9 Cara Memperpendek Link Secara Online

 Sumber: Pixabay

Link terlalu membuat postingan yang anda bagikan pada media sosial menjadi tidak rapi. Apalagi dalam dunia digital, orang-orang yang ingin mengunjungi postingan kita, selain ingin melihat isi konten, tampilan postingan juga mempengaruhi minat pengunjung.

Selain itu, jika kita hendak membagikan brosur disertai link didalamnya, namun jika link tersebut panjang akan membuat template brosur berantakan. Dengan begitu, orang yang tadinya ingin melihat brosur tersebut bisa enggan melihatnya.

Untuk mengantisipasinya, disini akan dibagikan web atau aplikasi yang dapat memperpendek link secara online. Situs shortener link ini bisa kalian gunakan secara gratis maupun berbayar. Apa saja situs-situsnya?, berikut disajikan 9 web untuk memperpendek link secara online.

1. Bitly

Kalian mungkin sering lihat shortlink bitly ini. Ya tentu saja karena situs ini menjadi primadona dalam urusan memperpendek link. Tak jarang perusahaan-perusahaan besar pernah menggunakan jasanya, karena reputasi bitly didunia digital sudah sangat populer.

Bitly dikatakan menjadi shortlink nomor satu. Wajar memang karena untuk penggunaannya bisa dilakukan secara gratis. Untuk memperpendek link kalian hanya perlu copy paste situs kalian dan kalian perpendek dikotak pada situs bitly. Nanti hasilnya seperti ini. 

Setelah selesai memodifikasinya, kalian bisa share ke Whatsapp, Telegram maupun platform media sosial lainnya. Untuk keamanan gak perlu khawatir, karena hasil link bitly telah dienkripsi ke https. Silakan mencobanya dengan tekan situs bitly.

2. AdFly

Memperpendek dan mendapatkan uang?. Ya, kalian bisa menggunakan situs AdFly. Situs ini akan memberikan bayaran setiap link yang kalian ubah diklik oleh orang lain.

Semakin banyak link yang kalian buat, semakin banyak peluang orang mengklik situs kalian, semakin besar pula uang yang bisa kalian dapatkan.

Uang yang akan kalian terima akan dikirim ke akun paypal. Jadi kalian harus mempersiapkan akun paypal terlebih dahulu. Jika kalian tertarik silakan kunjungi situs AdFly.

3. Cuttly

Cuttly bisa kalian jadikan alternatif untuk memperpendek link secara cepat. Situs ini menyediakan fitur QR Codes dan Link In Bio. Masih ada juga fitur analytics untuk memantau performa link kalian.

Situs ini sebenarnya bisa kalian gunakan secara gratis. Namun jika kalian ingin layanan yang maksimal, kalian bisa berlangganan secara premium dengan harga mulai $ 25 per bulan. Silakan kunjungi situsnya untuk memulai.

4. TinyURL

Ternyata TinyURL merupakan situs penyedia shortlink pertama. Muncul tahun 2002 membuat situs ini telah 20 tahun lebih menjadi pelopor jasa shortlink. Walaupun sekarang muncul situs pesaing yang lebih populer, namun TinyURL masih menjadi andalan bagi pemakainya.

Link yang dimodifikasi di TinyURL akan tetap ada sampai kapanpun dan tidak akan rusak atau brokenlink. Cukup mengcopy paste kalian dapat memperpendek link secara gratis. Namun, fitur tambahan juga tersedia dengan berbayar. Kalian bisa kunjungi situsnya untuk mencoba.

5. BL.INK

Situs selanjutnya ada BL.INK. Sama seperti yang lainnya, situs ini juga bisa digunakan dengan cepat dan mudah. Dengan BL.INK kalian dapat memantau dan melacak lokasi yang mengklik link kalian.

Namun, kalian hanya dapat memperpendek link sebanyak 1000 buah jika kalian pengguna gratisan. Kalau mau fitur yang lebih lengkap, kalian bisa melakukannya dengan membayar mulai $ 48 per bulan. Kalian dapat mengakses situs BL.INK jika tertarik menggunakannya.

6.Rebrandly

Situs ini menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang ingin menyingkat tautan dengan menyertakan nama brand. Sama seperti lainnya, Rebrandly dapat digunakan secara gratis.

Namun, dengan membayar $ 14 per bulan, maka kalian akan mendapatkan fitur tambahan, seperti enkripsi SSL atau https, membuat QR Code, menganalisa link, link with emojis dan masih banyak yang lainya. Kalian bisa mengaksesnya dan kunjungi situs untuk mencoba.

7. AdSafelink

Sama seperti Adfly, situs AdSafelink juga dapat menghasilkan uang ketika ada yang mengklik link yang telah kalian rubah. Semakin banyak yang mengklik tautan kalian, maka kalian bisa meningkatkan pundi-pundi pendapatan kalian.

Berbeda dengan Adfly yang harus mempersiapkan akun paypal untuk pengiriman uang, AdSafelink dapat ditransfer ke beberapa e-wallet, seperti Gopay, OVO, maupun ditambahkan ke pulsa. Situs yang didirikan oleh developer Indonesia ini bisa kalian akses disitus Adsafelink.

8. Is.gd

Kalau tujuan kalian hanya ingin memperpendek link saja, Is.gd bisa kalian coba. Situs ini dapat melakukan shortlink tanpa ribet dan simpel. Situs ini cukup populer, ini terbukti dengan telah diakses lebih dari 81 Milliar kali, dan telah ada 2,2 Milliar link yang sudah dimodifikasi.

Caranya gampang, kalian cukup tempelkan saja link kalian ke kotak yang telah disediakan, dalam sekejap situs tersebut langsung memunculkan link baru. Silahkan coba dan akses situsnya.

9. Tiny.cc

Web lain yang patut kalian coba yaitu Tiny.cc. Situs ini cocok bagi kalian yang berbisnis dalam dunia digital. Tanpa melakukan pendaftaran, kalian dapat membuat link menjadi lebih singkat secara gratis.

Kalau kalian ingin mencoba fitur-fitur lainnya, kalian cukup menyediakan  $ 5 per bulan untuk mendapatkan layanan premium. Layanan tersebut seperti memantau performa link, edit links in real time dan masih banyak lagi. Jika tertarik silakan mencoba untuk menggunakannya.

Manfaat Melakukan Shortlink

Sebenarnya tanpa disingkatpun link yang kita bagikan tetap bisa diakses oleh orang yang mengklik tautan kita. Namun, walaupun begitu dengan melakukan shortlink terdapat beberapa manfaat yang kita dapat.

Dengan melakukakan shortlink tautan yang singkat terlihat lebih rapi, dan orang-orang cendrung lebih tertarik mengklik link pendek dibandingkan link yang terlalu panjang.

Selain itu kita juga mendapatkan manfaat lain dari beberapa situs shortlink seperti branding, bahkan ada juga web yang memberikan penghasilan tambahan dari klik tautan.

Penutup

Web atau situs yang disajikan bisa diakses dan digunakan secara gratis. Kalau kalian hanya ingin mempersingkat link saja kalian cukup pakai yang gratisan saja.

Namun, jika kalian ingin mendapatkan fitur lebih seperti melakukan branding dan lainnya untuk keperluan bisnis, tidak ada salahnya kalian mengeluarkan uang agar kalian memperoleh hasil maksimal.

Posting Komentar untuk "9 Cara Memperpendek Link Secara Online"