Mengetahui Lebih Jauh Affiliate Marketing

Dalam dunia bisnis terdapat berbagai macam cara untuk meraih keuntungan, salah satunya dengan cara affiliate marketing. Mungkin sekarang kita sudah sering mendengar istilah ini, karena sudah ramai diperbincangkan ketika kita berselancar di media sosial.

Affiliate marketing ini dinilai menjadi strategi yang paling diminati bagi orang-orang khususnya konten kreator yang aktif bermain di media sosial.

Para konten kreator akan mendapatkan komisi dari produk yang mereka promosikan. Bagi yang ingin tau lebih lanjut mengenai affiliate marketing, mari kita bahas bersama-sama.

Arti dari Affiliate Marketing

Di kehidupan sehari-hari kita sering mendengar tentang makelar. Seorang makelar menjadi perantara bagi pembeli dan penjual.

Nah, prinsipnya affiliate marketing ini persis dengan makelar, yaitu menjadi penghubung antara calon pembeli dan merchant lewat konten-konten promosi yang kita buat.

Sebagai affiliate marketing tugas konten kreator mempromosikan produk dari merchant sekreatif mungkin.

Nantinya kita akan mendapatkan komisi, untuk besaran komisinya itu tergantung dari produk yang  dijual, atau dengan cara yang lainnya seperti klik website dan install aplikasi. 

Langkah-Langkah Menjadi Affiliator Marketing

Jika anda tertarik menjadi seorang affiliator marketing, kita juga harus tahu prosesnya. Secara garis besar tugas kita adalah membagikan link dari produk merchant agar bisa dilihat oleh calon pembeli. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas satu persatu.

1. Daftar Program Affiliasi.

Langkah pertama yang haru kita lakukan untuk bergabung dengan program affiliasi, kita harus mendaftarkan diri dulu ke perusahaan atau merchant, contohnya seperti affilasi di aplikasi Tokopedia atau Shopee affiliate. Setelah itu kita akan mengikuti proses pendaftarannya.

2. Share Link Affiliasi

Setelah kita berhasil dan menjadi seorang affiliator, maka kita akan mendapatkan link dari produk merchant tersebut. Selanjutnya tugas kita adalah mengshare atau menyebarkan link affiliasi tersebut ke media sosial.

Tujuannya agar bisa diklik bagi orang-orang yang ingin membeli produknya. Tentu kita muau kan, mendapatkan komisi besar, maka kita perlu menyebarkan link sebanyak-banyaknya agar peluang mendapatkan fee yang tinggi semakin besar.

3. Link Affiliasi diklik Oleh Pembeli

Setelah kita menyebarkan link affiliasi tersebut, maka nanti jika ada orang yang mengklik tautan tersebut dan membeli produknya, maka kita akan mendapatkan komisi dari sana.

Baca juga: Kode Referral: Cari Tahu Arti, Cara Menggunakan, Serta Manfaatnya

Bahkan di aplikasi seperti tokopedia dan shopee, jika ada orang yang mengklik link nya tapi tidak jadi membeli produknya, maka link kita tersebut akan menempel di perangkat pembeli tadi selama beberapa hari.

4. Mendapatkan Komisi

Ketika ada pembeli yang mengklik dan membeli produk lewat link yang kita bagikan, saat itu juga kita akan mendapatkan komisi. Besaran nominalnya itu berbeda-beda dari setiap barang yang terjual, Tergantung harga produknya.

Semakin tinggi harga barangnya maka semakin besar komisi yang akan kita dapatkan nantinya, begitu pula sebaliknya. Selain itu besaran komisinya tergantung persentase yang ditetapkan merchant.

Nantinya komisi yang kita dapatkan akan langsung di kirimkan ke rekening bank milik kita. Tapi ada sebagian merchant yang menetapkan minimal saldo yang kita kumpulkan.

Misalkan ada merchant yang menetapkan saldo minimal Rp. 50.000,- baru kita bisa mentransfernya ke rekening kita.

 Sumber: Pixabay
Manfaat Affiliate Marketing

Banyak keuntungan yang didapat dari program afiliasi ini, baik untuk affiliator maupun merchant, diantaranya, :

Bagi Affiliator

Sebagai affiliator, kita akan meraih keuntungan dari program affiliasi ini. Bahkan, keuntungan bisa besar jika kita pandai dan dan mengetahui triknya.

Keuntungan-keuntungan yang bakal diraih bagi affiliator antara lain: 

1. Mendapatkan Komisi

Seperti yang telah dijelaskan diatas dengan kita bergabung program affiliasi maka nantinya setiap kerjaan kita yang tuntas maka kita akan mendapatkan komisi, walaupun besaran angkanya tidak pasti

2. Meningkatkan Kualitas Konten

Untuk menarik pembeli maka kita harus membuat konten sekreatif mungkin yang bisa membuat pembeli penasaran.

Baca juga: Cari Tau Hubungan Publisher dan Advertiser

Ketika kita menguploadnya ke youtube, maka semakin bagus video kita, maka semakin banyak yang nonton video kita dan kita juga bisa dapat komisi lain dari video yang kita upload ke youtube.

Bagi Merchant

Selain affiliator, program affiliasi ini juga mempengaruhi besaran keuntungan yang dihasilkan oleh merchant. Apa saja benefitnya, lihat dibawah sini:

1. Efisiensi Biaya Marketing

Dengan program affiliasi maka merchant juga bisa melakukan efisiensi biaya. Karena merchant tidak perlu memperbanyak biaya seperti pembuatan iklan baru, tapi cukup dengan memotong harga penjualan untuk dijadikan komisi bagi affiliator.

2. Konsisten Penjualan

Dengan affiliator yang mempromosikan produk merchant, maka tanpa merchant membuat iklan baru pun, barang kita masih bisa diingat oleh pembeli. Apalagi kalau affiliator tersebut memiliki jumlah follower yang banyak.

Dengan begitu membuat produk tersebut bisa stabil dan konsisten jumlah penjualannya.

Trik Menjadi Seorang Affiliator

Untuk bisa meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, maka kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seorang affiliator yang sukses. Berikut diantaranya

1. Membuat Wadah Untuk Promosi

Untuk mempromosikan video yang kita buat, maka kita perlu wadah untuk konten kita tersebut. Bisa kita menggunakan youtube, twitter, instagram, facebook, tiktok, maupun blog.

2. Pelajari Produk

Sebelum kita membuat video, kita juga lihat dulu produk apa yang mau kita promosikan. Dengan begitu kita bisa tau apa kelebihan dan kekurangan dari produk terebut dan mempromosikan kelebihannya berdasarkan informasi yang kita terima.

3. Testimoni Produk

Kita tidak salah juga kalau mau melakukan testimoni produk. Dengan melakukan testimoni atau percobaan, maka calon pembeli juga percaya dan tertarik serta tidak ragu lagi untuk membeli produk tersebut. Hal ini juga bagian dari promosi barang tersebut.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Lebih Jauh Affiliate Marketing"