Tempat Baca Manga Resmi : Buat Pencinta komik jepang

Bagi pencinta komik Jepang atau yang biasa disebut manga, membaca chapter terbaru dari sebuah manga mungkin menjadi salah satu momen yang kita tunggu apalagi komik tersebut merupakan manga favorit kita.

Untuk membacanya kita bisa membeli langsung komiknya di toko buku ataupun membacanya secara online di internet.

Namun, apakah kalian tau kalau beberapa situs untuk membaca manga tersebut merupakan situs ilegal ?. Karena tidak semua situs yang biasa kita kunjungi merupakan situs legal.

Banyak juga situs ilegal yang melakukan translation dengan bahasa mereka lalu mengkomersialisasinya.

Bagi kita mungkin agak kurang peduli dengan yang bersifat legal atau ilegal karena yang kita inginkan hanyalah membacanya saja.

Tapi bagi kreator yang menciptakan serial manga tersebut, ketika karya mereka dijiplak tentu ada rasa yang tidak enak karena mereka sudah susah payah membuat serial tersebut.

Nah, jadi bagi kalian yang ingin membaca manga secara legal disini akan merekomendasikan beberapa situsnya.

1. ComicWalker

Situs pertama yaitu comic walker. Situs terbitan kadokawa ini sayangnya hanya tersedia dalam tiga bahasa saja, yaitu Jepang, Inggris, dan Mandarin. Namun situs ini merupakan situs yang legal dan bisa kita baca secara gratis.

Comic walker memiliki fitur rankings, favorit, serta calender. Untuk koleksi komiknya ada berbagai macam, sebut saja Elden Ring, Mobile Suit gundam The Origin, Biscuit, Nobunaga The Fool, dan masih banyak koleksi manga lainnya yang bisa dibaca secara gratis.

2. Book Walker

Selanjutnya ada Book walker. Sama seperti comicwalker, book walker juga terbitan kadokawa. Selain manga situs ini juga menyediakan light novel. Genre yang tersedia disini ada action, adventure, comedy, fantasy dan yang lainnya.

Untuk koleksinya sendiri situs ini menyediakan serial anime populer seperti Attack On Titan (AOT), Sword Art Online (SAO), Skeleton Knight In Another World, serta Classroom of The Elite. Namun tidak semuanya gratis, ada beberapa manga yang berbayar.

3. Manga Plus

Manga plus merupakan salah satu situs pilihan favorit bagi kalian untuk membaca manga secara gratis. Mangaplus merupakan layanan dari Shueisha sekaligus penerbit majalah Jepang Weekly Shonen Jump.

Disini tersedia serial manga terbaru seperti Demon Slayer, serta juga tersedia old anime seperti Dragonball, Naruto, One Piece, dan Tokyo Ghouls.

Waktu terbitnyapun bersamaan dengan perilisan majalah Weekly Shonen Jump di Jepang, jadi penerbitannya pun lebih cepat dibandingkan dengan situs lainnya. Manga plus juga menyediakan translasi kedalam bahasa Indonesia.

4. Crunchyroll

Rekomendasi berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah crunchyroll. Situs ini menjadi layanan situs favorit bagi pecinta komik Jepang. Banyak kumpulan manga pilihan yang tersedia disini seperti Boruto, Fire Force, dan Genshin Impact. Kalian bisa membacanya secara gratis disini.

Situs ini terdapat fitur berita seputar anime yang bisa kalian baca untuk update informasi terbaru. Selain itu terdapat menu games yang bisa kalian download di palystore maupun appstore.

Kalian juga bisa berlangganan premium dengan membayar sekitar Rp. 29.000-Rp. 39.000 per bulan. Dengan premium kalian bisa mengaksesnya tanpa iklan serta beberapa layanan berbayar lainnya.

5. ComiXology

Comixology merupakan situs milik Amazon. Situs ini menjadi salah satu situs keren bagi kalian yang ingin membaca manga. Koleksinya juga sangat banyak, ada Attack On Titan, Demon Slayer, Fairy Tail serta Call of the Night.

Uniknya situs ini tidak hanya menyediakan komik Jepang saja. Tetapi disini juga tersedia keluaran DC, Marvel dan lainnya.

Kalian bisa membeli berbagai macam komik lewat situs ini dalam bentuk digital. Atau kalian dapat berlangganan cukup dengan membayar sejumlah $ 5,99 per bulan.

Selain lewat browser, kalian juga dapat mengaksesnya dengan menginstall aplikasinya di playstore dan app store.

Nah, itulah lima situs pilihan yang bisa kalian kunjungi untuk membaca manga secara online. kalian bisa mengaksesnya lewat browser kalian. Pilihannya ada yang gratis dan juga berbayar, serta ada yang memiliki terjemahan ke bahasa Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tempat Baca Manga Resmi : Buat Pencinta komik jepang"