Komentar untuk "Cara Uninstall Aplikasi Pada Laptop: Biar Laptop Gak Lemot"