10+ Contoh Copywriting Headline yang Ampuh Menghipnotis Pembeli

 Sumber: Unsplash

Salah satu cara memikat pengunjung untuk mengklik blog atau website adalah dengan memanfaatkan teknik Copywriting. Tulisan yang unik dan isi berkualitas merupakan metode paling ampuh dalam meningkatkan traffic.

Tenik copywriting mesti dipahami bagi penggerak bisnis online. Bagaimana bisa anda menjual produk, namun tidak memperhatikan gaya penulisan. Akibatnya, produk yang dipromosikan tidak memikat hati pembeli.

Era digital marketing saat ini, teknik copywriting menjadi kunci bagi pemilik blog dan website, agar audiens betah berlama-lama membaca isi tulisan.

Teknik Copywriting dalam Pembuatan Headline

Copywriting diperlukan sebagai bagian marketing lewat tulisan. Copywriting yang unik membuat visitor terbujuk rayu agar membeli produk atau langganan-langganan yang ditawarkan oleh pemilik website.

Sebelum melihat isi konten, judul yang memikat menjadi tombak utama bagi pemilik situs untuk menggoda para visitor. Untuk itu, kali ini saya akan jabarkan teknik copywriting headline yang ampuh menghipnotis pembeli.

Inilah teknik copywriting headline berdasarkan jenisnya.

1. Contoh Best Headline

Best headline mengedepankan keunggulan artikel website dibandingkan kompetitor. Lazimnya terdapat kata-kata terlengkap, terbaik, paling populer, dan sebagainya.

Best headline sangat ampuh dipakai, karena kebanyakan orang ingin melihat kualitas terbaik dari isi konten yang dicari. Sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot berkunjung ke topik sejenis.

Berikut contoh penggunaan teknik copywritng Best Headline:

  • 10 Situs Penjual Domain Terbaik.
  • Lihat, Deretan Mobil termurah 2022.
  • Cari Tau Blogger Terpopuler 2022.

2. Contoh Curiosity Headline

Bikin pembaca penasaran sehingga menambah peluang mereka berkunjung. Teknik copywriting ini berasarkan jenis curiosity headline. Tanpa membuat judul yang lengkap, memancing rasa ingin tahu visitor dan tidak ragu mengklik tautan tersebut.

Inilah contoh penggunaan teknik copywritng Curiosity Headline:

  • Ingin tahu cara meningkatkan traffic blog dan website? Klik Disini.
  • Wow, Wanita ini mampu turunkan berat badan 2 kg sehari. Temukan Rahasianya.
  • Tiket Pesawat Liburan Jakarta-Bali Cuma Rp. 100 Ribu?. Cepat Cek Promonya Sebelum Kehabisan.

Buatlah mereka bertanya-tanya, sembunyikan tiap rincian jawaban agar mereka klik linknya dan cari tahu sendiri.

3. Contoh Question Headline

Jenis Question Headline membuat pembaca mendapatkan informasi yang dicari. Buatlah mereka terlihat lebih dekat agar pembaca merasa kebutuhan mereka terpenuhi.

Teknik copywriting ini mengharuskan isi konten selaras dengan jawaban. Buatlah headline berdasarkan pemikiran mereka. Ikuti jalan pikirnya agar mereka merasa konten ini benar-benar dibutuhkan.

Ini Dia contoh penggunaan teknik copywritng Question Headline: 

  • Sudahkah Berat Badan Anda Ideal?
  • Apakah Pendapatan yang Anda Terima Cukup Untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga?
  • Menyambut Libur Tahun Baru : Mau Kemana Anda Pergi Berlibur? 

Question Headline ini bercirikan pertanyaan dari setiap judul. Buatlah judul yang membuat pembaca mendapatkan jawaban-jawaban yang mereka cari dalam isi konten.

4. Contoh List Headline

Ciri khas dari List Headline ini yaitu menyisipkan jumlah angka pada judul. List Headline ini menarik pengunjung dengan banyaknya jumlah informasi yang diperoleh.

Berikut contoh penggunaan teknik copywritng List headline:

Harus diingat juga, semakin banyak angkanya tidak serta merta membuat Pembaca suka. Jadi, bikin jumlah yang relevan dan sesuai dengan isi konten.

5. Contoh News Headline

News Headline identik dengan informasi terbaru yang lagi viral atau trending. Maka, informasi yang diberikan menjadi informasi pilihan yang sedang digemari.

Contoh penggunaan teknik copywritng News headline:

  • Anak Tukang Becak Berhasil Meraih Cumlaude Terbaik UGM
  • Apple Keluarkan Iphone Terbaru
  • Tangan Terbakar, Anak Ini Terlihat Seperti Ghost Rider

Kerap kali News Headline sering diberi bumbu agar diklik pembaca. Seperti contoh terakhir judul diatas. Kalimat menjadi ghost rider merupakan clikbait. Tapi, harus berhati-hati karena tidak semua orang suka cara itu. Akibatnya mereka akan beralih ke berita lain.

6. Contoh Command Headline

Command Headline merupakan jenis dari copywritng dengan menggunakan perintah. Terkadang, perintah tersebut harus dilakukan segera.

