Taktik Jitu Tuvalu Melalui Bisnis Domain

Profil Tuvalu

Tuvalu merupakan sebuah negara yang terletak di Samudra Pasifik, diantara Australia dan Hawaii. Negara ini memiliki daratan seluas 26 Km. Hal ini menjadikan Tuvalu sebagai negara dengan luas wilayah terkecil nomor empat didunia diatas Vatikan, Monako, dan Nauru.

Negara yang beribukotakan Funafuti ini, merupakan negara kepulauan yang memiliki tiga pulau karang serta enam atol.

Di Negara Tuvalu terjadi dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Akibat perubahan suhu laut di Samudra Pasifik mengakibatkan Tuvalu terkena dampak efek El Nino (badai tropis) dan La Nina (kekeringan).

Populasi di negara ini mencapai 11.000 jiwa. Dengan letak geografis yang dikelilingi lautan, tak heran membuat warganya memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan.

Namun bisnis perikanan ini tidak cukup bagi negara tersebut untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakatnya tersebut. Untuk itu pemerintahannya memikirkan bisnis lainnya dan salah satu bisnis yang menjanijikan bagi negara tersebut adalah bisnis domain.

Domain .tv

Tuvalu akhirnya memiliki domain internet .tv yang membuat negara mendapatkan keuntungan. Dengan domain yang unik, menjadikan .tv sebagai domain primadona. Akibat domain unik tersebut banyak perusahaan atau website besar menggunakan domain .tv.

Platform streaming semacam twitch.tv, adalah salah satu pengguna domain tersebut. Selain itu Hollywood.tv dan kompas.tv di Indonesia juga menggunakan domain tersebut.

Tuvalu awalnya bekerjasama dengan Verisign.Inc asal Virginia, Amerika Serikat terhitung mulai dari tahun 2001 hingga 2021. Dari kerjasama tersebut, Tuvalu dikabarkan mendapatkan untung sekitar $ 5 Juta per tahun dari royalti pemakaian domain .tv nya.

Dengan populernya domain .tv, pemerintah Tuvalu mengatakan bahwa nilai kontrak yang diberikan itu jumlahnya terhitung kecil, mengingat saking larisnya domain tersebut membuat website raksasa di seluruh belahan dunia menggunakan domain unik dari negara tersebut.

Namun, walau begitu nilai kontrak $ 5 Juta tersebut juga sangat penting bagi perekonomian Tuvalu. Dengan uang segitu terhitung memberikan 1/12 dari Gross National Income (GNI) atau Pendapatan Nasional Bruto masuk ke dalam kas negara Tuvalu.

Uang kas tersebut setidaknya mampu membuat Tuvalu mengembangkan negaranya. Dengan mendirikan infrastruktur-infrastruktur seperti rumah sakit, bank dan bandara yang membuat akses keluar masuk ke negara tersebut menjadi lebih mudah.

Namun, dengan berakhirnya kerjasama tersebut tahun lalu, kini Tuvalu bekerjasama dengan perusahaan lainnya. dengan melalui proses tender yang panjang dan kompetitif, Tuvalu ingin mendapatkan investasi dengan nilai kontrak yang jauh lebih besar dari sebelumnya sehingga pemerintah Tuvalu bisa memajukan negaranya lewat bisnis domain ini.

Akhirnya terpilihlah perusahaan bernama GoDaddy, yang mendapatkan kerjasama baru sebagai perusahaan yang mengelola penyedia layanan country code top level domain (ccTLD) untuk mengelola domain .tv nya. 

Untuk nilai kontraknya sendiri kedua belah pihak tidak mengumumkannya, namun disinyalir kalau jumlahnya jauh lebih besar dari kerjasama sebelumnya bersama Verisign.

Hal itu didasari dari perusahaan GoDaddy yang bekerjasama dengan domain terkenal lainnya seperti .us, .in, ,biz, dan .co sebagai pihak pengelola domain tersebut hingga saat ini.

Seperti dijelaskan sebelumnya, selama 20 tahun domain ini .tv milik Tuvalu dikeola oleh Verisign, namun nilai nya dirasa kecil mengingat populernya domain ini.

Apalagi beberapa tahun belakangan ini, banyak konten-konten video yang melakukan livestreaming, yang biasanya mereka menguploadnya ke Twitch.tv ataupun Nimo.tv dimana kedua platform tersebut menggunakan domain .tv milik Tuvalu.

Dengan kondisi saat ini dimana Tuvalu mengalami perubahan iklim yang bisa berdampak negatif terhadap wilayah Tuvalu seperti kenaikan permukaan air laut, yang bisa membuat hilangnya sebagian wilayah dari negara tersebut.

Sehingga dengan kerjasama baru tersebut, Tuvalu bisa membangun negara digital untuk menghadapi perubahan iklim.

Maka dari itu dengan kerjasama baru ini pemerintah Tuvalu berharap mendapatkan kucuran dana dari GoDaddy dengan nilai yang fantastis pertahunnya karena domain .tv bisa menjadi "tambang emas" bagi pemerintah Tuvalu dalam meningkatkan perekonomiannya. 

Posting Komentar untuk "Taktik Jitu Tuvalu Melalui Bisnis Domain"