15+ Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat Secara Online [ Buruan Lihat ]

 Sumber: Unsplash

Digital marketing menjadi primadona bagi orang-orang untuk mendapatkan uang. Bahkan mereka membuat bisnis online menjadi pekerjaan utama.

Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Mereka-mereka yang telah meraup ratusan juta hingga miliaran rupiah telah membuktikannya. 

Kitapun bisa melakukannya, dengan catatan fokus dan tekun menjalaninya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Untuk meraup keuntungan dari internet, banyak pilihan yang bisa anda pilih. Bikin blog, menjadi youtuber, atau membuka jasa online bisa anda lakukan.

Kebetulan sekali. kali ini Evteknovin akan merangkum bisnis-bisnis apa saja yang bisa anda lakukan pada industri online ini.

Mari kita bahas bersama-sama dibawah sini.

1. Menjadi Blogger

Bagi yang hobi nulis, anda dapat mendapatkan uang dari tulisan anda. Salah satunya dengan cara menjadi blogger. Anda bisa meraih keuntungan tanpa modal.

Karena dengan menggunakan blogspot gratisan saja, tampilan iklan akan muncul pada blog. Cuma, akan lebih baik menggunakan domain berbayar, karena memiliki beberapa keunggulan seperti dapat meningkatkan traffic dan juga tampilan lebih professional.

Untuk membuat blog, anda harus tentukan niche terlebih dahulu. Bisa pilih bertemakan teknologi, olahraga, kuliner, travelling dan masih banyak lagi.

Lalu, anda dapat mendapatkan uang dari blog lewat beberapa cara, diantaranya:

  • Iklan : Anda dapat mendapatkan penghasilan dari iklan seperti google adsense.
  • Afiliasi : Tampilkan banner afiliasi pada blog, maka setiap orang mengklik link pada banner tersebut anda akan mendapatkan fee.
  • Content Placement : Mempromosikan produk klien didalam blog milik kita.

2. Menjadi Konten Kreator

Selain blogging, kita dapat memanfaatkan platform media sosial lain untuk mendapatkan uang. Youtube, Facebook, Tiktok, Instagram dapat dimanfaatkan dalam meraih rupiah.

Contohnya menjadi youtuber. Bayangkan, hanya dengan merekam menelusuri kota sambil berjalan kaki, anda dapat membuat penonton tertarik melihat channel anda. Cukup efektif untuk menggaet penonton sambil mendapatkan penghasilan.

Contoh lain dari Instagram. Disana anda dapat berperan sebagai influencer yang mempromosikan produk-produk klien. Tingginya insight instagram anda, selaras dengan uang yang akan anda peroleh.

3. Membuat Toko Online

Punya barang berkualitas, tapi susah menjual secara offline? mungkin anda patut mencoba untuk membuat toko online. Membuka toko online dapat menjangkau pasar lebih luas.

Memang, anda juga dapat menjual barang lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram, atau melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Namun dengan membuka toko online, maka brand anda akan terlihat lebih professional.

Baca juga : Strategi Branding Dalam meningkatkan Peluang Bisnis

Agar tampilan toko online terlihat menarik, buatlah beberapa hal berikut ini:

  • Template yang digunakan harus user friendly dan mobile responsive.
  • Buat tombol call to action (CTA) yang sesuai.
  • Tampilkan gambar produk beserta deskripsi.
  • Buat halaman diskon (promo)
  • Tampilkan rating produk berdasarkan jumlah penjualan.
  • Tersedia payment gateway untuk pembayaran.

4. Raih Pendapatan Lewat gamer

Zaman dulu bermain game bisa dibilang hanya akan menghabiskan waktu dan juga uang (jika bermain ditempat rental). Namun saat ini sudah berubah, karena dengan ngegame, hobi kita itu bisa mendatangkan uang.

Kenapa bisa begitu? Ya, tentu saja dengan memainkam game sambil direkam lalu menguploadnya ke platform media sosial. Belum lagi dari pendapatan-pendapatan lainnya, seperti:

  • Livestreaming: Bisa dilakukan di Youtube dan Facebook. Untuk menjangkau penonton internasional bisa memanfaatkan Twitch.
  • Donasi: Bisa didapatkan lewat subscriber anda. Tiktok juga menyediakan fitur donasi dalam bentuk saweran.
  • merchandise: Jika memiliki subscriber yang banyak, anda bisa menjual merchandise bertemakan brand cahnnel anda sendiri.
  • Sponsor: Skill game jago ditambah subs ratusan ribu hingga jutaan. Maka siap-siap saja anda kedatangan sponsor.
  • Jual Diamond: Memanfaatkan channel anda yang populer, anda dapat menjual diamond yang diperlukan dalam bermain game.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang yang anda  dapatkan dari bermain game. Salah satunya lewat joki. Mereka yang ingin bermain dilevel atas tapi tidak mau berusaha dari level bawah, itu adalah target pasar yang anda incar.

