E-Wallet Beserta Jenisnya

Di zaman modern yang serba canggih saat ini, masyarakat tentu ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satunya dengan menggunakan e-wallet atau dompet digital. apa itu e-wallet ?

e-wallet atau dompet digital merupakan teknologi berbentuk aplikasi yang berfungsi untuk berbagai transaksi keuangan secara online maupun offline. E-wallet juga memiliki data riwayat transaksi secara rinci. Untuk melakukan pendaftaran e-wallet, biasanya menggunakan email ataupun nomor hp.

Di luar negri dunia fintech ini sudah lebih dulu berkembang dengan aplikasi-aplikasi e-wallet nya. contohnya seperti paypal, skrill, alipay, google pay, dan masih banyak lagi. Sementara di Indonesia ada beberapa e-wallet yang mungkin sudah kalian dengar. Dan berikut 7 diantaranya :

1.  Gopay

Gopay merupakan e-wallet untuk macam-macam kebutuhan. Gopay juga menyediakan fitur withdraw jika kita ingin melakukan penarikan saldo gopay kita. Layanan yang tersedia di aplikasi ini sangat banyak, seperti gofood, goride, gomart, gosend, dan gogive untuk kita yang ingin saling berbagi. Selain itu kita juga bisa melakukan top up game.

Baca juga: Tata Cara Melakukan Cancel Orderan Gojek

Oh iya, selain itu gopay juga punya fitur paylater, yang membuat kita bisa berbelanja walaupun saldo gopay lagi kosong. Untuk itu kita harus upgrade ke gopay plus.

Untuk mendaftarnya perlu selfie dengan e-ktp. Setelah itu langsung bisa melakukan fitur paylater ini, dan bayar ketika melakukan top up saldo.

2. Dana

E-wallet yang kedua ada dana. Dompet digital yang satu ini memiliki transaksi yang praktis yang membuat kita bisa menghemat waktu. Seperti melakukan transaksi pembayaran listrik, air, pulsa, internet, tv kabel dan games.

Selain itu dana juga bekerja sama dengan tix id, yang kalau kita mau nonton bioskop dan beli tiketnya di tix id, kita bisa berhemat jika bayarnya pakai dana, karena akan diberikan diskon.

3. Shopeepay

E-wallet ini merupakan jenis dompet digital untuk melakukan transaski di aplikasi shopee. Aplikasi ini juga memiliki fitur shopeepay berbentuk uang elektronik yang bisa kita pakai untuk pembayaran secara online. 

Baca juga: Kode Referral: Cari Tahu Arti, Cara Menggunakan, Serta Manfaatnya

Aplikasi berwarna oren ini juga gratis ongkir. Selain itu Shopeepay juga ada promosi seperti voucher, cashback, dan diskon.

4. OVO

E-wallet yang keempat ada ovo. Dompet digital yang didirikan oleh lippo group ini, juga memberikan layanan pinjaman (payment). Ovo juga bisa melakukan layanan transfer ke rekening bank.

Aplikasi ini juga sudah bekerja sama denga grab. Ini membuat kita bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan cepat. Menariknya, kita juga bisa melakukan investasi di aplikasi ini, serta e-wallet ini juga sudah menyediakan layanan asuransi.

 5. LinkAja 

Dompet digital LinkAja punya banyak kegunaan, seperti pembelian Bahan bakar minyak (BBM), pembayaran pajak dan retribusi, tagihan koperasi, dan juga bisa melakukan pembayaran transportasi umum. 

Yang unik dari aplikasi ini, LinkAja punya fitur dompet digital syariah. Disini kita bisa menggunakan fiturnya untuk pembayaran zakat, pembayaran haji dan umrah, wakaf, dan juga bisa melakukan investasi syariah.

LinkAja juga punya aplikasi mitra, yang mendukung pelaku usaha-usaha seperti coffee shop, usaha percetakan fotocopy, hingga UMKM seperti toko kelontong. Wah, Hal ini membuat para pelaku usaha memiliki kemudahan dalam menjalankan usahanya.

 6. Jenius

Aplikasi Jenius ini memiliki fitur seperti pay me. Aplikasi keluaran Bank BTPN ini juga memiliki fitur lainnya seperti send it, save it, ecard, Split Bill,  dan lain sebagainya. Jenius juga bisa ngirim saldo ke e-wallet lain.

Di sini kita-kita juga bisa mengendalikan life finance. Fiturnya macam-macam, ada flexi saver, maxi saver, dan dream saver. Dan hebatnya lagi, Jenius juga ada kartu debit visa nya juga yang bisa kita pakai untuk berkeliling dunia.

7. iSaku

E-wallet yang terakhir adalah iSaku. Yang buat unik dari aplikasi ini adalah kita bisa melakukan tarik tunai dengan cepat dan mudah di Indomaret. Karena iSaku sudah melakukan mitra dan kerja sama serta terhubung dengan Indomaret. 

Dengan begitu, waktu kita berbelanja di Indomaret kita bakal mendapatkan poin ganda jika kita punya aplikasi Indomaret poinku dan bayarnya pake iSaku.

Selain itu, Isaku juga bekerja sama di ribuan perusahaan atau toko retail yang tersebar di Indonesia, seperti Lotte, Indogrosir, Superindo dan masih banyak di toko-toko lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis dari e-wallet atau dompet digital yang ada di indonesia. Hal ini membuat kita melakukan transaksi atau pembayaran secara digital lebih mudah, praktis dan gak ribet.

Posting Komentar untuk "E-Wallet Beserta Jenisnya"