Cara Mendesain Dengan Menggunakan Canva

Zaman sekarang ini teknologi sudah semakin maju. Dengan teknologi, banyak yang bisa dilakukan seperti membuat sebuah desain. Begitu mudahnya orang-orang zaman sekarang agar bisa bikin beberapa desain dengan cepat dan mudah.

Banyak aplikasi-aplikasi atau web yang menyediakan tempat untuk membuat desain, salah satunya adalah canva. Canva ini bisa kita utak-atik baik dari HP maupun desktop/PC.

Canva adalah situs web dan juga aplikasi desain grafis secara online yang membuat kita dengan gampang untuk bikin desain sesuai kebutuhan kita. 

Kalau kita memiliki media sosial,  banyak desain yang bisa kita buat disini, seperti desain logo, banner, template, poster, brosur, dan langsung bisa posting ke medsos. 

Untuk keperluan bisnis pun bisa. Buat resume, grafik ataupun kop surat bisa dibikinin di canva. Bahkan disini kita juga bisa membuat video Kalau mau presentasi.

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula karena tampilannya sangat bagus dan mudah dimengerti. Namun, mungkin banyak juga yang masih kebingungan bagaimana cara penggunaannya. Karena memang fitur yang ditampilkan disini sangat lengkap.

Nah, disini mari kita bahas cara penggunaan web atau aplikasi canva ini untuk membuat sebuah desain di laptop atau di hp.

Buat Akun 

Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membuat akun. Ini diperlukan untuk mendaftar dan membuat kita bisa masuk didalam aplikasinya

Dan tahapan mendaftarnya adalah
  • Pertama kita bisa mengunjungi situs canva ataupun menginstall aplikasinya di playstore
  • Lalu untuk mendaftarnya kita bisa menggunakan alamat email ataupun menggunakan akun google atau facebook
  • Jika daftar menggunakan akun google atau facebook maka kita lakukan authorize access.
  • Jika dengan email, maka isi nama, alamat email dan password.
  • Jika dengan email, canva akan mengirim sebuah kode ke email kita. Lalu kita tuliskan kodenya

Cara membuat desainnya 

Seperti yang sudah dikatakan diawal, situs ini banyak sekali fungsinya. Seperti membuat logo, banner, ataupun yang lainnya. Setelah kita berhasil masuk di tampilan utamanya, baru kita bisa membuat desain yang kita inginkan.

Pertama kita klik tulisan buat desain di pojok kanan atas, lalu pilih desain yang ingin kamu kerjakan.

Tentukan Template

Misalkan nih, kita ingin membuat sebuah banner, kalau tidak ada pilihannya kita bisa ketik tulisan banner dikolom pencariannya. Dan beginilah bentuk tampilan besarta koleksi templatenya

Pilih Foto

Setelah kita menentukan templatenya maka kita bisa menambahkan foto yang kita inginkan. Caranya lihat di bagian sebelah kiri ada tulisan unggahan. Tinggal klik aja dan kita bisa tambahin fotonya dengan mengklik tulisan unggahan media. Kita bisa mencarinya di penyimpanan laptop atau pc.

Pilih Tulisan

Selanjutnya pilih tulisan, dengan cara mengklik tulisan teks disebelah kiri. Kita bisa lihat begitu banyak pilihan font yang menarik yang bisa kita gunakan. Jadi tinggal pilih aja font mana yang kalian mau.

Menyimpan Desain

Selesai menbuat desainnya sekreatif mungkin, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan hasil desainnya. Dengan cara mengklik tulisan bagikan di pojok kanan atas. Lalu kita klik unduh, lalu kita bisa pilih hasilnya, bisa berbentuk jpg, png, ataupun gif.

Nah, itu dia langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam membuat contoh sebuah desain. Gampangkan,,, jadi udah gak perlu pusing-pusing lagi kalau mau bikin postingan keren ke medsos.

Baca juga: 9 Aplikasi Untuk Membuat CV Terlihat Menarik di Handphone

Bahkan kalo udah jago ngedesain, mungkin bisa kalian share ke media sosial, dan siapa tau aja ada yang mau pakai jasa kalian.  

Satu lagi, bagi pekerja kantoran yang butuh cara mendesain buat keperluan kantor, tinggal kunjungi aja situs canva.

Posting Komentar untuk "Cara Mendesain Dengan Menggunakan Canva"