Perbandingan UFS Card dan Micro SD: Mana yang Lebih Baik

 Sumber: Unsplash

Sebagai pengguna smartphone, kita tentu menginginkan kapasitas memori yang besar. Semakin lama, ukuran file-file seperti foto dan video semakin tinggi sesuai kualitas filenya. Oleh karena itu, kita membutuhkan memori extra untuk menyimpan foto dan video.

Kartu memori eksternal micro SD menjadi solusi untuk menambah kapasitas memori agar beberapa file dapat tersimpan pada smartphone. Akan tetapi, saat ini yang diperhatikan bukan hanya kapasitasnya saja, melainkan juga soal kecepatan transfer data.

Micro SD begitu populer bagi pengguna smartphone atau perangkat lainnya untuk menyimpan banyak data. Namun, seiring bertambahnya kapasitas RAM dan memori internal, sulit membuat micro SD harus mengimbangi performanya.

UFS Card

Kartu UFS (UFS Card) merupakan kartu eksternal berteknologi Universal Flash Storage (UFS). Sebenarnya kartu ini hanya diperuntukkan  sebagai memori internal smartphone.

Kelebihan kartu Ufs adalah soal kecepatan transfer data. Pengguna smartphone akan langsung merasakan jauhnya perbedaan kecepatan transfer data antara kartu ufs dengan micro SD.

Baca juga: 7 Aplikasi Penambah Ruang memori Internal Smartphone

Kartu UFS mampu mengimbangi kecepatan transfer memori internal. Sehingga anda tidak membutuhkan waktu lama untuk menyalin file berukuran besar ketika menggunakan kartu UFS.

Terlebih lagi, saat ini orang-orang sudah banyak menyimpan video memakai resolusi tinggi (HD maupun Full HD). Oleh karena itu diperlukan kecepatan transfer data yang tinggi untuk mengcopynya.

Perbandingan Kecepatan Kartu UFS dan Micro SD

Perbandingan kecepatan dari kedua kartu ini sangat timpang sekali. Micro SD memiliki kecepatan read-write sekitar 95 MBps dan 90 MBps. Disisi lain kartu UFS memiliki kecepatan membaca sekitar 170 MBps dan menulis 530 MBps.

Kecepatan read-write yang dimiliki micro SD mungkin sudah cukup puas bagi pengguna smarphone beberapa tahun lalu. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kepopuleran Micro SD tampaknya sebentar lagi akan tergeser oleh kartu UFS.

Sebab, pengguna smartphone tentu lebih memilih kualitas terbaik termasuk soal kecepatan transfer data. Hal yang sulit dilakukan bagi micro SD, namun mudah diterapkan oleh UFS Card.

Perbandingan Konsumsi Baterai

Dari sisi konsumsi baterai, penggunaan kartu UFS masih lebih unggul dibanding pemakaian micro SD. Kartu micro SD  memerlukan daya kurang lebih 2,9 watt. Sementara itu, kartu UFS lebih hemat karena hanya memerlukan daya sekitar 1,5 watt.

Perbandingan yang hampir 2x lipat ini lebih terasa ketika anda menyimpan file berukuran besar. Sehingga anda dapat merasakan perbedaanya kalau micro SD lebih boros baterai dibanding kartu UFS.

Kelebihan Fitur yang Digunakan

Keunggulan lain yang dimiliki UFS card adalah kartu ini mulai menggunakan teknologi terbaru yaitu l/O asinkron. Berbeda dengan micro SD yang masih menggunakan teknologi l/O sinkron.

Teknologi l/O asinkron yang dipakai kartu UFS memiliki sinyal diferensial yang sangat canggih dan mampu memberikan performa terbaik walau lebih hemat mengkonsumsi daya.

Dalam hal konsumsi daya, awalnya micro SD memerlukan daya 3,3 volt, serta membutuhkan daya saat proses operasi sebesar 1,8 volt. Sementara itu kartu UFS cuma butuh daya 0,2 volt pada tahap awal serta 0,4 volt saat proses penggunaan.

Kekurangan UFS Card

Berbagai kelebihan yang dimiliki UFS, tentu kartu ini juga memiliki kekurangan. Kualitas yang ditawarkan memang berbanding lurus dengan harga.

Jika micro SD dapat dibeli dengan harga yang ramah kantong, namun berbanding terbalik dengan kartu UFS yang harganya sangat mahal. Makanya kartu UFS lebih kompatibel dengan smartphone level atas.

Kekurangan Micro SD

Kepopuleran micro SD saat ini akan mulai tergeser dengan kartu UFS. Sebab, selain perbandingan kecepatan transfer data dan konsumsi daya baterai, micro SD memiliki kekurangan lain bagi para pengguna, diantaranya:

1. Kartu Micro SD tidak Terbaca

Hal yang sering dialami pengguna smartphone, kartu micro SD sering tidak terbaca. Apalagi ketika anda menghubungkan smarphone ke laptop. Terkadang micro SD tidak dapat terhubung ke laptop sewaktu anda ingin mengcopy file dari smartphone.

2. Sulit Digunakan Ketika Ganti HP

Terkadang sulit bagi anda untuk menggunakan micro SD yang sama sewaktu memutuskan berganti HP. Hal ini disebabkan dalam beberapa kasus micro SD telah disetel menjadi tempat penyimpanan lokal smartphone lama anda.

3. Masalah Performa Smartphone

Micro SD terdapat berbagai macam jenis dan bentuknya. Masing-masing memliki kualitas yang berbeda. Jika anda memilih menggunakan micro SD berkualitas rendah, hal itu bisa mempengaruhi  performa smartphone.

4. Micro SD Error

Selain tidak terbaca, errornya micro SD dapat mempengaruhi data aplikasi yang tersimpan didalamnya. Seperti password yang akan hilang bila terjadi error pada micro SD. Dengan begitu kita mesti memasukkan pasword lagi untuk masuk kembali ke aplikasi.

5. Mengurangi Kualitas Game

Bila memori internal penuh, sebagian orang mungkin akan memindahkan data game ke memori eksternal. Namun, hal tersebut akan  memunculkan masalah baru seperti terjadinya crash, lag, menurunkan kualitas grafis, bahkan parahnya dapat menyebabkan hp mati total.

Baca juga: Tips Membeli Laptop Gaming

6. Kartu Palsu

Kartu Micro SD dinilai berkualitas rendah, terlebih lagi barangnya mudah sekali ditiru. Barang imitasi ini penyebarannya cepat sekali. Sangat berbahaya kalau anda menggunakannya. Bukan hanya kartu tidak terbaca oleh HP, tetapi juga dapat menurunkan performa HP dan smartphone bisa gampang rusak.

7. Gampang Terinfeksi Virus

Untuk kebutuhan digital, kita sering melakukan transfer data dari hp ke laptop ataupun sebaliknya. Namun, kartu micro SD gampang untuk terkena virus. Terlebih lagi virus tersebut susah sekali dihilangkan sehingga lama kelamaan akan menurunkan performa smartphone.

Ulasan diatas menjelaskan jauh sekali gap kualitas antara kartu micro SD dengan Kartu UFS. Belum lagi kekurangan-kekurangan yang dimiliki micro SD.

Hal ini akan mempercepat penyebaran penggunaan kartu UFS. Karena dengan kualitas dari kartu ini seperti kecepatan transfer data, cocok dengan perilaku kebanyakan orang yang ingin serba instan.

Posting Komentar untuk "Perbandingan UFS Card dan Micro SD: Mana yang Lebih Baik"