Apa Itu HTTPS? Cari Tahu Arti Beserta Fungsinya

Ketika mengakses website di internet, mungkin anda sering melihat tulisan https pada kolom url browser. Kata https mengawali alamat website pada addres bar dibagian atas tampilan browser.

Menerapkan https, menjadi solusi ampuh bagi pemilik website, agar website yang anda kelola terbeas dari ancaman hacker. Terlebih lagi, jika didalam website tersebut terdapat data-data penting yang harus anda proteksi.

Lalu, apa itu https, dan mengapa diperlukan dalam pengelolaan webiste anda?

Apa Itu HTTPS? Berikut Ulasannya

Hypertext Transfer Protocol Secure atau yang disingkat https merupakan struktur protokol internet yang berguna untuk melindungi informasi penting dari ancaman hacker.

HTTPS itu sendiri menggunakan enkripsi Secure Socket Layer (SSL). Sertifikat SSL ini diperlukan untuk mencegah hacker mengintai aliran data pada website.

Alur Kerja HTTPS

Ketika pengguna internet berselancar ingin mengakses sebuah website, maka browser akan mendeteksi apakah situs yang dituju telah didukung dengan adanya sertifikat SSL atau tidak.

Jika iya, maka transfer data akan aman dilakukan. Pada address bar yang berada di atas tampilan browser, akan memperlihatkan gambar gembok berwarna hijau, yang menandakan bahwa situs website aman untuk dikunjungi.

Fungsi HTTPS Pada Alamat Website

Selain perlindungan website, https memiliki berbagai macam fungsi yang berguna bagi pemiliknya. Mari kita lihat lebih jauh, fungsi lain yang dimiliki dari pemasangan https.

1. Meningkatkan Perlindungan Data Website

Fungsi utama dari https tentu untuk melindungi data dan informasi penting pada website. Misalkan, data konsumen, atau bahkan informasi mengenai keuangan toko online.

Dengan memasang https, maka akan menghalau hacker untuk mencuri data atau meretas website. Sebab, kode data akan terlihat random jika menggunakan sertifikat SSL.

2. Meningkatkan Reputasi Website

Reputasi website akan meningkat, seiring ditambahkannya https pada awal dari situs web anda. Selain untuk melindungi situs, penerapan https akan menambah kredibilitas website, sehingga terlihat lebih professional.

3. Mendapatkan Kepercayaan Visitor

Pengunjung tentu bakal berhati-hati dalam mengakses sebuah website. Terlebih jika mereka melakukan transaksi keuangan saat berbelanja pada toko online.

Namun, website yang telah memiliki protokol SSL didalamnya, dapat meredakan kekahawatiran visitor. Sebab, keamanan data seperti nomor rekening konsumen dipertaruhkan.

4. Memperbaiki Error Situs Web

Google telah menetapkan untuk dapat menerapkan https dan memiliki sertifikat SSL. Jika tidak, situs web anda akan dianggap sebagai situs yang tidak aman dikunjungi. Bahkan beberapa pengunjung tidak dapat mengakses alamat web anda.

5. Dapat Menigkatkan SEO

Pemasangan https juga secara langsung akan meningkatkan SEO anda, sehingga dapat lebih mudah ditemukan dalam halaman pencarian google (google page).

Baca juga: 10+ Cara Mempromosikan Blog Untuk Meningkatkan Traffic

Sebab, mesin google akan mengatur algoritma, sehingga website yang diutamakan untuk tampil pada page atas google adalah website yang telah menggunakan proteksi https.

Jenis Website yang Harus dipasang HTTPS

Sebenarnya, demi keamanan semua situs website wajib memiliki sertifikat SSL. Terlebih lagi, terdapat beberapa jenis website yang memang diharuskan memasang https.

1. Situs Toko Online

Data konsumen, riwayat transfer, dan karakter konsumen meruapakan informasi penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Oleh karena itu, https wajib dipasang bagi orang yang hendak membuka toko online.

Selain menjaga informasi didalam website, dengan pemasangan https maka algoritma google akan merekomendasikan toko anda dalam google page. Otomatis, traffic visitor akan naik, dan memperbesar peluang anda untuk mengembangkan bisnis toko online.

2. Situs Perusahaan

Aset perusahaan, data karyawan, proyek yang dikerjakan hingga informasi tentang klien perlu dijaga keamanannya. Kalau tidak semua data penting tersebut akan bocor dan menjadi kerugian perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor.

Memasang https, akan menjamin rahasia-rahasia perusahaan yang tidak boleh diungkap. Data perusahaan akan terlindungi, dan klien pun tidak ragu untuk bekerjasama dengan perusahaan anda.

3. Situs Instansi Pemerintah

Masing-masing instansi, tentu memiliki informasi rahasia yang tidak boleh bocor ke publik. Sebab, akan menurunkan kredibilitas pemerintah, serta bisa mengancam masa depan negara.

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya setiap situs resmi pemerintahan memasang https agar tidak terjadi kebocoran data.

Akhir Kata

Jadi, anda sudah mengerti kan, betapa pentingnya pengelolaan website dengan memiliki sertifikat SSL serta memasang https pada awal situs website.

Jika anda memiliki sebuah website atau blog, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan https. Sebagian platform mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memiliki SSL. Namun, blogspot memberikan anda perlindungan https secara gratis.

Kalau anda berada pada posisi pengguna internet, yang ingin mencari sesuatu, sebaiknya cukup akses situs website yang telah terpasang https, demi melindungi perangkat dan data diri anda. 

Posting Komentar untuk "Apa Itu HTTPS? Cari Tahu Arti Beserta Fungsinya"