7 Situs Pilihan Untuk Cek Plagiarisme Tulisan Secara Online

Dalam membuat sebuah karya tulisan, hal yang perlu dihindari adalah soal plagiarisme, yaitu meniru tulisan orang lain lalu menduplikasinya atau melakukan plagiat dan mengakuinya sebagai karya tulis miliknya sendiri.

Maka dari itu kita harus membuat tulisan yang orisinil dan menjaga kredibilitas kita sebagai penulis. Dengan menjaga keaslian tulisan juga bakal mempengaruhi seo dari konten yang kita buat.

Memang saat ini sudah bertebaran tulisan-tulisan di internet yang memiliki judul mirip atau tema yang mirip dengan karya yang kita buat. Nah, untuk itu kita harus berfikir keras agar tulisan kita ini tidak sama dengan orang lain, serta tetap menjaga kualitas dari tulisan kita.

Baca juga: Copywriting Headline yang Ampuh Menghipnotis Pembeli

Agar menghindari plagiarisme, kita juga perlu mencocokkan atau membandingkan tulisan yang kita buat dengan karya orang lain. Mungkin banyak orang yang belum tau bagaimana caranya.

Sebenarnya sangat mudah, karena di internet sendiri telah tersedia website atau situs yang mampu mengecek keaslian tulisan kita secara online. berikut diantaranya.

1. SmallSEOTools

Untuk menghindari kesamaan tulisan, kita perlu mengecek keaslian tulisan yang kita buat. salah satunya dengan mengunjungi situs SmallSEOTools. Kalian bisa mengeceknya dengan mencopy tulisan dan mempastekannya ke kotak yang telah disediakan.

kalian bisa mengeceknya secara gratis hingga seribu kata. Dan kalau kalian memiliki jumlah kata yang banyak, kalian bisa berlangganan agar dapat mengecek sampai 30.000 kata.

Selain mengecek plagiarisme, situs ini juga menyediakan fitur cek grammar. Dan situs ini juga tersedia versi aplikasi yang bisa didiownload melalui playstore dan appstore.

2. Plagiarisma

Selanjutnya ada plagiarisma. Situs ini berguna bagi penulis buku, artikel dan guru untuk mengecek keaslian tulisan baik berupa karya ilmiah, ataupun artikel.

Situs ini juga menyediakan fitur untuk mengecek grammar. Situs ini sangat populer karena telah support dalam 190 bahasa.

Untuk melakukan pengecekkannya, kalian bisa mengcopy tulisan yang kalian punya, lalu paste kotak dialog. Atau kalian juga bisa melakukannya dengan mengcopy link dari konten kita.

Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara mengupload dokumen dengan format PDF, TXT, MS WORD DOC, DOCX, dan lain sebagainya.

3. Dupli Checker

Rekomendasi lainnya kalian bisa pergi ke situs Dupli Checker. Situs ini akan mendeteksi tulisan jika melakukan plagiarisme secara akurat.

Kalian bisa mendeteksi tulisan di situs ini hingga 1.000 kata secara gratis. Dan kalian juga bisa mengecek hingga 25.000 kata dengan berlangganan premium.

Situs ini sudah mendukung beberapa bahasa. Selain bahasa Indonesia, juga tersedia dalam bahasa Jepang, Spanyol, Italia, Inggris, Rusia, Turki, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk pengecekan, kalian tinggal salin tulisan di dalam kotak yang tersedia, atau salin link, serta bisa dengan cara upload dokumen dalam tujuh format, yaitu pdf, rtf, tex, txt, doc, docx, dan odt.

4. Copyleaks

Alternatif lainnya yang bisa digunakan yaitu lewat situs Copyleaks. Situs ini akan mendeteksi tulisan plagiat dengan menggunakan teknologi AI yang didukung 100 bahasa.

Situs ini banyak digunakan oleh pihak guru dan dosen didalam lingkungan sekolah atau kampus untuk mengecek keaslian tulisan ketika diberikan tugas untuk membuat jurnal, makalah atau karya ilmiah.

Selain itu, Copyleaks juga berguna untuk keperluan bisnis. Situs ini akan mengecek keaslian dokumen dan akan mendeteksi jika ada unsur plagiarisme.

Copyleaks memiliki tools seperti pengecek kode plagiarisme, membandingkan teks, dokumen pdf, bahkan mampu untuk membandingkan dua konten secara bersamaan.

5. Grammarly

Dari namanya saja sudah terlihat kalau situs Grammarly adalah situs untuk mengecek dan memperbaiki kesalahan grammar. Kalian bisa mengcopy tulisan kalian dan mempastekannya di situs ini, nanti akan terlihat penulisan grammar yang salah beserta koreksinya.

Tapi ternyata situs ini juga menyediakan fitur untuk pengecekan plagiarisme. Sama seperti pengecekan grammar, kalian tinggal salin saja tulisan kalian di situs ini, dan grammarly akan mengecek secara akurat apakan tulisan kalian original atau tiruan.

6. Quetext

Selanjutnya ada Quetext. kalian bisa menggunakan situs ini untuk cek tulisan kalian hingga 2.500 kata secara gratis. Namun, jika kalian mau cek hingga 100.000 kata, kalian bisa melakukannya dengan membayar $ 9.99 per bulan. Tulisan kalian akan dilakukan pengecekan secara akurat.

Qutext bisa membantu bagi siswa, mahasiswa, guru, dosen, ataupun penulis buku dan artikel untuk mendeteksi tingkat plagiat di situs ini. Quetext menyediakan tools berupa teknologi deep search yng mampu mengecek plagiarisme per kata.

7. Pro Writing Aid

Alternatif terakhir yang bisa digunakan yaitu Pro Writing Aid. Situs ini bisa kalian pakai secara gratis dengan mengecek sampai 500 kata secara online.

Akan tetapi kalian juga bisa berlangganan secara premium dengan membayar biaya sebesar $ 79 per tahun serta kalian akan mendapatkan layanan pengecekan tanpa batasan kata.

Selain cek plagiat tulisan, situs ini juga menyediakan fitur untuk memperbaiki grammar bahasa Inggris. Serta bisa memperbaiki gaya tulisan, dan Pro Writing Aid akan menjadi mentor bagi kita untuk memperbaiki pemborosan kata. Semuanya tersedia dalam satu paket.

Dan itulah contoh 7 situs pilihan yang mampu mendeteksi tulisan kita agar terhindar dari masalah plagiarisme. Ketujuh situs ini mampu mendeteksi karya kita secara akurat. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi untuk takut kena plagiat.

Situs-situs ini menjadi acuan atau alternatif pilihan saja, karena sebenarnya masih banyak lagi situs-situs yang bisa kita pakai untuk pengecekan masalah plagiarisme ini.

Bagi kalian yang ingin menjadi blogger kalian perlu situs-situs diatas, agar artikel yang dibuat bebas dari masalah plagiarisme.  

Posting Komentar untuk "7 Situs Pilihan Untuk Cek Plagiarisme Tulisan Secara Online"