8 Aplikasi Perekam Layar Melalui Smartphone

Untuk keperluan media sosial orang-orang membutuhkan semacam aplikasi yang mampu merekam layar dengan kualitas tinggi. Contohnya seperti gamer yang membutuhkan aplikasi tersebut untuk merekam game yang mereka mainkan dan membagikannya ke platform lain.

Begitu juga dengan konten kreator lainnya seperti tutorial atau konten yang membagikan tips & trik yang mengharuskan mereka berbicara sambil melakukan perekaman layar. Mereka tentu harus memiliki aplikasi pendukung untuk kegiatan mereka tersebut.

Walaupun sudah banyak smartphone yang memiliki aplikasi bawaan untuk merekam layar, namun karena fitur yang disediakan tidak begitu lengkap, mau gak mau kita harus menginstall aplikasi lainnya di playstore yang menyediakan fitur lebih lengkap, agar kualitas video menjadi lebih bagus.

Apa-apa saja aplikasinya, simak ulasan berikut.

1. AZ Screen Recorder

Untuk perekaman layar, aplikasi az screen recorder sudah gak asing ditelinga pengguna. Karena aplikasinya sangat populer dengan diunduh lebih dari 50 juta kali di playstore. Untuk menggunakannya kita langsung saja install dan masuk tanpa proses root.

Fitur yang ditawarkan sangat lengkap. Kita bisa menggunakan hitungan mundur sebelum melakukan perekaman. Saat perekaman berlangsung kita juga bisa merekam suara kita dengan alat bantu microphone.

Saat proses berlangsung, rekaman bisa dijeda serta bisa menyisipkan gambar dan teks. Untuk resolusi video tersedia FullHD dan QHD. Terakhir videonya bisa kita simpan di memori internal ataupun eksternal dan tanpa watermark.

2. Mobizen

Aplikiasi selanjutnya yaitu mobizen. Aplikasi yang memiliki rating 4,1 di playstore ini adalah salah satu aplikasi pilihan yang memiliki kuailitas terbaik. Bahkan google pernah memberikan penghargaan kepada mobizen sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2016.

Dengan fitur yang banyak disini kita bisa melakukan perekaman serta pengeditan secara gratis. Mobizen juga menyediakan fitur streaming agar bisa melakukan siaran langsung lewat aplikasi ini. Resolusi yang ditawarkan sangat tinggi mencapai 1440p dan 60 fps.

3. Glip

Aplikasi ketiga ada glip. saat ini aplikasinya sedang booming dalam konten gaming, karena glip menawarkan fitur unik yang mampu  melakukan perekaman dengan suara yang terdengar hanya di bagian dalam game (in game) saja.

4. ADV Screen Recorder

Rekomendasi selanjutnya ada ADV Screen Recorder. Sebagai informasi aplikasi buatan ByteRev diluncurkan sejak tahun 2015 dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali unduhan, serta mendapatkan rating 4,3 di playstore. Aplikasi ini juga bisa dijalankan tanpa proses root.

Sama seperti yang lainnya adv screen recorder bisa menjeda perekaman ketika proses berlangsung. Perekamannya bisa dilakukan dengan kamera depan ataupun belakang. Dengan tampilan yang sederhana maka aplikasi ini sangat mudah dipahami.

5. X Recorder

Dengan lebih dari 100 juta pengguna membuat aplikasi ini paling banyak digunakan. Gak heran memang karena fitur yang disediakan sangatlah lengkap.

Disini kita bisa melakukan perekaman dengan waktu unlimited. hasil videonya juga tanpa watermark, ini membuat kita gak perlu repot-repot lagi untuk menghilangkan tanda airnya. 

Fitur yang disediakan juga sangat lengkap. Cukup sekali sentuh maka kita bisa merekam layar yang diinginkan. Memiliki waktu mundur untuk mempermudah proses pengeditan, dan hasil videonya pun sangat jernih karena resolusi aplikasi ini full hd hingga mencapai 1080p serta 60 fps. 

6. REC Screen Recorder

Alternatif lainnya ada aplikasi bernama REC Screen Recorder. Jika kita hanya memiliki android 4.4 kebawah maka kita harus melakukan root terlebih dahulu, sementara untuk android diatasnya proses root tidak diperlukan. Untuk lama perekaman waktunya hingga 1 jam.

7. Perekam Layar Dengan Audio

Aplikasi ini dikembangkan oleh appsmartz. Memiliki rating 4,0 dan hingga kini sudah didownload sebanyak 10 juta kali di playstore. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan livestreaming di youtube. Resolusi yang ditawarkan juga FullHD mencapai 1080p dan 90 fps. Jika kita memiliki android 10 keatas kita bisa merekam suara in game dan tanpa noise.

8. Vidma Recorder

Aplikasi terakhir yang menjadi pilihan adalah vidma recorder. Aplikasi ini bisa melakukan perekaman sambil melakukan tangkapan layar atau  screenshoot dengan mudah. Vidma recorder bisa diinstall di playsore secara gratis dan tanpa proses root.

Fiturnya dilengkapi perekaman suara in game khusus android 10 keatas. Disini kita bisa menambahkan musik agar video hasilnya lebih bagus. Perekaman sangat stabil dan hasilnya yang smooth membuat vidma recorder menjadi salah satu pilihan terbaik.

Kedelapan aplikasi tadi direkomendasikan bagi kalian untuk membuat konten-konten seperti tutorial atau gaming.

Soal kualitas, gak perlu dipertanyakan lagi, karena kedelapan aplikasi ini memilki kualitas yang tinggi dan bisa digunakan bagi kalian untuk memulai membuat video dengan hasil yang jernih.

mungkin masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa kalian coba sendiri di playstore. karena para pengembang sering melakukan update fitur agar aplikasi mereka memiliki banyak pengguna.

Terakhir kita sebagai pengguna dimudahkan karena banyaknya pilihan aplikasi yang siap pakai. Jadi bagi yang ingin memulai channel youtube, silahkan pilih aplikasi mana yang kalian suka.

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Perekam Layar Melalui Smartphone"