7 Aplikasi Penambah Ruang memori Internal Smartphone

Para pengembang aplikasi maupun game selalu melakukan perbaikan ataupun upgrade untuk memunculkan fitur-fitur baru sebagai langkah meningkatkan performa aplikasi atau game yang mereka kelola.

Hal ini dilakukan agar rating aplikasi mereka baik di playstore maupun appstore memiliki rating yang tinggi, sehingga semakin banyak orang yang mendownload dan menggunakan aplikasi mereka.

Namun, dengan mereka memunculkan fitur baru, biasanya juga menambah data di ruang memori internal smartphone kita. Apalagi data yang disimpan berukuran besar.

Belum lagi jika Anda menyimpan file-file pribadi seperti foto atau video  di memori internal. Bisa-bisa ruang memori internal jadi semakin berkurang.

Memang saat ini banyak smartphone canggih yang memiliki kapasitas memori internal yang tinggi.

Namun, jika kita hanya memiliki smartphone berkapasitas tidak begitu tinggi, sementara kita perlu menggunakan aplikasi yang memiliki banyak data dan menguras sisa memori kita, maka hal ini membuat kita perlu semacam aplikasi yang bisa menambah ruang pada memori,

Berikut beberapa diantaranya:

1. Google Drive

Aplikasi ini mungkin sudah banyak yang tau. Aplikasi ini merupakan bawaan dari google. ketika kita membuat akun gmail baru, kita bisa mendapatkan ruang sebesar 15 GB.

Google Drive menyediakan fitur-fitur yang memudahkan user dalam beraktivitas sehari-hari, seperti membuat dokumen, berbagi file, menyimpan data, backup file, dan bisa mengakses google docs, slides, dan sheet secara offline.

Google drive juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Karena google drive selalu mengirimkan notifikasi melalui email untuk keamanan akun. Sehingga kita tidak perlu takut lagi ancaman dari virus, malware atau dari para hacker.

2. Mega

Mega merupakan aplikasi yang bertempat di Selandia Baru. dengan membuat akun baru saja langsung bisa mendapatkan penyimpanan hingga 20 GB secara gratis. 

Mega memiliki fitur untuk mengirim file kepada orang lain walaupun mereka tidak memiliki akun mega.

Mega juga menyediakan enkripsi secara menyeluruh. Kita juga menggunakan kata sandi untuk kunci enkripsi. Ini membuat tingkat keamanan di aplikasi ini sangat tinggi dari gangguan peretasan.

3. Dropbox

Dropbox memberikan penyimpanan 2 GB secara gratis. Disini kita bisa mencadangkan file, mengupload foto dan video dari smartphone kita, dan juga bisa memulihkan file yang terhapus di aplikasi ini selama 30 hari.

Dropbox memiliki produk HelloSign, yang bisa digunakan untuk melakukan tanda tangan secara elektronik yang sah secara hukum. Proses tanda tangannya juga cepat hanya dalam hitungan detik. Jadi kalau mau tanda tangan pakai Dropbox jadi gak ribet.

Aplikasi Dropbox juga memiliki produk lain, yaitu DocSend yang fungsinya untuk membagikan dokumen.

4. Link 2 SD

Aplikasi berikunya adalah Link 2 SD. Namun untuk menggunakannya kita harus melakukan proses root terlebih dahulu pada smartphone kita.

Selain itu Link 2 SD juga memerlukan memori eksternal yang sudah dipartisi. Aplikasi ini banyak digunakan karena memiliki fitur yang menarik. Disini kita bisa memindahkan aplikasi kedalam memori eksternal.

5. App 2 SD

Aplikasi ini bisa kita download secara gratis di playstore serta bisa digunakan tanpa proses root. App 2 SD bisa memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal. Aplikasi ini bisa menambah ruang penyimpanan yang membuat memori internal menjadi lebih lega.

6. One Drive

Berikutnya ada One Drive. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi andalan dari microsoft. Ruang penyimpanan yang bisa kita pakai secara gratis sebanyak 5 GB.

One Drive dapat diguunakan untuk mengupload berkas dan mensingkronkannya ke cloud yang bisa diakses melalui situs web dan suatu perangkat.

7. SD Maid

Aplikasi terakhir adalah SD Maid yang terdapat di playstore. Aplikasi ini adalah aplikasi pembersih file sampah, cache dan data-data yang tidak penting dan menghapusnya sehingga membuat memori internal menjadi lega.

Untuk melakukannya aplikasi ini menggunakan proses pemindaian (scanning), lalu menemukan file-file yang tidak digunakan menumpuk dan mengakibatkan performa smartphone terasa berat. Dan setelah dilakukan pemindaian aplikasi akan menghapus file-file tersebut.

Kesimpulan

Nah, ketujuh aplikasi yang dijelaskan tadi merupakan aplikasi yang membuat ruang penyimpanan internal kita menjadi lebih lega. Bisa dengan cara menambah kapasitas ataupun membersihkan file yang tidak berguna.

Baca juga: 6 Cara Menghapus Cache yang Menumpuk di Laptop

Selain itu mungkin masih ada cara lainnya lagi seperti dengan menggunakan memori eksternal dengan kapasitas tinggi.

Beberapa aplikasi tadi memiliki kelebihan masing-masing beserta kekurangannya juga. Kita cukup menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat yang dimiliki. Untuk itu kita perlu mempertimbangkannya baik-baik aplikasi mana yang akan kita pilih.

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Penambah Ruang memori Internal Smartphone"