Apa Itu Bluetooth: Cari Tahu Cara Kerja Beserta Fungsinya

Untuk memindahkan suatu file dari satu perangkat ke perangkat lainnya, banyak metode yang dapat anda gunakan. Bisa melalui infrared, kabel data, hardware seperti flashdisk dan hardisk, maupun menggunakan bluetooth.

Beberapa tahun belakangan, bluetooth merajai metode transfer data. Biasanya orang yang ingin mengirimkan lagu dari satu hp ke hp yang lain, sering menggunakan media bluetooth.

Seiring berjalannya waktu, saat ini bluetooth bukan hanya digunakan untuk perangkat hp saja. Namun, komputer atau laptop, printer, mouse, bahkan headset kini telah memanfaatkan fitur bluetooth.

Apa Itu Bluetooth

Sederhananya, bluetooth merupakan fitur tekonologi wireless yang dapat mentransfer data atau menghubungkan berbagai perangkat pada jarak tertentu.

Umumnya, sinyal bluetooth mampu menjangkau jarak hingga 10 meter. Teknologi nirkabel ini beroperasi pada frekuensi 2.402 GHz sampai 2.480 GHz. Frekuensi ini memungkinkan bluetooth mampu memberikan layanan komunikasi secara realtime.

Cara Kerja Bluetooth

Supaya bluetooth bisa bekerja secara optimal, fitur ini membutuhkan komponen-komponen didalamnya, untuk memudahkan sistem bluetooth. Komponen tersebut terdiri dari:

  • Baseband link controller, yang berguna untuk menghubungkan radio hardware ke baseband processing serta layar protokol fisik
  • Link manager, berfungsi untuk melakukan autentifikasi dan konfigurasi pada perangkat yang terhubung oleh bluetooth
  • Radio transceiver, memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima sinyal berbentuk gelombang radio

Perangkat yang menghidupkan bluetooth otomatis akan mendeteksi perangkat lain diskitar, biasanya mampu terkoneksi hingga delapan perangkat.

Bluetooth menggunakan teknik spread spectrum frequency hopping. Artinya, dengan teknik ini sinyal bluetooth akan menentukan saluran secara acak terus menerus.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Bluetooth yang Tidak Terdeteksi di Windows 10

Tujuannya, agar menghindari gangguan yang ditimbulkan oleh gelombang radio lain, pada saat sinyal bluetooth menghubungkan kedua perangkat.

Fungsi Bluetooth

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kalau dulu bluetooth ini identik dengan transfer file foto maupun video melalui handphone. Namun, saat ini berbeda, sebab berbagai perangkat telah memanfaatkan fitur bluetooth.

Perangkat yang dimaksud meliputi laptop, headset, printer, dan lainnya. Untuk lebih lengkap, bisa disimak fungsi bluetooth berikut ini:

1. Mouse Wireless

Dahulu, anda menggunakan mouse dengan kabel. Mungkin saat itu anda sudah terbiasa menggunakannya. Namun, saat ini dengan munculnya mouse wireless bisa menjadi pilihan dalam memilih tipe mouse.

Sebab, hadirnya mouse nirkabel memudahkan anda menggerakkan mouse tanpa ketarik oleh kabel. Biasanya, kendala kecil ini cukup mengganggu kenyamanan anda.

2. Print Wireless

Sama seperti mouse, saat inipun printer telah disupport oleh fitur bluetooth. Jadi, hal ini dapat anda rasakan manfaatnya, ketika ingin melakukan printing dari jarak jauh.

Contohnya, pada area perkantoran. Dimana satu printer, dapat terhubung dengan banyak komputer yang dipakai karyawan.

3. Mendengarkan Headset

Headset bluetooth telah banyak muncul saat ini. Anda dapat menggunakannya, misalkan saat ingin bermain game dengan memakai headset, agar dapat menghasilkan audio yang jernih dan menggema.

Baca juga: Headphone Sport Nirkabel Terbaik: Agar Tidak Terlepas Saat Berolahraga

Adanya headset bluetooth ini, memudahkan anda bermain game di handphone menggunakan headset bluetooth, karena tidak ada lagi gangguan kabel yang melingkari leher.

4. Transfer File dari Kamera Menuju Laptop atau Handphone

Kamera lama, jika ingin memindahkan hasil jepretan foto, anda harus melepaskan memori yang berada didalam kamera. Namun, cara itu tidak dibutuhkan lagi.

Sebab, munculnya kamera keluaran terbaru yang mendukung fitur bluetotth didalamnya, memudahkan anda mengirim atau memindahkan foto ke laptop atau handphone tanpa harus melepas memori.

5. Menghubungkan Projektor

Pada saat presentasi, anda ingin menampilkan tampilan layar laptop ke projektor. Dulu, anda harus menggunakan kabel agar laptop terkoneksi dengan projektor.

Berbeda dengan sekarang. Kali ini dengan kecanggihan teknologi, projektorpun dapat dihubungkan dengan laptop tanpa penggunaan kabel. Cara ini lebih praktis dan lebih memanjakan mata. Sebab, kabel projector yang panjang sangat mengganggu pemandangan.

6. Keyboard Wireless

keyboard pada komputer, umumnya menggunakan kabel agar anda dapat menekan tombol. Kabel keyboard biasanya pendek, sehingga jarak antara anda dengan layar monitor sangat dekat.

Akan tetapi, dengan penggunaan keyboard wireless, anda dapat mengatur jarak agar tidak terlalu dekat dengan tampilan layar. Hal ini cukup membantu supaya kesehatan mata tetap terjaga.

Kelebihan Bluetooth

Kecanggihan teknologi memudahkan anda untuk saling berinteraksi satu sama lain. Termasuk bluetooth, yang memiliki beberapa kelebihan dalam meringankan kebutuhan anda. Adapun kelebihan bluetooth antara lain:

  • Walaupun jangkauan sinyal terbilang kecil, yakni hanya 10 meter, namun sinyal bluetooth bebas hambatan. dalam artian, dapat menembus dinding yang menghalangi
  • Fitur bluetooth yang memungkinkan anda menghubungkan antar device secara wireless, membuat cara kerjanya lebih praktis
  • Sinyal bluetooth mampu melakukan sinkronisasi antar device
  • Dapat digunakan sebagai perantara modem ketika tidak ada sinyal wifi

Kekurangan Bluetooth

Disamping kelebihan, bluetooth tentunya juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya antara lain:

  • Sulit menentukan device yang dituju, jika dalam suatu ruangan terdapat banyak perangkat yang mennyalakan bluetooth
  • Kecepatan transfer data tidak stabil. Perhitungan kecepatannya tergantung device yang dimiliki
  • Banyaknya mekanisme keamanan, agar proses pengiriman data tidak menemui kegagalan
  • Bahaya akan terinfeksi virus dan malware. Terlebih pada perangkat smartphone
  • Gelombang antara wifi dan bluetooth menggunakan frekuensi yang sama
Itulah penjelasan seputar bluetooth yang saat ini telah ramai digunakan oleh user dalam berbagai kegiatan. Penggunaan bluetooth secara wireless, kiranya memudahkan anda dalam beraktivitas tanpa harus direcoki oleh kabel yang mengganggu.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bluetooth: Cari Tahu Cara Kerja Beserta Fungsinya"