5. Program Afiliasi

Menjadi afiliator salah satu cara untuk membuka "pintu" penghasilan anda. Program afiliasi umumnya dilakukan tanpa modal. Hanya dengan rebahan, share link keberbagai media sosial, dan jika ada yang mengklik link afiliasi maka anda akan mendapatkan komisi.

Syarat mendapatkan keuntungan disini susah-susah gampang. Tergantung keaktifan anda dimedia sosial. Semakin sering memposting konten dan membagikan link referral, semakin besar fee yang akan diterima.

Baca juga : Kode Referral: Cari Tahu Arti, Cara Menggunakan, Serta Manfaatnya

Indonesia sendiri sudah banyak website yang menjalankan program afiliasi. Tokopedia dan Shopee menjadi dua dari sekian banyak website yang mengadakan program afiliasi tersebut.

6. Menjual eBook

Selain blog, ternyata hobi menulis bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dari internet lewat penjualan eBook. Sebagai persiapan menjual eBook, pikirkan dulu hal-hal berikut:

  • Tentukan tema yang dipilih.
  • Desain cover sekreatif mungkin.
  • Buat gaya penulisan lewat sudut pandang dari target audiens.
  • Persiapkan website sebagai tempat menjual ebook, bisa bikin sendiri atau berjualan melalui marketplace.
  • Aktif di media sosial untuk promosi ebook sebagai bagian marketing.

Pada poin nomor 4 untuk tempat penjualan, kalau tidak bisa membangun website sendiri, anda dapat menjualnya lewat marketplace. Indonesia sendiri tersedia beberapa marketplace sebagai sarana menjual eBook. NulisBuku dan Gramedia adalah contohnya.

7. Jual Hasil Foto

Hobi Motret? Silahkan ambil gambar yang bagus, karena hasil foto bisa anda jual lewat situs-situs penjualan gambar digital seperti Shutterstock dan iStock.

Nantinya foto-foto anda tersebut akan dipajang pada website tadi dan membuka peluang untuk dibeli oleh pencari foto.

Baca juga : 5 Cara Menjernihkan Foto Buram Tanpa Aplikasi

Anda juga dapat memasarkan hasil karya anda dengan membangun website sendiri. Kelebihan dan kekurangan yang didapat dengan membuka website sendiri adalah:

  • Kelebihan: Benefit yang didapat lebih besar, kontrol penjualan lebih optimal, karena anda yang sendiri yang mengatur.
  • Kekurangan: Investasi yang besar karena butuh modal tinggi untuk membangun website dan waktu yang banyak untuk promosi.

Membuka website sendiri disarankan bagi yang memiliki hasil kualitas foto jernih. Oleh karena itu, seorang fotografer lebih cocok menggunakan website sendiri karena mereka sudah terbiasa memotret dengan hasil yang bagus.

8. Freelance Online

Istilah pekerja lepas bukan hanya terjadi didunia nyata. Tapi, dengan bermodalkan internet dan laptop anda dapat menjadi freelance secara online hanya dari rumah saja.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi freelancer online bermacam-macam. Hobi menulis bisa anda salurkan lewat pembuatan artikel, mereview produk dan jasa content marketing lainnya.

Dalam rangka memancing klien agar memakai jasa anda, tentu harus dengan cara meningkatkan portofolio. Selain itu Wajarlah dalam nego harga. Karena jika terlampau tinggi, klien akan beralih ke kompetitor.

Untuk menjual skill anda, bisa lewat situs-situs freelancer yang tersedia. Fiverr dan latium adalah contoh website luar negri bagi freelancer yang menargetkan pasar Internasional.

Indonesia sendiripun terdapat website-website freelance yang dibutuhkan bagi pekerja lepas untuk mencari uang. Projects.co.id adalah salah satu website freelance Indonesia terbaik.

9. Info Loker

Ternyata, membuat website pencarian kerja dapat mendatangkan uang. Mengingat saat ini banyak yang sedang membutuhkan pekerjaan dan ingin mencari info loker ditempat manapun.

Website ini bisa memperoleh keuntungan lewat perusahaan-perusahaan yang memasang iklan loker. Selain itu juga dapat diperoleh dari member aktif berlangganan.

Semakin banyak member, semakin banyak pula perusahaan yang memasang iklan. Karena perusahaanpun akan menilai, percuma memasang iklan tapi sepi pengunjung.

Jadi, pertama anda mesti promosi website agar jumlah member anda meningkat.

10. Menjual Template

Jago coding, anda dapat memanfaatkan keahlian itu dengan membuat template premium. template sangat dibutuhkan bagi blogger maupun pemilik website. template berestetik sering dipilih untuk keindahan tampilan website.

Untuk mendapakan pangsa pasar, bisa juga dengan bergabung ke beberapa marketplace seperti TemplateMonster. Benefit yang didapatkan selain menjangkau audiens, biasanya marketplace akan memberikan hadiah berdasarkan jumlah penjualan.

11. membuka Jasa SEO

Pelaku bisnis online tentu ingin berada pada halaman pertama dikolom pencarian google. Tujuannya untuk meningkatkan traffic kunjungan. Berada pada ranking atas dinilai banyak pihak akan meningkatkan volume penjualan.

