Cara Membuat Blog di Blogspot: Gratis tanpa Biaya Apapun

Hobi nulis dan ingin menghasilkan uang? mungkin anda dapat mencoba menjadi seorang blogger. Kalau mau ngeblog secara gratis, cobalah platform blogspot. Karena disana anda dapat membuat blog secara gratis serta menampilkan iklan.

Bagi yang belum tahu, blogspot itu merupakan platform CMS, yang produknya salah satu bagian dari google. Platform ini khusus bagi anda yang hobi nulis dan ingin bikin blog.

Sama seperti platform lainnya, membuat blog di blogspot bukan hanya membuat tulisan saja, namun juga dapat menyisipkan gambar, dan  video.

Kelebihan Blogspot

Kenapa harus milih blogspot? dan apa kelebihannya? mungkin pertanyaan itu sering terlintas dibenak anda. Nah, dibawah ini akan diulas kelebihan platform blogspot.

1. Biaya

Kalau ingin mencari tempat mendapatkan uang secara gratis, blogspot adalah jawabannya. Dengan memakai blogspot, platform ini tidak meminta biaya apapun.

Tentu saja yang anda pakai adalah subdomain blogspot.com. Namun anda tetap dapat melakukan custom domain di website berbayar agar domain anda terlihat professional.

2. Hubungkan Akun

Saat ini mungkin kebanyakan orang telah memiliki akun gmail. Nah, kalau anda salah satunya, anda dapat menghubungkan akun gmail anda ke blogspot.

Blogspot merupakan salah satu produk google. Karena itulah, akun gmail anda dapat langsung terintegrasi ke platform blogspot. Sehingga akun blogspot anda sudah terdaftar melalui gmail.

3. Fitur Layanan

Untuk membuat blog professional, blogspot sudah mendukung anda lewat fitur-fitur layanan yang diberikan.

Selain membuat postingan, juga tersedia fitur statistik blog. Bahkan, blog telah menyediakan template keren gratis yang dapat dipasang pada situs blog anda.

4. Tingkat Keamanan

Masalah keaman, anda tidak perlu takut. Karena blogspot memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sebab, server yang digunakan berada pada google server.

Baca juga: Apa Itu HTTPS? Cari Tahu Arti Beserta Fungsinya

Terlebih lagi blogspot menyediakan SSL gratis untuk memproteksi seluruh informasi dan data pribadi anda. SSL gratis ini dapat diperoleh secara cuma-cuma. Tidak seperti platform lain, anda harus membeli SSL untuk melindungi situs blog.

Cara Membuat Akun Blog di Blogspot

Setelah anda mengetahui kelebihan dan keunggulan dari blogspot, anda dapat langsung membuat akunnya. Langkah lebih lengkap, bisa disimak dibawah ini.

1. Siapkan Akun Gmail

Langkah awal dalam pembuatan blog di blogspot, yaitu menyiapkan akun gmail aktif terlebih dahulu. Karena anda mendaftar lewat akun gmail. Nanti akun gmail tersebut langsung terhubung ke blogspot.

2. Mendaftar di Situs Blogspot

Setelah mempunyai akun gmail, anda bisa kunjungi situs blogspot untuk mendaftarnya. Lalu tekan tombol create your blog. Selanjutnya pilih akun gmail untuk didaftarkan.

Sumber: Blogger.com

3. Tentukan Judul Blog

Selanjutnya, anda tentukan judul blog. Lebih bagus lagi jika judulnya sesuai dengan niche yang akan dibikin. Judul blog yang dibuat akan tertera pada bagian atas tampilan blog.

4. Buat URL

Salah satu hal penting dalam pembuatan blog adalah alamat URL. Tentukan alamat URL yang disukai secara gratis.

Baca juga:  Cara Memperpendek Link Secara Online

Namun, karena gratis, alamat URL yang anda pilih akan terdapat kata blogspot didalamnya. Tapi anda dapat merubahnya dengan custom domain secara berbayar.

Satu hal lagi, alamat URL yang anda inginkan mungkin tidak tersedia. Sebab telah dimiliki oleh orang lain. Wajar, karena setiap orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkan URL unik.

5. Tentukan Nama Tampilan

Berikutnya, anda tentukan dan konfirmasi nama tampilan (display name). Hal ini bertujuan sebagai identitas pada profil blog. Lalu klik selesai untuk mengakhiri.

6. Pembuatan Blogspot Telah Selesai

Setelah semua langkah anda lakukan, maka blog baru anda telah selesai dibuat. Anda bisa lihat tampilannya masih mentah pada gambar dibawah. Blog ini masih kosong. Belum ada postingan serta profil masih bersih.

Cara Membuat Postingan Blog

Untuk itu, anda perlu mengutak-atiknya dan mengelola situs blog agar menampilkan blog yang lebih professional. Tahap Awal, anda bikin postingan pertama. Lebih lengkapnya lihat ulasan dibawah:

1. Buat Postingan Baru

Untuk membuat postingan baru di blogpsot, silahkan klik tulisan postingan. Setelah itu klik kembali postingan baru.

Sampai disana, anda bebas menulis konten dengan tema apapun. Asalkan konten asli dan tidak terkena masalah plagiarisme.

Dalam postingan terdapat fitur-fitur pendukung untuk blog anda. Ada font, edit link, sisipkan simbol dan emoji, serta dapat memasukkan gambar maupun video.

2. Publikasikan Postingan

Setelah membuat postingan, disebelah kanan terdapat fitur untuk mempublikasikannya. Namun, sebelum itu, lihat juga fitur-fitur lain sebelum anda publikasikan.


 

Akan saya jelaskan fitur-fitur dari gambar diatas:

Publikasikan: Untuk mempublikasikan postingan secara langsung.