Contohnya seperti ini:

  • Dapatkan Diskon 11.11 Sekarang Juga: Awas Nanti Kehabisan
  • Mulai Investasi Sekarang: Untuk Jaminan Hari Tua
  • Sedekahlah, Untuk Bekal di Akhirat

Judul yang bercirikan command headline harus memberikan alasan, kenapa mereka mau menuruti perintah tersebut. Kalau perlu berikan juga dampak yang ditimbulkan agar artikel anda memiliki nilai lebih dimata pembaca.

7. Contoh Benefit Headline

Sesuai namanya, Benefit Headline menitikberatkan keuntungan bagi pembaca. Keuntungan yang diperoleh dapat bernilai ekonomis atau psikologis.

Contoh judul dari Benefit Headline seperti dibawah ini:

  • 5 Langkah Jitu Untuk Menjadi Youtuber Sukses
  • Tips & Trik Diterima Kerja di BUMN 
  • 10+ Template Gratis Untuk Membangun Website Keren

Terlihat 2 contoh awal merupakan benefit yang didapatkan bersifat psikologis, sehingga pembaca terpacu untuk mengetahui isi tulisan tersebut. Sementara contoh terakhir bersifat ekonomis, dimana pembaca mengklik tautan sambil berharap segera meperoleh template gratis.

8. Contoh Selective Headline

Selective Headline mengajak pembaca agar mau join ke grup pembuat headline. Jenis Copywriting ini berupaya agar anda masuk kedalam lingkaran mereka.

Contoh Selective Headline Bisa anda lihat dibawah:

  • Ajak 10 Teman Anda, Agar Anda Mendapatkan Diskon 50% Biaya Pendaftaran
  • Domain Gratis Bagi Member Aktif
  • Pencinta Bola Gabung Sini: Ada Hadiah Jersey ORI Gratis

9. Contoh Gimmick Headline

Jenis headline seperti ini identik dengan permainan kata. Tujuannya untuk memberikan efek kejut kepada pembaca. Gaya tulisan yang dipakai biasanya dengan melakukan pengulangan kata.

Berikut contoh dari Gimmick Headline

  • Kopi Susu Pemikat, Beli 1 Gratis 1
  • Jasa Pembuatan Website, Hasil Anti Meleset
  • Sate Madura Cak Burhan, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima

Pebisnis merasa tertantang dalam merangkai kata, sehingga memunculkan sebuah kalimat unik penuh makna. Tentu saja, bukan hanya sekedar kalimat, tapi juga disertai dengan keunggulan produknya.

10. Contoh Claim Headline

Unggul daripada yang lain adalah karakter dari Claim Headline. Dengan melakukan klaim, disertai kualitas akan membawa audiens untuk mengikuti headline.

Coba lihat contoh Claim Headline berikut:

  • Baca Sekali, dijamin Lulus CPNS
  • Baju Wangi Sepanjang hari, Hanya dengan Sekali Pemakaian
  • Jasa SEO Nomor Satu: Untuk Meningkatkan Traffic Website

Headline diatas seperti memberikan kualitas terjamin bagi para pembaca. Tapi ingat, jangan hanya sekedar clikbait. Tapi usahakan juga produk atau jasa yang ditawarkan sebanding dengan kualitas.

11. Contoh Fear Headline

Memang memberi ketakukan dinilai kurang etis bagi sebagian pembaca. Namun, justru itu seperti lampu kuning agar berhati-hati terhadap sesuatu yang mungkin akan terjadi.

Fear Headline bisa diberi contoh seperti ini:

  • Waspada! Resesi Global Menerjang Indonesia
  • Jangan Anggap Remeh Batuk Kering
  • Konflik Rusia-Ukraina Ancam Perang Dunia 3

12. Contoh Teaser Headline

Teaser Headline meberikan ajakan persuasif disertai tantangan kepada pembaca. Copywriting ini menguji pembaca untuk unjuk keberanian agar melakukan tantangan yang menjadi bagian promosi tersebut.

Berikut Contoh dari Teaser Headline:

  • Buktikan Kalau Anda Mampu Menghasilkan 1M dalam Setahun dari Investasi Saham
  • Ayo, Ikuti Lomba Lari Marathon: Kalau Kamu Memang Kuat
  • Buat 1 Artikel 1000 Kata dalam Sehari? Emang Kamu Bisa?

Headline diatas, mungkin terkesan agak meremahkan pembaca. Namun, justru hal tersebut akan membuat pembaca lebih tertantang untuk membuktikan kapasitasnya.

Tentukan Copywriting Headline yang Cocok

Merangkai kata untuk menjadi sebuah kalimat memang tidaklah gampang. Walaupun Copywriting Headline merupakan kalimat yang tidak terlalu panjang. Namun, mengolah kata yang cocok dan efektif sesuai dengan isi konten bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk melakukan hal tersebut, yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan jenis copywriting tersebut. Lalu, buatlah headline yang memang dibutuhkan oleh pembaca, disertai jawaban yang tertera pada konten.

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Copywriting Headline yang Ampuh Menghipnotis Pembeli"