Deretan Situs-Situs Terbaik Untuk Para Freelancer

Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi sekarang ini di internet telah banyak ditemukan berbagai situs-situs freelance yang bisa menjadi wadah bagi para freelancer dalam menambah pendapatannya.

Selain itu situs-situs ini memiliki jam kerja yang fleksibel, yang memungkinkan kita untuk dapat membagi waktu dengan pekerjaan utama. Beberapa situs ini juga memberikan banyak pilihan pekerjaan yang bisa kita kerjakan sesuai keahlian kita.

Namun kita juga harus hati-hati, karena banyak juga orang-orang yang kena tipu. Mulai dari web nya yang scam, hingga klien yang tidak mau membayar walaupun tugas yang telah diberikan telah selasai dikerjakan.

Untuk itu disini telah dirangkum deretan situs-situs terbaik untuk para freelancer yang telah terbukti membayar.

1. Sribulancer

Rekomendasi pertama berasal dari situs lokal yaitu sribulancer. Situs ini merupakan salah satu situs terbaik di Indonesia tentang dunia freelance. Disini tersedia berbagai macam pekerjaan, mulai dari desain grafis, entry data, web & pemograman dan jenis-jenis pekerjaan lainnya.

Selain bahasa Indonesia, situs ini juga bisa menggunakan bahasa Inggris khusus klien dari luar negri, serta pembayarannya bisa menggunakan rupiah dan dollar. Sistem pembayarannya menggunakan transfer antar bank.

2. Projects.co.id

Berikutnya ada Projects.co.id yang juga merupakan web asal Indonesia. Project.co.id memiliki jenis-jenis pekerjaan yang kebanyakan dibidang teknologi, seperti programming, design, dan entry data. Namun selain itu juga terdapat jenis pekerjaan lain seperti accounting & consultancy.

Selain tempat freelance, projects.co.id juga memiliki tempat untuk melakukan jual beli template, ebook, maupun aplikasi. Dan uniknya  situs ini juga menyediakan fitur Affiliate.

Fitur bisa menjadi penghasilan tambahan ketika ada freelancer yang mendaftar di situs ini melalui link yang kita share.

3. Fiverr

Fiverr merupakan salah satu tempat freelancer yang populer. Tidak seperti web freelance kebanyakan, metode kerja fiverr ini berbanding terbalik dengan situs lainnya. Sebagai pekerja, freelancer justru yang membuat gig untuk menarik minat klien.

Banyak disediakan pekerjaan disini, dan yang paling populer adalah desain logo, website, worpress, dan nft art. Untuk masalah keamanan gak perlu khawatir, karena keamanan data di fiverr terjaga dengan baik. Jadi kita bisa tenang mengenai masalah privasi kita.

4. Sribu
 

Alternatif lainnya yaitu sribu. Situs yang berada dalam manajemen yang sama dengan sribulancer ini memiliki pilihan pekerjaan yang berfokus pada jasa desain grafis. Jadi, bagi kalian yang jago soal mendesain kalian bisa coba situs yang satu ini.

Uniknya, sribu memiliki fitur untuk membuat kontes. Jadi disini kalian dapat mengikuti kontes dengan membuat portofolio. Jika kalian menang dan karya yang kalian buat akan dipilih klien serta kalian juga bakal mendapatkan reward dari sribu.

5. Upwork

Upwork merupakan web freelancer terbesar di dunia. Tidak heran memang karena upwork menyediakan pilihan pekerjaan yang banyak sehingga telah memiliki 12 juta freelancer hingga saat ini.

Bahkan upwork juga telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti microsoft dan godaddy.

Disini memiliki fitur collaborative space, dan invoice bawaan sehingga kita dapat meningkatkan karir kita. Untuk pembayarannya, bisa memilih dengan sistem per jam atau per proyek, dan bisa ditransfer lewat paypal. Namun kita dikenakan biaya karena telah menggunakan situs ini.

6. Guru

Situs yang telah beriri sejak 2001 ini merupakan salah satu pilihan terbaik bagi para freelancer yang telah dipilih oleh 3 juta orang. Disini tersedia pilihan pekerjaan seperti programming, writing, design, art dan lain sebagainya.

Untuk memulainya baik pekerja maupun klien wajib membuat profil. Ini membuat kita bisa melihat dulu profil calon pekerja atau klien kita seandainya ada ketidakcocokan. Sistem pembayarannya bisa menggunakan paypal maupun kartu debit/kredit.

7. Freelancer

Freelancer bisa menjadi pilihan lain bagi kalian untuk mendapatkan job. Situs ini telah memiliki 50 juta professional. Kalian bisa mendaftarnya secara gratis dan mencoba delapan proposal awal sebagai free trial. Jika tertarik melanjutkan maka anda dikenakan biaya setelahnya.

Terdapat pekerjaan menarik yang bisa kalian kerjakan, mulai dari translation, content writing, 3D modelling dan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Sama seperti sribu, freelancer juga memiliki kontes yang bisa kalian ikuti.

8. PeoplePerHour

Rekomendasi selanjutnya yaitu peopleperhour yang telah memiliki 3 juta freelancer hingga saat ini. Kalian bisa mendaftar disini secara gratis. Namun persaingan antar para pencari kerja sangat ketat.

Jadi kalian mesti pintar-pintar bersaing dengan menawarkan harga yang tidak terlalu tinggi agar dapat dipilih oleh klien.

Selain itu kalian juga harus bekerja secara professional agar kalian mendapatkan rating yang tinggi. Karena situs ini menggunakan rating untuk bagian promosi bagi para freelancer.

Untuk jenis pekerjaan kalian bisa memilih technology & programming, Writing & translation, design, dan beberapa jenis job lainnya.

9. Toptal

Toptal bisa kalian pilih sebagai wadah untuk mencari pekerjaan lepas lainnya. Namun situs ini bukan tempat bagi para pemula. Karena situs ini tempat bagi para professional terbaik yang berpengalaman dan memiliki portofolio yang banyak dan berkualitas.

Karena freelancernya professional, maka soal kualitas pekerjaan sangat terjamin. Karena diisi oleh 3% talenta terbaik di dunia.

Maka dari itu pembayaran di toptal memang lebih tinggi dibandingkan situs lainnya. Toptal juga menyediakan pekerjaan jangka pendek maupun jangka panjang.

10. Latium

Website terakhir yang bisa dijadikan pilihan bagi kalian adalah latium. Banyak tersedia job yang bisa kalian kerjakan, dan yang populer adalah logo design, translation, nft, dan web design.

Disini kalian bisa mengerjakannya secara gratis. Dan terkadang pekerjaannya juga ada yang bisa dikerjakan oleh pekerja dengan status pro only.

Harga yang ditawarkan cukup beragam. Dengan micro project biasanya pekerjaannya gampang dan mudah dilakukan, namun tentu bayarannya kecil mulai dari $ 0.1 tiap proyek.

Tapi juga ada bayarannya tinggi hingga ratusan dollar per proyek dengan pekerjaan yang cukup rumit. Sistem pembayaran di latium bisa menggunakan USD maupun Bitcoin.

Itulah deretan website yang dapat kalian coba untuk menambah penghasilan atau bahkan bisa kalian jadikan pekerjaan utama jika kalian memiliki pembayaran yang tinggi.

Namun harus diingat untuk bermain disini tidaklah segampang yang kalian kira. Harus benar-benar teliti agar kalian dapat dibayar dari pekerjaan yang kalian lakukan.

Posting Komentar untuk "Deretan Situs-Situs Terbaik Untuk Para Freelancer"