Pratinjau: Untuk mempreview dan mengecek kembali postingan.

Simpan: Untuk melihat tombol simpan, klik tombol segitiga kebawah pada pratinjau. Fitur simpan berfungsi untuk menyimpan draft sebelum diposting.

Label: Niche atau kategori postingan. Misalkan blog anda memiliki kategori teknologi dan tutorial, maka postingan akan tersimpan pada kategori yang sama.

Dipublikasikan Pada: Berfungsi untuk mengatur kapan konten mau diposting.

Permalink: Sebagai alamat URL pada postingan. Bisa anda atur sendiri atau pake URL otomatis.

Lokasi: Tempat dimana anda membuat postingan blog.

Opsi: Anda dapat mengatur untuk menampilkan kolom komentar.

3. Melihat Statistik Pada Blog

Untuk melihat tampilan statistik, anda cukup perhatikan dashbor disebelah kiri, dan pilih menu statistik. Disana terlihat jelas traffic blog berdasarkan 7 hari terakhir dan keseluruhan informasi statistik.

Dengan melihat statistik, anda dapat mengetahui siklus traffic blog. Hal ini sangat penting untuk performa blog kedepannya. Karena dapat melihat postingan mana yang ramai visitor sehingga dapat anda optimalkan kembali.

4. Raih Uang dengan Monetisasi Blog

Blogspot memang bisa pakai gratisan, tapi bukan berarti tidak mendapatkan uang. Anda tetap dapat melakukan monetisasi blog gratisan asal sesuai dengan pedoman blog. Untuk melakukannya klik menu penghasilan atau earning.

Sebelumnya, anda harus mempunyai akun google adsense. Jika telah lulus monetisasi adsense, maka iklan akan muncul pada tampilan blog. Anda juga dapat mengatur letak posisi iklan sesuai dengan tampilan blog.

5. Buat Halaman Blog

Halaman berguna untuk memberikan informasi mengenai blog anda. Isinya mungkin jarang berubah, seperti contact, dan about. Serta dapat membuat sitemap, gunanya untuk menampilkan daftar postingan yang sudah dibuat. 

Untuk cara buat halaman blog liat gambar berikut:

Pada dashbor sebelah kiri, klik halaman, lalu klik halaman baru. Setelah itu tulis informasi yang ingin dibuat. Kalau sudah klik publikasi. 

Setelah dibuat, jika anda tidak menemukannya, anda tinggal mengatur tata letak agar halaman yang dibuat muncul. Untuk memunculkannya, bisa diperhatikan pada poin selanjutnya dibawah.

6. Mengatur Tata Letak

Anda dapat mengatur tata letak (layout) agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Untuk mengaturnya, pilih fitur tata letak (layout) disebelah kiri dashbor.

Pada menu tata letak terdapat widget. Untuk widget itu sendiri merupakan fitur yang disediakan blogspot. Gunanya untuk memposisikan iklan, daftar halaman, dan lainnya.

7. Menambah Widget

Pada menu tata letak, kita dapat menambahkan widget untuk ditampilkan pada blog. Tinggal klik tambahkan gadget atau add gadget dan atur posisi sidebar yang diinginkan.

Lalu pilih apa yang ingin ditambahkan. Seperti iklan, halaman statis, ataupun postingan populer. Anda juga dapat menghapus gadget yang tidak ingin ditampilkan.

8. Merubah Template atau tema

Tampilan blog agar menarik, anda harus merubah template yang diinginkan. Sesuaikan juga template dengan niche blog yang dibahas. Blogspot telah menyediakan beberapa template gratis.

Untuk merubahnya, tinggal klik tema pada dashbor.

Setelah menemukan template yang cocok anda punya 3 pilihan, yaitu pratinjau, sesuaikan dan terapkan. 

Pratinjau atau preview dapat memperkirakan tampilan blog. Jadi anda bisa menilai apakah benar-benar cocok atau ingin mengganti dengan yang lain.

Anda sesuaikan tampilan jika ingin memodifikasinya terlebih dahulu. Kalau dirasa sudah benar-benar cocok anda pilih terapkan. 

10. Setting

Dashbor sebelah kiri terdapat fitur setting atau setelan yang berguna untuk mengelola blog. Apa-apa saja fiturnya, bisa dilihat dibawah sini.

Dasar: Untuk mengatur nama judul blog, deskripsi, peringatan konten dewasa, hingga mengganti favicon.

Privasi: Untuk mengatur apakah blog anda dapat ditelusuri atau tidak.

Memublikasikan: Mengatur domain apa yang ingin dipakai.

HTTPS: Menjaga keamanan blog dengan mengaktifkan SSL.

Izin: Mengatur tampilan postingan.

Postingan: Untuk mengatur jumlah postingan yang ingin ditampilkan pada halaman utama.

Komentar: Mengatur kolom komentar, seperti siapa yang dapat berkomentar.

Email: Mengatur email dalam blog.

Pemformatan: Untuk mengatur zona waktu pada lokasi blog.

Tag Meta: Untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran.

Error dan Pengalihan: Untuk mengalihkan pengunjung ke alamat lain.

Crawler dan Pengindeksan: Untuk Mengoptimalkan SEO.

Monetisasi: Mengatur pengelolaan iklan.

Kelola Blog: Untuk cadangkan konten dan juga menghapus blog.

Feed Situs: Untuk mengatur panjang konten pada tampilan blog.

Umum: Mengatur profil.

Nah, itulah penjelasan panjang lebar dari pembuatan blog gratis lewat blogspot. Walaupun gratis, namun untuk SEO dan terlihat professional, sebaiknya anda melakukan custom domain untuk meningkatkan traffic juga.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogspot: Gratis tanpa Biaya Apapun"