9 Aplikasi Untuk Membuat CV Terlihat Menarik di Handphone

Bagi perusahaan, curriculum vitae (CV) yang menarik menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk merekrut calon pekerja. Zaman dulu orang-orang masih membuat lamaran dengan tulisan tangan.

Seiring berjalannya waktu mereka mulai menggunakan ms word untuk membuat cv. Namun hasilnya juga kurang menarik dilihat. Karena memang fitur dari ms word kurang jika untuk membuat desain.

Gak perlu khawatir, karena Sekarang kita sudah bisa membuat cv yang menarik dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang ada di playstore. Disana banyak sekali desain-desain yang disediakan seperti template, tulisan dan icon yang dapat memperindah pembuatan cv kita.

Apa-apa saja aplikasinya, berikut disajikan 9 aplikasi yang bisa kita gunakan cukup lewat handphone saja.

1. Resume Builder - CV Engineer

Aplikasi yang pertama ada Resume Builder - CV Engineer. Aplikasi ini dirancang oleh pembuat cv professional agar cv kita terlihat menarik. Aplikasi milik Matt Callery ini telah tersedia di playstore di 19 negara.

Untuk membuatnya sangat gampang kita cukup memilih template yang ingin digunakan lalu mengisi dengan biodata kita. Cv nya akan dibuat dengan cepat, lalu langsung saja download filenya dalam bentuk pdf.

2. Canva

Kalau berbicara soal desain, canva adalah rajanya. Karena canva merupakan salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan.

Begitu juga dalam pembuatan cv, karena disini juga menyediakan fitur seperti template untuk membantu kita membuat cv. Ini membuat kita bisa menghemat waktu karena canva sudah mendesain format semenarik mungkin.

Untuk templatenya sendiri canva menyediakan ratusan template yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Nanti kita bisa menyimpan hasil desain kita dengan bentuk format pdf, jpg, dan png, atau bisa dicetak resume yang baru  dibuat dengan memesan di canva print secara gratis. Selain aplikasi, canva sendiri juga tersedia dalam bentuk web.

 3. CV Maker

Cv maker adalah aplikasi pembuat cv yang sangat populer. Ini terbukti karena sudah didownload dan digunakan oleh 10 juta pengguna. Cv maker memiliki lebih dari 50 template dan 15 warna yang siap digunakan. Dan kita juga bisa membuatnya secara offline maupun online.

Cv maker memiliki 500 desain resume dan juga 42 format. Ini membuat kita memiliki banyak pilihan untuk memilih desain mana yang cocok dengan data yang kita miliki. Hasilnya akan berbentuk pdf yang bisa kita download atau bagikan.

4. Resume Builder & CV Maker PDF

Aplikasi selanjutnya ada resume Builder & CV Maker PDF. Di playstore aplikasi ini cukup populer dengan mendapatkan rating 4,6. Aplikasi buatan mobotechnology ini kita bisa membuat sebuah cv hanya dalam hitungan menit.

Aplikasi ini memiliki 100 buah template siap pakai. Selain itu disini kita juga disediakan jenis font yang berbeda, dan bisa memasukkan tanda tangan. Pembuatannya juga sangat mudah. Kita bisa mengedit biodata dengan proses yang cepat.

5. Lamaranku

Rekomendasi berikutnya ada aplikasi lamaranku. Aplikasi ini memiliki fitur berbahasa indonesia dan Inggris. Disini kita juga bisa melakukan tanda tangan.

Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa digunakan di aplkiasi ini, salah satunya kita langsung bisa mengirim surat lamaran yang kita buat melalui aplikasi ini.

6. CV Bahasa Indonesia

Aplikasi buatan 23apps ini telah diinstal lebih dari 1 juta pengguna, dan memiliki rating 4,5 di playstore. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini meliputi penggunaan template yang menarik dan profesional.

Uniknya, disini bisa menyisipkan gambar dan juga logo universitas kita. Dan dengan mengaktifkan fitur premium kita bisa menggunakan aplikasi ini tanpa iklan.

7. Resume PDF Maker

Alternatif aplikasi lainnya adalah resume pdf maker buatan dailymobapps. Di playstore aplikasi ini di beri rating 4,2 oleh penggunanya. Kalian bisa mendownloadnya secara gratis.

Aplikasi ini membuat dan mengedit resume secara profesional dan hasilnya dalam bentuk pdf. Aplikasi ini memiliki 7 template yang cocok digunakan oleh pencari kerja. Aplikasi bisa digunakan ketika sedang offline

8. CV Maker & Resume Builder

Aplikasi selanjutnya yaitu Cv maker & resume builder. Sama seperti yang lainya, aplikasi ini juga dirancang oleh profesional secara gratis. Tampilannya juga simpel dan sederhana sehingga mudah dipahami dan cepat dalam pembuatannya. 

Aplikasi satu ini juga menyediakan fitur tanda tangan. Hasilnya bisa didownload ke bentuk pdf atau dikirim langsung ke perusahaan lewat email.

9. Buat CV & Resume

Aplikasi terakhir adalah buat cv & resume. Tidak seperti ditempat lain, disini dikatakan kalau mereka menyediakan gambar dan jenis font secara gratis. Selain itu kita juga bisa mengupload gambar dari perangkat atau device. 

Hasilnya kita bisa memilih dalam format yang kita inginkan. Bisa pdf, jpeg, atau png. Lalu kita bisa mendownloadnya atau membagikannya lewat email atau media sosia lainnya seperti facebook, instagram dan twitter.

Sembilan aplikasi yang dijelaskan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Aplikasinya bisa kita gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Walaupun yang gratis saja sudah memberikan hasil yang menarik, namun biasanya yang berbayar memiliki fitur-fitur premium dan menghasilkan cv yang berkualitas tinggi.

Pilihannnya tergantung kepada diri kita sendiri. Jika kita merasa yang gratisan sudah cukup menarik, kita bisa memilih yang gratisan saja.

Tapi kalau dirasa memiliki dana berlebih tidak ada salahnya kita menggunakan template yang berbayar karena akan memberikan hasil yang maksimal.

Posting Komentar untuk "9 Aplikasi Untuk Membuat CV Terlihat Menarik di Handphone"