Cara Screenshot di Laptop/PC Jadi Lebih Praktis

Ketika kita sedang menggunakan laptop, terkadang dibutukan sesuatu yang ditampilkan pada layar laptop tersebut.

Misalkan ketika kita sedang bermain game, dan ingin segera melakukan tangkapan layar (screenshot) dari permainan game, lalu hasilnya tersimpan di laptop/pc dan membagikannya ke platform media sosial.

Screenshot itu sendiri merupakan suatu gambar dari tampilan layar yang kita tangkap untuk berbagai kebutuhan. Hal ini sama yang sering anda lakukan dengan menggunakan handphone. Namun, disini caranya berbeda.

Untuk melakukan screenshot sebenarnya laptop/pc sudah menyediakan fitur untuk melakukan tangkapan layar. Caranya juga sangat gampang dan praktis. Namun, mungkin masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana caranya. Nah, mari kita simak satu persatu. 

1. Dengan Cara Tombol Print Screen 

Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol printscreen yang ada pada keyboard. Letaknya ada di paling atas sebelah kanan. Untuk membuka hasilnya kalian pergi ke pengedit foto atau paint lalu kalian paste kan menggunakan mouse atau pencet ctrl+v.

Gambarnya nanti akan muncul di paint. Lalu kalian simpan gambarnya dengan cara klik file + save as + jpeg. Selain format jpeg, kita juga bisa menyimpannya dengan format png atau gif.

2. Menggunakan Tombol Alt+Printscreen

Yang kedua dengan tombol Alt+Printscreen. caranya hampir mirip dengan cara yang pertama. Namun disini kita juga pakai tombol Alt. Caranya dengan memencet tombol Alt+PrtScr.

Lalu seperti cara pertama kita pergi ke aplikasi paint dan menyalinnya ke aplikasi tersebut. Cara ini hanya jendela aktif yang di screenshot. Untuk bagian taskbar tidak terlihat.

3. Windows + PrtScr

Cara yang ketiga dengan menggunakan tombol windows yang terletak di deretan paling bawah sebelah kiri dan tombol PrtScr. Tekan tombolnya secara bersamaan. Nanti layar laptop kita akan meredup sebentar menandakan proses screenshot sedang berlangsung. Lalu file nya terletak di laptop kita (C:\Users\[nama users]\Pictures\Screenshot).

4. Windows + Shift + S

Selanjutnya kita bisa menggunakan cara Snip & Sketch. Caranya dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Lalu jendela baru akan muncul untuk layar yang ditangkap.

Untuk melakukan screenshotnya geser kursor berlogo '+' dan gerakkan kebagian layar yang ingin disimpan. Caranya mirip crop atau memotong gambar. cara ini hanya bisa dilakukan ketika kita sudah menginstall windows 10 versi baru.

5. Windows + Volume Turun

Kita bisa menggunakan cara ini dengan menggunakan windows surface. Cara screenshotnya dengan menahan tombol windows lalu tekan tombol volume turun di sisi tablet. Lalu hasilnya tersimpan di folder gambar. cara ini mirip dengan melakukan screenshot lewat handphone.

6. Memakai aplikasi snipping Tool

Aplikasi ini tidak perlu kita instal terlebih dahulu, karena aplikasi ini sudah bawaan dari windows. Cara menggunakannya cukup mudah. Klik start, lalu klik snipping tool. Buka aplikasinya lalu kita klik tombol new. Setelah itu kita ambil secara manual bagian layar yang ingin kita tangkap.

Setelah itu kita klik simpan di aplikasi tersebut, dan gambarnya akan tersimpan di folder kita. cara ini menjadi cara yang paling mudah menurut saya untuk melakukan screenshot.

7. Tombol Game Bar

Yang ketujuh menggunakan tombol game bar. Tekan tombol windows + G yang ada di keyboard. Setelah muncul tampilan game bar, dan kita bisa memilih capture untuk menangkap layar.

Uniknya, game bar ini hasilnya bisa kita bagikan ke twitter. Selain itu Game bar ini juga bisa kita gunakan untuk merekam layar. Bahkan juga bisa digunakan untuk livestreaming game. 

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kita ingin menggunakan cara lainnya, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini banyak macamnya dinternet, seperti lightshot, greenshot, sharex, dan screenrec. Ini adalah aplikasi yang sering digunakan orang untuk melakukan tangkapan layar.

Selain 4 aplikasi diatas, masih ada lagi beberapa aplikasi untuk melakukan screenshot. Kita bisa menginstallnya dari internet. Aplikasi ini ada yang gratis maupun berbayar.

Namun, jika dirasa yang gratisan saja sudah bagus hasilnya, kita cukup pakai yang free saja. Tapi kembali pilihannya Tergantung kita mau pilih yang mana sesuai kebutuhan kita.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot di Laptop/PC Jadi Lebih Praktis"