Tips Untuk Mengatasi Masalah Munculnya Internet Explorer yang Terbuka Sendiri

Sumber: Unsplash

Internet explorer merupakan aplikasi browser bawaan windows yang anda dapatkan ketika pertama kali menginstall windows. Bahkan, mayoritas orang hanya menggunakan IE untuk sekedar menginstall browser lain, semisal google chrome maupun mozilla firefox.

Wajar memang, soalnya dibandingkan chrome maupun firefox, internet explorer sangat tertinggal jauh dari kedua browser tersebut. Baik dari segi fitur, maupun tampilan IE yang masih terlihat jadul dibanding dua browser kenamaan saat ini yang modern dan enak dilihat.

Namun, banyak orang mengeluh, jika internet explorer kerap kali muncul sendiri dan mengganggu pengguna. Sebab, dapat memperlambat performa laptop.

Penyebab Internet Explorer Sering Muncul Sendiri

Internet explorer dapat muncul dengan sendirinya walaupun anda tidak ingin membukanya. Penyebabnya mungkin bisa diakibatkan sebagai berikut:

1. Sembarangan Mengklik

Hal pertama mungkin disebabkan oleh pengguna yang melakukan klik sembarangan. Bisa mengklik link dan tautan tertentu, ataupun klik sembarang pada windows sehingga mengacaukan sistem operasi.

2. Add On

Add on yang terpasang pada internet explorer berfungsi untuk menghubungkan konten situs web contohnya game dan video. Seperti LiveTV Toolbar, dan Adblock.

Add on yang diinstall lewat pengembang tak dikenal, mungkin inilah yang menyebabkan masalah munculnya IE tanpa dibuka. Oleh karena itu, pastikan anda memasang add on dari developer terpercaya.

3. Virus dan Malware

Walaupun anda tidak pernah menggunakan IE, bukan tidak mungkin IE anda terbebas dari virus dan malware. Hal ini dapat terjadi sewaktu anda mengunduh aplikasi sembarangan dan menerapkannya pada laptop.

 
Sumber: Unsplash 

Karena, bisa saja para hacker yang membajak suatu software dan menanamkan virus dan malware ke program yang anda install. Sebaiknya, anda gunakan aplikasi legal, walaupun mungkin apk ilegal menawarkan fitur yang lebih menarik.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan scanning virus dan malware pada laptop anda. 

Solusi Mengatasi Internet Explorer Terbuka Sendiri

Anda yang baru menghidupkan laptop, tentu terganggu dengan IE yang selalu muncul walau sebenarnya anda ingin menggunakan chrome atau mozilla. 

Gangguan ini membuat pengguna tidak nyaman, sebab dapat melambatkan proses booting. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa solusi yang dikira mampu mencegah IE acap kali terbuka. Berikut beberapa diantaranya:

1. Masuk Ke Safe Mode

Anda dapat masuk ke safe mode terlebih dahulu. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Tekan tombol windows+R pada keyboard
  • Ketik msconfig, lalu klik ok
  • Akan muncul pop up system configuration, pilih tab boot, kasih tanda ceklis pada safe boot
  • Pilih minimal untuk masuk ke safe mode basic
  • Pilih network untuk safe mode with networking
  • Klik Ok

Terakhir anda harus melakukan restart pada laptop untuk dapat masuk kedalam safe mode.

Setelah berhasil masuk ke safe mode, anda harus mengembalikan ke settingan awal, agar sistem windows tidak selalu masuk ke dalam safe mode pada saat proses booting ketika laptop dihidupkan.

2. Hapus Aplikasi yang Terdeteksi Virus

Ketika sudah masuk ke dalam safe mode, namun masalahnya tetap muncul, mungkin ini disebabkan oleh adanya virus atau malware yang menempel pada aplikasi yang anda install.

Anda harus menghapus segera aplikasi tersebut. Pertama anda pergi ke control panel > program features

Akan terpampang semua aplikasi yang terpasang pada perangkat anda. Anda bisa memeriksanya satu persatu apakah terdapat aplikasi tak dikenal.

Hapus aplikasi mencurigakan tersebut, karena bisa saja itu menjadi penyebab munculnya masalah ini. Restart laptop, dan buktikan apakah masalahnya masih terjadi atau tidak.

3. Bersihkan Laptop

Cara terakhir yang dapat digunakan adalah dengan membersihkan laptop dari virus dan malware. Diatas telah dijelaskan, jika salah satu penyebab masalah ini, bisa diakibatkan oleh virus.

Maka, lakukanlah scanning untuk mendeteksi apakah terdapat virus yang menempel pada aplikasi. Anda dapat menghapusnya disana.

Baca juga: 6 Cara Menghapus Cache yang Menumpuk di Laptop

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah munculnya internet explorer tanpa dibuka secara terus-menerus.

Cara ini sekiranya dapat membantu anda untuk menyelesaikan gangguan yang ditimbulkan internet explorer ini.

Posting Komentar untuk "Tips Untuk Mengatasi Masalah Munculnya Internet Explorer yang Terbuka Sendiri"