Mereka akan melakukan segala cara untuk menempati posisi tersebut. Salah satunya dengan menggunakan jasa SEO.

Dengan membuka jasa SEO, akan membantu pemilik website untuk mengoptimalkan traffic website agar berada diperingkat atas google.

Tahap awal untuk memulai bisnis SEO, anda harus memiliki website  dan menampilkan portofolio. Tanya apa yang diinginkan klien serta tawar harga sewajarnya.

12. Guru Bahasa Asing Secara Online

Jika fasih berbahasa asing, anda dapat membuat website mengajar bahasa asing secara online. Apalagi jika anda menguasai lebih dari satu bahasa asing, akan meningkatkan jumlah murid anda.

Namun, jika dirasa tidak sanggup membuat website, anda dapat bergabung menjadi tutor dibeberapa webiste yang telah ada, seperti Remote.co atau VerbalPlanet.

Siapakan juga sertifikat anda. Karena dengan adanya sertifikat, tentu akan memperlihatkan kualitas sebagai pengajar dan dipercaya oleh murid.

13. Membership Site

Membuka situs berlangganan (Membership Site), patut dicoba dalam bisnis online. Berbekal informasi yang dimiliki, anda dapat membuat artikel-artikel yang hanya dapat dilihat oleh member aktif.

Preview dibutuhkan, untuk dapat dibaca sebagian artikel. Lalu, jika mereka ingin membaca full artikel, mereka harus membayar untuk berlangganan.

Untuk membuka bisnis online ini, anda harus menentukan tema yang digemari banyak pembaca. Contohnya seperti topik tentang teknologi.

Selain artikel, juga bisa dengan membuat novel. Biasanya, pembaca setia akan penasaran akan kelanjutan cerita novel tersebut, sehingga tidak ragu untuk membayar agar mengetahui endingnya.  

14. Micro Job

Pekerjaan sederhana, simpel dan gak ribet namun dapat menghasilkan uang, Micro Job adalah jawabannya. Sesuai dengan namanya, pekerjaan yang dilakukan  cukup mudah seperti, memperbaiki kata typo, klasifikasi data, atau mentranslate kata.

Pekerjaan yang tidak perlu keahlian khusus ini, selain sederhana modal yang diperlukanpun tidak besar. Hanya butuh sebuah laptop dan koneksi internet anda dapat melakukan tugas micro job.

15. Jasa Pembuatan Desain

Dunia digital marketing yang dapat menghasilkan banyak uang, membuat orang-orang ingin terjun didalamnya. Namun, untuk meningkatkan brandnya diperukan desain yang menarik untuk dilihat.

Oleh karena itu, jasa pembuatan desain dibutuhkan bagi pelaku bisnis online namun tidak paham soal desain grafis. Ini adalah peluang bagi yang mampu berkreasi dalam menciptakan sebuah desain.

Logo, template, banner dan lainnya adalah desain-desain yang dapat anda jadikan peluang bisnis. Dengan banyaknya media sosial dan website yang butuh jasa pembuatan desain, keahian yang anda miliki akan mendatangkan pundi-pundi uang.

16. Pembuatan Jingle

Sebagai pencinta musik, mungkin anda sering mencoba memainkan alat musik sembari memikirkan karya-karya original. Kalau anda pernah melakukannya, anda bisa membuka jasa pembuatan jingle.

Perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produknya, agar lebih diingat orang, mereka akan memperkenalkan produk yang diiringi musik. Tak jarang perusahaan tersebut menyewa musisi dalam pembuatan jingle.

Membuka website disertai contoh jingle yang telah anda ciptakan, akan membuka bisnis online anda dibidang musik. Dengan adanya website meningkatkan kepercayan perusahaan untuk tidak ragu memakai jasa anda.

17. Voice Over

Memiliki suara yang bagus dan unik, mungkin anda dapat mencoba peruntungan sebagai voice over. Pekerjaan ini cukup menjanjikan, karena banyak konten kreator yang ingin membangun channel youtubenya, tapi tidak pede dengan kualitas suaranya.

Untuk menjadi voice over, anda dapat bergabung dibeberapa marketplace, seperti pengisisuara.com, voice over Indonesia, dan juga fastwork.

Keunikan disertai kualitas suara yang bagus, anda dapat menjadi voice over dengan mendubbing berbagai macam video. Mulai dari bertemakan religi, agama, kartun, hingga video-video lucu.

Raih Pendapatan Secara Online

Daftar-daftar diatas bisa anda jadikan rujukan sebagai pertimbangan untuk menjalani bisnis online. Mudah-mudahan, dari daftar tersebut, terdapat pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki.

Bisnis online tersebut bisa anda gunakan tanpa membangun website sendiri. Namun jika punya modal lebih, sebaiknya anda mulai membangun website agar terlihat lebih professional dan meningkatkan traffic visitor serta penjualan.

"Ayo", raih pendapatan secara online sekarang juga...

Posting Komentar untuk "15+ Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat Secara Online [ Buruan Lihat ]"