Runtuhnya Dominasi Yahoo Akibat Kesalahan Strategi Bisnis

 

Yahoo dulunya merupakan perusahaan teknologi yang merajai dunia maya. Dimulai sekitar tahun 90-an hingga awal 2000-an adalah masa kejayaan bagi yahoo.

Sebelum berkembangnya google, orang-orang menjadikan platform yahoo sebagai pilihan utama untuk membuat email. Selain itu juga ada yahoo messenger (YM) sebagai platform bagi orang-orang untuk melakukan chatting.

Bahkan yahoo meluncurkan seacrh engine hingga berita online yang membuat yahoo sangat mendominasi dunia digital pada saat itu.

Orang-orang banyak menggunakan fitur-fitur yang disediakan yahoo baik dalam pencarian informasi, melakukan obrolan, atau juga membuat email. Hal ini membuat yahoo mencapai masa keemasannya waktu itu.

Namun semua itu berubah, yahoo tidak lagi memimpin seperti dulu. Banyak faktor yang membuat dominasi yahoo runtuh.

Banyak pihak menilai kemunduran yahoo disebabkan kurangnya inovasi membuat yahoo tertinggal jauh dari pesaingnya hingga kesalahan strategi bisnis yang dilakukan oleh yahoo sendiri.

Gagalnya Pembelian Google

Pada tahun 1998 perusahaan rintisan google bernama pagerank sempat menawarkan perusahaan tersebut untuk dbeli oleh yahoo. Namun pihak yahoo menolak dan berdalih agar orang-orang lebih menghabiskan waktu di platformnya.

Padahal pegerank memiliki teknologi yang ditawarkan agar pengguna dapat dengan mudah menuju website yang sedang dicari.

Selang beberapa tahun kemudian, google kembali ditolak oleh yahoo. Kali ini yahoo ingin membeli google sebesar $ 3 miliar. Namun biaya yang diminta oleh google sebesar $ 5 miliar.

Selisih $ 2 miliar ini yang membuat kesepakatan gagal tercapai. Pada akhirnya saat ini justru google tumbuh menjadi perusahaan raksasa sementara yahoo tertinggal jauh dibelakang.

Gagal dalam Pembelian Facebook

Bukan hanya google, yahoo kembali gagal membeli facebook. Ini terjadi di tahun 2006 ketika facebook yang pada saat itu masih menjadi situs untuk perguruan tinggi ditawari oleh yahoo senilai $ 1 miliar.

Negosiasi ini hampir tercapai, namun akibat masalah di bursa saham membuat yahoo berubah pikiran dan menurunkan tawarannya menjadi $ 850 juta.

Tentu saja Mark Zuckerberg menolak tawaran itu mengingat facebook sedang tumbuh dan dinilai menjadi platform media sosial yang menjanjikan.

Akibat penolakan itu kesepakatan urung tercapai dan mark tidak pernah menjual facebook hingga saat ini. Sebagai catatan, saat ini facebook memiliki nilai kapitalisasi pasar hingga $ 528 miliar.

Negosiasi Gagal dengan Microsoft

Kali ini yahoo yang sudah mulai menurun ditawari oleh microsoft untuk melakukan pembelian. Hal ini dilakukan microsoft sebagai langkah untuk menyelamatkan yahoo yang sedang terpuruk.

Tawarannya sebesar $ 44,6 miliar. Anehnya yahoo yang sedang krisis justru menolak tawaran menggiurkan itu dengan berdalih tawarannya terlalu murah. Padahal yahoo sendiri saat itu sedang tidak sehat.

Penolakan itu membuat negosiasi gagal. Padahal pembelian itu bisa membuat yahoo kembali bersaing dengan google. Tetapi yahoo yang jual mahal dinilai sebagai Langkah mundur yang oleh dilakukan oleh yahoo.

Akibat situasi di yahoo memburuk akhirnya yahoo dijual ke verizon sebesar $ 4,8 miliar, angka yang terlampau jauh dari yang ditawaran microsoft.

Tutupnya Geocities

Yahoo dulu sekitar tahun 1999 memiliki layanan hosting gratis bernama geocities. Seperti wordpress ataupun blogger, geocities sebagai platform untuk membuat website ataupun blog. Akan tetapi yahoo justru menutup layanan ini.

Keputusan ini sangat disayangkan oleh banyak penggunanya. Padahal seperti blogger, geocities bisa dipakai untuk menempatkan iklan dan menambah pemasukan bagi yahoo.

Pembelian Tumblr

Tutupnya geocities, memaksa yahoo melakukan pembelian tumblr. Platform ini bisa digunakan untuk membuat blog atau media sosial. Namun keputusan pembelian ini dinilai terlambat, mengingat sebagai pembuatan blog sudah ada blogger maupun wordpress yang sudah lebih dulu digandrungi oleh orang banyak.

Ditambah lagi tidak adanya keunggulan tumblr dari kedua platform tersebut. Begitu juga sebagai media sosial yang popularitas tumblr tentu kalah dari facebook, instagram, maupun twitter.

Yahoo yang dulunya begitu superior dalam dunia digital sebenarnya bisa saja saat ini masih menjadi pemimpin. Namun sangat disayangkan keputusan-keputusan bisnis yang diambil oleh yahoo membuat platform ini jauh tertinggal dari google.

Posting Komentar untuk "Runtuhnya Dominasi Yahoo Akibat Kesalahan Strategi Bisnis"