Perubahan Teknologi Serta Efeknya Terhadap Manusia

Seiring waktu teknologi terus memunculkan inovasi-inovasi terbaru. Perubahan ini gak bisa dihindari apalagi perusahan-perusahaan besar terus berpacu saling bersaing dengan memunculkan produk berteknologi demi meraih keuntungan.

Efek yang ditimbulkan oleh perubahan ini dapat membantu manusia untuk menjalani aktivitas. Namun jika tidak dikontrol bisa saja menimbulkan efek negatif terhadap manusia itu sendiri.

Contoh kecil dari perubahan teknologi seperti smartphone yang kita punya. Dulu untuk bertukar informasi orang-orang menggunakan surat untuk berkomunikasi. 

Biasanya proses saling balas surat bisa memakan waktu berbulan-bulan. Namun kini dengan hadirnya smartphone proses pertukaran informasi bisa berlangsung dalam hitungan detik.

Arti dari Teknologi

Teknologi merupakan penemuan sains yang biasanya berbentuk barang untuk memudahkan aktivitas manusia. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini terdapat jenis teknologi yang tidak bisa disentuh.

Internet merupakan salah satu contohnya. Zaman dulu kita bisa mendapatkan informasi dengan membaca koran, namun hari ini kita dapat memperoleh informasi hanya dengan menggunakan internet.

Dengan smartphone yang kita punya lalu kita membuka browser seluruh informasi didunia bisa kita dapatkan.

Perubahan Teknologi diberbagai Bidang

Perubahan-perubahan yang tercipta dalam dunia teknologi dapat ditemukan diberbagai bidang. Perubahan ini diharapkan mampu memberikan kemudahan akses terhadap manusia. Bidang apa saja yang yang dapat berpengaruh ?, diantaranya sebagai berikut:

1. Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas perubahan teknologi bisa terjadi dibidang informasi. Dengan surat dulu kita dapat menceritakan kondisi kita dengan teman kita, namun zaman sekarang sudah tersedia aplikasi-aplikasi bertukar pesan layaknya WA, Telegram, atau Line yang dapat kita gunakan untuk chatting dengan waktu singkat.

2. Pendidikan

Teknologi juga memudahkan bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Mulai dari tugas sekolah yang dapat kita temukan diinternet, hingga mencetaknya dengan menggunakan printer.

Selain itu pandemi covid19 yang sempat terjadi membuat siswa belajar secara online. hal itu juga bagian dari kemajuan teknolgi.

3. Transportasi

Perubahan teknologi juga terjadi dibidang transportasi. ketika kita ingin naik angkutan umum, biasanya kita menunggu diluar rumah. Namun sekarang terdapat aplikasi seperti gojek, grab, dan maxim yang mampu memanggil driver cukup dari rumah saja.

 4. Medis

Dulu dibidang medis atau kesehatan tidak memiliki tekonolgi untuk membantu pasien. Sekarang seiring berjalannya waktu alat-alat medis berkembang seperti adanya kartu pasien yang berisikan data pasien beserta riwayat penyakitnya.

Selain itu adanya aplikasi seperti halodoc yang memudahkan pasien untuk menceritakan keluhannya lewat smartphone.

5. Bisnis

Bidang bisnis juga memberikan perubahan dalam memudahkan proses jual beli. Terdapat aplikasi jual beli secara online layaknya tokopedia, shopee, dan masih banyak lagi yang membuat pembeli dapat mengincar barang yang hendak dibeli lewat aplikasi tersebut.

Teknologi ini membantu proses jual beli ketika customer tidak punya waktu untuk berbelanja langsung ketoko.

6. Pertanian

Kemajuan teknologi dibidang pertanian ternyata bisa juga terjadi. Dengan memperoleh informasi diinternet, kita dapat mencari tahu cara menanam yang benar, juga cara memperoleh bibit yang bagus. Dengan begini kita bisa berharap memanen bahan makanan terbaik.

7. Perbankan

Dunia perbankan tentu sangat terbantu dengan kemajuan teknologi. Perubahan Teknologi ini membantu nasabah dalam melakukan berbagai transaksi.

Misalkan untuk melakukan pengiriman duit, tanpa perlu pergi ke atm kita dapat mengirim duit lewat smartphone dengan bantuan mobile banking.

Efek Positif Perubahan Teknlogi Terhadap Manusia

Perubahan teknologi tentu diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia yang menggunakannya. Seperti perubahan diberbagai bidang diatas, perubahan ini memberikan efek positif bagi manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain itu terdapat efek-efek positif lainnya seperti:

  • Memudahkan proses belajar mengajar bagi siswa dan guru selama masa pandemi.
  • Pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
  • Dapat memperoleh informasi jarak jauh.
  • Kemudahan layanan diberbagai bidang.

Kemudahan-kemudahan yang tercipta lewat munculnya teknologi membuat kita terbantu dalam mempercepat proses aktivitas yang sedang dijalani. Sehingga pengerjaan yang dilakukan dapat dicapai secara optimal.

Efek Negatif Perubahan Teknlogi Terhadap Manusia

Perubahan teknologi ini memang memberikan efek positif bagi manusia. Namun hati-hati, kalau kita tidak menggunakannya secara bijak bisa saja teknologi justru menimbulkan petaka lewat efek negatif yang ditimbulkan. Contohnya seperti berikut ini:

1. Perjudian dan Penipuan

Dengan berkembangnya teknologi membuat perjudian bukan hanya terjadi secara offline, tetapi sudah bisa diakses secara online. Begitu juga dengan kasus kriminalitas lainnya seperti penipuan yang bisa dilakukan lewat teknologi tanpa tatap muka.

2. Penyebaran Hoaks

Dengan teknologi informasi dapat ditemukan dengan mudah. Namun ini menjadi celah bagi orang-orang yang senang membuat kegaduhan dengan melakukan penyebaran hoaks. Hal ini bisa berakibat fatal seperti perang antar suku.

3. Penyebaran Malware

Kita dimudahkan dengan adanya teknologi seperti komputer. Namun harus hati-hati karena banyak orang-orang yang mengirimkan malware dan virus yang dapat merusak proses operasi komputer kita. Atau bahkan hacker yang ingin membobol data pribadi kita.

4. Menurunnya Sosialisasi

Dengan Gadget yang kita punya kita dapat bertukar pesan atau memperoleh informasi dari jarak jauh. Akan tetapi juga bisa menjauhkan yang dekat jika kita terus-terusan memainkan gadget tanpa memperdulikan kondisi sekitar.

Kesimpulan

Jadi, teknologi memang bagus dan menolong manusia untuk melakukan aktivitas keseharian, namun jika tidak dikendalikan bisa membuat kita salah arah dan justru teknologi tersebut yang mengendalikan kita.

Maka dari itu kita harus menjaga diri dari bahaya yang ditimbulkan lewat efek negatif dari teknologi tersebut sambil memanfaatkan efek positif yang diberikan.  

Posting Komentar untuk "Perubahan Teknologi Serta Efeknya Terhadap Manusia"