Fenomena Bisnis Robot Influencer : Saingan Buat Para Manusia

Instagram @thalasya

Menjadi seorang influencer adalah salah satu pekerjaan yang sedang digandrungi bagi banyak pihak. Dengan menjadi influencer bisa membuat orang menjadi terkenal, dan mendapatkan pundi-pundi uang dari sana.

Itu sebabnya banyak orang berbondong-bondong untuk membuat konten di postingan media sosial agar mendapatkan banyak follower dan menarik sebuah produk untuk endorsement.

Namun, untuk menjadi influencer yang terkenal tidaklah gampang. karena seorang influencer haruslah aktif di media sosial dan konsisten mengembangkan akun nya.

Belum lagi adanya persaingan antara influencer satu dengan yang lainnya membuat kita untuk menjadi terkenal sangatlah susah. 

Bahkan, saat ini para influencer mendapat tantangan baru dari sebuah robot yang menjelma menjadi influencer. Apalagi robot-robot ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki manusia. Berikut beberapa robot influencer yang sudah terkenal di dunia maya.

1. Imma (@imma.gram)

Robot influencer pertama ada Imma (@imma.gram). Ia berasal dari negara Jepang buatan perusahaan Aww.inc. Hingga kini dia telah menarik 406 ribu follower di instagram. Di bionya tertulis kalau dia menyukai fashion, art, dan film.

Selebgram yang memiliki ciri khas rambut berwarna pink ini, pernah menjadi cover majalah CG World di Jepang. imma gram dirancang untuk menjadi seorang yang stylish, foto ditempat yang memiliki latar belakang yang bagus dan mampu bergaya didepan kamera.

2. Rozy (@rozy.gram)

Rozy adalah sebuah robot influencer asal korea Selatan yang sudah memiliki follower instgram 140 ribu. kalau dilihat dengan seksama,  tampilan Rozy mirip seperti manusia biasa.

Padahal dia adalah sebuah robot AI. Dengan pekerjaan dibidang fashion Rozy mampu bergaya luwes di depan kamera.

Sejak diciptakan pada tahun 2020 kemarin, Rozy telah berhasil meraup banyak keuntungan dari banyaknya endorsement yang menawarinya.

Kabarnya hingga kini Rozy telah menerima lebih dari 100 endorsement maupun mendapatkan sponsor. Bahkan diperkirakan dari endorsement dia telah menerima sekitar Rp. 12 Milliar.

3. Thalasya (@thalasya_)

Ternyata Indonesia juga memiliki robot influencer. Dia bernama Thalasya. Hingga kini sudah mendapatkan 472 ribu pengikut di instagram.

Thalasya merupakan seorang Indonesian AI Singer. hal itu berdasarkan yang tertulis di bio instagramnya. Thalasya merupakan buatan dari magnavem Studi.

Kehadiran Thalasya sempat membuat heboh netizen Indonesia. Karena wajahnya yang bak boneka ini membuat banyak orang berspekulasi apakah dia benar-benar manusia biasa, atau hanyalah sebuah robot ciptaan manusia yang tidak nyata. 

4. Aya (@cahaya.gram)

Sama seperti Thalasya, Aya juga merupakan sebuah robot yang menjadi influencer virtual asal Indonesia. Dirinya sampai saat ini telah diikuti oleh 3 ribu followernya di instagram. Walaupun dia tidak nyata, akan tetapi Aya selalu memposting foto dengan gaya trend masa kini. 

Aya dirancang memakai AI Deepfakes Technology, yang mampu membuat Aya bisa melakukan kegiatan layaknya manusia. Namun saat ini baik Aya maupun Thalasya sudah lama tidak melakukan update postingan lagi di media sosial.

5. Miquela (@lilmiquela)

Miquela yang kini tinggal di Los Angels, Amerika Serikat adalah sebuah robot influencer yang saat ini sudah menarik 3 juta followers instagram. Dulunya dia mengaku kalau dia berasal dari keturunan campuran Brazil dan Spanyol, tapi ternyata dia hanyalah robot Ai influencer.

Seperti halnya manusia, dia juga memiliki pekerjaan sebagai model dan musisi. Bahkan dia telah merilis single di platform Spotify yang berjudul Not Mine.

Dengan keindahannya sampai-sampai dia pernah menjadi model di produk brand-brand terkenal, diantaranya Calvin Klein, Prada, Chanel dan masih banyak yang lainnya.

6. Lucy (@here.me.lucy)

Lucy merupakan robot influencer yang telah memiliki 82 ribu pengikut di instagram. sama seperti Rozy, Lucy juga berasal dari Korea Selatan. Lucy diciptakan oleh brand ritel asal Korea Lotte home Shopping. Sebagai influencer Lucy belajar desain dan bekerja di desain otomotif.

Lucy dikabarkan sering memposting hal-hal yang merupakan hobi dan minatnya. perusahaan yang menciptakan robot AI ini menginginkan agar Lucy mampu mempromosikan dan menarik minat dari pembeli agar lebih banyak berbelanja di perusahaan retail tersebut.

7. Shudu (@shudu.gram)

Shudu merupakan virtual influencer yang memiliki ciri khas berkulit hitam, dan wajah layaknya boneka Afrika. Followersnya sudah mencapai 235 ribu saat ini. Shudu merupakan The Worlds Digital Supermodel Pertama, yang diciptakan oleh Cameron james Wilson.

Karena ketenarannya, Shudu pernah menjadi model di produk-produk terkenal dibidang fashion, sebut saja brand Dior, dan Calvin Klein pernah bekerja sama dengannya. Bahkan Shudu juga pernah didaulat sebagai model diproduk samsung.

Itulah para robot influencer dunia maya yang telah terkenal di seluruh dunia. Sebagai makhluk yang tidak nyata namun mereka mampu melakukan aktivitas layaknya manusia.

Mereka bisa menari, menyanyi, menjadi model yang mampu berpose didepan kamera. Hal itu membuat mereka banyak di ikuti dengan melihat followers instagram mereka yang mencapai puluhan bahkan ratusan ribu.

Walaupun tidak nyata namun eksistensi mereka sedikitnya bisa menyaingi para influencer manusia asli. Apalagi sebagai robot mereka memiliki keuntungan bagi para pembuatnya.

Mereka memiliki paras yang cantik yang tidak akan menua. Selain itu mereka tidak memiliki biaya hidup yang membuat mereka gampang diurus.

Posting Komentar untuk "Fenomena Bisnis Robot Influencer : Saingan Buat Para Manusia"